Matamaya

Alternatif Twitter Analytics Tool untuk Melacak Performa Brand dan Kompetitor

Alternatif Twitter Analytics Tool untuk Melacak Performa Brand dan Kompetitor
17 February 2022

Dengan semakin banyak bisnis yang memilih untuk memasarkan produk atau layanannya di Twitter, bisnis semakin membutuhkan sebuah arahan untuk dapat berdiri terlihat di antara hiruk pikuk derasnya informasi yang diberikan oleh pebisnis atau pengguna Twitter lain. Twitter analytics dapat menjadi penyelamat bagi bisnismu, karena dapat menawarkan insights yang bermanfaat untuk pengoptimalan strategi pemasaran bisnis guna memperoleh target-target yang diinginkan.

Strategi Twitter yang hebat membutuhkan analisis Twitter yang mendalam untuk memahami apa yang berhasil dan tidak, seperti apakah postingan yang telah kamu buat menghasilkan klik, topik apa yang paling disukai followermu, apakah ada format konten yang berkinerja lebih baik, pada jam berapa followermu paling aktif, dan sebagainya.

Menganalisis kinerja Twitter secara keseluruhan sangatlah penting untuk mengukur ROI bisnismu, dari sini kamu akan mengetahui apakah kamu hanya membuang waktu pada tweet yang tidak berdampak atau kamu perlu sedikit lagi melakukan pengoptimalan untuk mencapai target pemasaran yang diinginkan. Untuk mengetahui lebih jauh manfaat analytics untuk kampanye pemasaranmu di Twitter, kamu dapat melihat penjelasannya berikut:

 

Twitter Analytics - Matamaya

Source: https://www.followersanalysis.com/blog/twitter-follower-analytics/

 

 

Twitter Analytics

Beberapa dari kamu mungkin ingin melacak tweet tentang brand atau kompetitor, beberapa ingin terlibat lebih dalam dengan audience, dan yang lain mungkin ingin melacak performance kampanye pemasaran brand. Kamu dapat melakukan banyak hal tersebut dengan melakukan monitoring pada Twitter.

Twitter analytics dapat didefinisikan sebagai platform yang dibangun untuk pelacakan data di Twitter yang menampilkan insights khusus untuk akun Twittermu. Kamu dapat memanfaatkan data tentang aktivitas akun Twittermu melalui grafik dan laporan yang digunakan untuk menampilkan metrik-metrik penting.

Kamu dapat melacak metrik utama seperti pertumbuhan follower, tingkat keterlibatan, tweet teratas, impressions, dan lainnya dengan menggunakan Twitter analytics. Kamu dapat menggunakan analitik yang disediakan oleh Twitter untuk memulainya. Akan tetapi, menggunakan Twitter analytics gratis bukanlah sebuah alternatif yang tepat bagi perusahaan. Kamu membutuhkan analytics tool seperti Matamaya yang ditujukan untuk membantu bisnis tingkat lanjut menemukan, menganalisis, dan memanfaatkan semua data media sosial secara lebih baik.

Bisnismu bisa mendapatkan laporan Twitter mingguan hingga bulanan dimana ringkasan yang mudah dipahami menunjukkan impressions Tweet, mentions, kunjungan profil, serta follower dan tweet teratas. Dengan menggunakan analytics tool, kamu dapat membuat keputusan berdasarkan data dan meningkatkan strategi media sosialmu.

 

Matamaya: Alternatif Twitter Analytics Tool

Alternatif Twitter Analytics Tool - Matamaya

 

Masalah umum bagi pebisnis meskipun pada tampilan Twitter analytics desktop sudah menampilkan banyak metrik yang dapat mendukung berbagai analisis, mereka masih belum mengetahui cara terbaik yang harus diambil saat menganalisis data Twitter yang berakibat brand tidak memahami mengapa suatu konten bekerja dengan sangat baik.

Matamaya dapat menyediakan berbagai metrik mulai dari jangkauan, keterlibatan hingga kinerja hashtag yang dapat memudahkanmu untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan tweet berkinerja terbaik untuk pemasaran bisnis. Secara lebih rinci, metrik tersebut meliputi: 1) rata-rata tweet, retweet, dan replies per hari, minggu, dan bulan, 2) grafik tweet timeline, 3) waktu terbaik untuk post tweet, 4) nama user dan keyword yang paling banyak disebutkan, dan 6) daftar tweet yang paling banyak di-retweet dan disukai.

Matamaya memiliki keunggulan dibandingkan platform analytics tool Indonesia lain, yakni dapat melakukan analisis word cloud untuk mengetahui percakapan yang dominan dan analisis gaya bahasa yang dilakukan oleh audience guna mengidentifikasi apakah gaya percakapan yang dibangun oleh brand sudah sesuai dengan preferensi audience atau belum. Kamu juga akan memperoleh laporan bulanan, triwulanan, atau tahunan khusus dengan struktur pelaporan yang memudahkan untuk diinterpretasi.

Dengan melakukan monitoring melalui Matamaya analytics tool, kamu tidak hanya dapat memperoleh insights mengenai hasil performance konten dan pemasaran, tetapi juga analisis tentang followers, audience, dan kompetitor bisnismu. Untuk mengetahui bagaimana ketiganya bekerja, kami akan memberikan penjelasan yang sederhana agar dapat kamu ikuti dengan mudah. Berikut penjelasannya:

Twitter Analytics Followers

Follower analytics adalah bagian penting dari strategi pemasaran di media sosial. Analytics ini dapat dilakukan dengan target akun media sosial brandmu sendiri atau kompetitor. Matamaya menyediakan statistik terukur yang memungkinkan kamu untuk menganalisis follower Twitter secara menyeluruh dari akun Twitter publik manapun, meliputi total tweet, jumlah follower, dan jumlah follower akun Twitter publik yang kamu targetkan. Dari metrik tersebut, analisis follower Twitter yang dapat kamu lakukan antara lain Twitter analytics engagement, demografi, hashtag populer, dan conversation history.

Berikut metrik yang tersedia dalam Matamaya untuk mendukung analisis follower:

  1. Metrik fans/ follower menampilkan total dan pertumbuhan follower, total dan pertumbuhan follower baru, serta total follower yang berhenti mengikuti akun Twitter.
  2. Metrik engagement yang dapat digunakan untuk mengetahui keterlibatan/ keaktifan follower, meliputi metrik total dan pertumbuhan engagement, engagement rate per post, share rate, video views, engagement time dan analisis sentimen pada komentar yang diberikan audience di halaman Twittermu.
  3. Metrik demografi follower meliputi usia yang dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, perbandingan jenis kelamin, likes berdasarkan negara, likes berdasarkan bahasa, dan 10 kota teratas basis follower berasal.

 

Twitter Audiences Analytics

Matamaya Twitter analytics dapat menyediakan-mu informasi spesifik tentang niche dan audience-mu yang dapat membantu dalam mengelompokkan mereka berdasarkan preferensi. Fitur ini dapat membantumu dalam menunjukkan kepada mereka iklan yang secara khusus ditargetkan untuk mereka berdasarkan preferensi. 

Mengetahui preferensi mereka sangat penting, hal ini karena penelitian telah membuktikan bahwa rasio click-through rates dari iklan bertarget jauh lebih tinggi daripada iklan tradisional. Misalnya, jika kamu adalah produsen makanan cepat saji, kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan jika menargetkan iklan ke generasi milenial. Ini akan memungkinkan rasio click-through rates yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak ROI dari investasi kampanye media sosialmu.

Twitter Analytics Kompetitor

Untuk dapat menganalisis kompetitor, pertama dan terpenting, kamu perlu tahu siapa kompetitor bisnismu. Melakukan penelitian menyeluruh sangat penting untuk mengidentifikasi siapa kompetitor langsung maupun tidak langsung bagi brand-mu. Untuk menganalisis kompetitor mana pun, apakah itu aktivitas offline atau aktivitas media sosial mereka, kamu perlu melacak kinerja mereka untuk mengetahui posisi kompetitif-mu dan dapat membangun strategi konten yang lebih baik.

Kamu perlu menggali aktivitas kompetitor-mu dan bagaimana kinerja mereka di platform media sosial. Matamaya akan membantumu melakukan analisis kompetitor untuk memilih kompetitor yang dapat kamu jadikan tolak ukur kinerja konten, namun tentunya pemilihan ini tidak dapat sembarangan. Matamaya memiliki berbagai metrik yang dapat kamu gunakan untuk dapat mengidentifikasi dan mengetahui perkembangan kompetitor potensial. Metrik yang kamu perlukan tersedia pada tab benchmark yang menampilkan insight performance halaman Twittermu vs kompetitor, meliputi metrik jumlah dan pertumbuhan follower, posts, engagement dan engagement per post.

Twitter Analytics - Matamaya

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.