Matamaya

Alasan Kamu Perlu Menggunakan TikTok untuk Bisnis dan Analytics Tool Indonesia Terbaik 2022

Alasan Kamu Perlu Menggunakan TikTok untuk Bisnis dan Analytics Tool Indonesia Terbaik 2022
25 March 2022
Alasan Kamu Perlu Menggunakan TikTok untuk Bisnis dan Analytics Tool Indonesia Terbaik 2022 - strategi konten media sosial - Matamaya

Musik dan viralitas telah dimasukkan ke dalam TikTok sejak awal memasuki pasar Cina pada September 2016. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi ByteDance, awalnya bernama A.me, kemudian diubah menjadi Doujin. Dalam setahun, Doujin memiliki lebih dari 100 juta pengguna dengan sekitar 1 miliar video dilihat setiap hari, menjadikannya aplikasi nomor 2 yang paling banyak diunduh di Apple store China. Pada September 2017, ByteDance membawa Douyin ke pasar global, meluncurkan versi internasional yang diberi nama TikTok.

Meskipun tampilan dan nuansa versi China dan internasional cukup mirip, kedua aplikasi tersebut sebenarnya berjalan di server terpisah untuk mematuhi regulasi China. Akibatnya, Douyin hanya tersedia di China, dan TikTok hanya tersedia di luar China. Tetapi apapun perbedaan konten yang mungkin ada, kecanduan TikTok benar-benar universal.

Baik kamu seorang marketer atau influencer, kamu akan setuju bahwa mempublikasikan video di TikTok adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reach dan views. Untuk membantu dalam pembuatan konten yang menarik bagi audience dan membuat mereka tetap tertarik seterusnya, kamu harus menemukan jawaban atas pertanyaan seperti, “apa yang suka ditonton audience-mu? dari mana asal mereka?", dan banyak lagi. Inilah mengapa TikTok analytics bisa sangat berguna untuk mendukung perkembangan bisnismu.

Kamu dapat menggunakan data dari TikTok analytics untuk menunjukkan kekuatan dan kelemahan konten pemasaran-mu. Jenis data ini juga dapat membantu untuk memandu strategi pemasaran berikutnya. Content creator dan influencer juga dapat memanfaatkan TikTok analytics dengan memahami preferensi audiens dan kemudian mempublikasikan video yang sesuai. Untuk mengetahui apa dan bagaimana TikTok analytics digunakan untuk mengetahui konten video yang berkinerja lebih baik, kamu dapat mempelajari beberapa hal dalam artikel ini.

 

Apa Itu TikTok Analytics?

Apa Itu TikTok Analytics? -  Matamaya

TikTok analytics adalah sebuah fitur yang memungkinkan pembuat konten mengidentifikasi lokasi, usia, demografi, tampilan konten, dan data penting follower/ fans yang mempengaruhi seberapa populer channel brand-mu. TikTok analytics yang disediakan aplikasi TikTok sendiri hanya tersedia untuk akun Pro, tetapi untungnya, beralih ke akun Pro sangatlah mudah. 

Untuk beralih ke akun Pro, dalam privasi dan pengaturan, kamu dapat mengklik "kelola akun saya" dan kemudian "beralih ke akun Pro" yang terletak di bagian bawah. Dari sana, kamu dapat memilih kategori akun pilihanmu, memasukkan nomor handphone yang aktif untuk verifikasi, dan opsi "analitik" di akun bisnismu akan segera aktif. Sekarang, kamu dapat mengakses TikTok analytics account dashboard pribadimu, yang menawarkan berbagai insights dasar untuk membantu kemajuan pemasaran bisnismu.

 

Bagaimana Menggunakan TikTok Analytics untuk Konten Video yang Lebih Baik?

Bagaimana Menggunakan TikTok Analytics untuk Konten Video yang Lebih Baik? -  Matamaya

Tiktok analytics memungkinkanmu memeriksa kinerja setiap postingan dan mempersiapkan setiap aspek pemasaran di akun TikTok bisnismu, mulai dari perolehan prospek hingga penjualan. Saat mengakses analytics, kamu dapat melihat kinerja terkait postingan untuk jumlah plays, comments, likes dan shares. Kamu juga dapat memeriksa metrik viewership, audience territories dan sumber traffic untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kinerja kampanye TikTok bisnismu. Cara mendapatkan matrik tersebut cukup mudah. Kamu hanya perlu mengakses TikTok analytics yang disediakan in-app TikTok analytics dan itu dapat digunakan secara gratis. Berikut rincian statistik utama yang dapat kamu peroleh untuk dapat menilai TikTok analytics individual post-mu:

  1. Metrik Penayangan (Viewership)
    Metrik penayangan akan memberitahumu tentang total waktu pemutaran dan waktu tonton rata-rata video yang kamu upload di TikTok. Statistik ini dapat memandumu untuk menentukan durasi video yang tepat karena statistik ini dapat memberitahu total waktu yang dihabiskan audience dan rata-rata detik mereka menonton video. Jika kamu dapat menemukan pola tentang durasi terbaik dari data ini, kamu dapat mempublikasikan video yang lebih baik yang membuat audiens tetap tertarik dengan video-video pemasaran-mu di masa mendatang.

  2. Jenis Traffic
    Jenis traffic adalah fitur yang memungkinkanmu untuk memeriksa dari mana audience menemukan channel-mu. Apakah itu dari following tab, for you page, atau personal profile. Metrik ini akan membuatmu fokus pada area dimana kamu menarik lebih banyak audience, sehingga kamu dapat mengoptimalkannya untuk menjangkau lebih banyak audience yang relevan.

  3. Wilayah Audience (Audience Territories)
    Kamu mungkin juga ingin memeriksa dari mana audience-mu berasal. Untuk ini, fitur dasar Audience Territories tersedia untuk menunjukkan traffic berdasarkan negara dalam persentase. Jika ada beberapa lokasi yang menonjol, ada baiknya kamu memahami negara mana yang berpotensi untuk penyesuaian konten-mu saat membuat video. Data ini juga memungkinkanmu memahami apakah brand-mu mencapai target demografi yang tepat atau tidak.

 

Matamaya Tiktok Analytics Indonesia

Matamaya Tiktok Analytics Indonesia -  Matamaya

Setelah kamu mengenal fitur-fitur dasar yang terdapat di in-app TikTok analytics tool, dengan data berbasis keilmuan dan artificial intelligence, Matamaya dapat membawa streaming analytics-mu ke tingkat berikutnya dengan memperluas cakupan data-mu ke market-level data. Hal ini karena Matamaya memiliki target pasar yang luas, mulai dari influencers, publishers, brand marketers, dan perusahaan. Melalui Matamaya, kamu dapat membandingkan dan mengevaluasi efisiensi konten dan kampanye-mu di berbagai platform social media hanya dalam satu layar. 

TikTok Analytics yang disediakan oleh Matamaya memudahkanmu untuk melacak, menganalisis, dan mengoptimalkan akun TikTok bisnismu melalui key features yang lengkap, menjadikan platform ini referensi pertamamu untuk melakukan analisis strategi bisnis karena menyajikan TikTok analytics reporting yang detail dan mudah dibaca. 

Dibandingkan platform analytics tools yang berasal dari luar negeri, tentunya Matamaya dapat lebih memahami situasi dan kebutuhan pasar di Indonesia. Matamaya menyediakan skema analytics social media secara gratis yang dapat memberikan-mu akses terhadap insights dasar, dan juga menawarkan skema demo dan berbayar untuk mengakses metrik-metrik yang dapat digunakan untuk analisis lanjutan. 

Pada skema demo, kamu dapat memperoleh gambaran tentang hasil kampanye melalui satu akun dengan mengambil beberapa post terakhir, dimana jumlahnya disesuaikan dengan regulasi yang ditetapkan oleh setiap platforms. Sementara itu, pada skema berbayar kamu dapat memperoleh akses melalui tiga akun ke activity analytics, influencer dan benchmark analytics untuk memperoleh informasi terkait influencers dan lebih dari tiga akun kompetitor serta memperoleh akses penyimpanan data hingga 3 tahun terakhir. Beberapa fitur yang diunggulkan TikTok analytics Matamaya, yakni:

  1. TikTok Benchmark Tool
    Fitur ini dapat membantumu menganalisis kompetitor bisnis. Matamaya dapat menyediakan berbagai matrik penting dari hasil analisis kompetitor, antara lain follower engagement breakdown, video engagement, hashtag performance dan growth, tag usage (mendeteksi hashtag serupa yang terkoneksi dengan hashtag yang kamu gunakan), dan lain sebagainya. 

  2. TikTok Analytics Report
    Analytics reporting yang disediakan oleh Matamaya memiliki berbagai keunggulan, salah satunya dapat mengumpulkan dan memvisualkan informasi ke dalam template pelaporan yang mudah diinterpretasi atau dibaca oleh siapapun bahkan oleh kamu yang baru saja menggunakan analytics tool. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membandingkan metrik dari platforms social media lainnya dalam satu layar yang memudahkanmu untuk memantau kinerja tanpa harus login ke beberapa akun social media. Matamaya analytics report juga dapat membandingkan campaign results competitors secara berdampingan, memisahkan content pillars ke dalam data-data pelaporan yang diperlukan, dan memberikan report terhadap konten teratas dari setiap kampanye yang kamu dan kompetitor-mu lakukan.
Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.