Matamaya

5 YouTube Analytics Tools Terbaik untuk Channels Lain

5 YouTube Analytics Tools Terbaik untuk Channels Lain
08 April 2022

YouTube Analytics dapat melacak traffic YouTube bisnismu dengan dua cara. Kamu dapat melacak audience yang mengunjungi YouTube channel serta situs web bisnismu dari YouTube. Saat kamu melacak traffic YouTube channel, kamu dapat melihat siapa yang berkunjung, dari mana asalnya, dan bagian channel mana yang mereka gunakan seperti daftar putar atau cara mereka mengurutkan video. 

Melacak traffic dari YouTube sangat berguna bagi bisnismu tidak peduli berapa banyak subscribers yang kamu miliki. Dalam hal ini, Youtube Analytics juga dapat melacak audience yang mengeklik tautan di YouTube untuk mengunjungi situs web-mu. Saat ini, YouTube juga telah memperbarui analytics-nya untuk kepentingan content creator, dimana kamu dapat melihat channel lain yang ditonton audience termasuk mengetahui kinerja channel YouTube kompetitor-mu. Kamu dapat memperoleh data baru mengenai apa yang ditonton oleh audience-mu selama 28 hari terakhir sehingga dapat memberikan gambaran nyata tentang apa yang ingin ditonton audiens-mu ketika mereka membuka aplikasi YouTube. Kamu akan mendapatkan gambaran tentang jenis konten yang dicari oleh audience.

Lalu bagaimana menggunakan data tersebut? Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu periksa dari data baru:

  • Dengan data baru ini, kamu dapat melihat perubahan minat audience dalam jangka waktu tertentu. Karena siklus data baru adalah 28 hari, kamu akan mendapatkan data yang diperbarui secara konstan.
  • Kamu juga dapat mencari gaya dan format video yang ditonton audiens-mu dan dapat memperbaruinya sendiri sesuai dengan preferensi mereka.
  • Jika audiens-mu menonton channel niche yang sama denganmu, maka kamu juga dapat melakukan kolaborasi. Ini akan menjadi situasi win-win untuk kedua channel.

Memiliki akses ke YouTube analytics dapat membantu mengembangkan channel YouTube bisnismu. Hal ini karena YouTube analytics memungkinkanmu untuk mengumpulkan data dari akun competitor, video tertentu, dan audience. Kamu dapat mengetahui waktu terbaik untuk mempublikasikan video, cara meningkatkan keterlibatan customer, dan minat audience dengan melihat YouTube analytics untuk channels lain.

Untuk melihat statistik YouTube channel lainnya seperti durasi penayangan rata-rata, waktu tonton, rasio klik-tayang, retensi audience, dan target audience, kamu harus menggunakan YouTube analytics tools dari third parties. Creator secara teknis tidak dapat melihat YouTube analytics untuk channel lain dalam YouTube Studio. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa alat yang dapat membantumu mengetahui kinerja YouTube channel lain:

 

Youtube Analytics Matamaya

Youtube Analytics Matamaya - Matamaya

Matamaya YouTube Analytics memberikan penawaran yang cukup mendalam untuk memahami kinerja video bisnismu dan demografi orang-orang yang menontonnya. Kamu dapat memperoleh berbagai metriks yang penting untuk analisis lanjutan di dalam content pillars yang disajikan, seperti jumlah penayangan, likes, comments, shares, waktu tonton rata-rata, persentase viewers yang menonton seluruh video-mu, jenis sumber traffic, profil, feedback, serta dari mana viewers kamu menontonnya.

Fitur unggulan Matamaya YouTube Analytics salah satunya adalah impressions dan competition tracking. Metrik impressions dapat memberikan gambaran tentang bagaimana videomu berjalan dengan algoritma YouTube. Hal menyenangkan dari Matamaya adalah kamu dapat melakukan update secara langsung tanpa harus menunggunya berhari-hari. Sementara itu, competition tracking (benchmark) memungkinkanmu untuk membandingkan kinerja channel-mu dengan kompetitor. Lebih lanjut, Matamaya competition tracking memungkinkanmu untuk memeriksa postingan yang memiliki kinerja terbaik yang bersumber dari channel kompetitor, bagaimana pengguna YouTube bereaksi terhadap video tersebut, dan fitur lanjutan untuk melacak setiap postingan menggunakan keywords.

Price plan yang ditawarkan oleh Matamaya sangat terjangkau dan bersifat fleksibel, dimana kamu dapat melakukan subscribe pada versi berbayar untuk rentan waktu yang dapat dinegosiasikan, meskipun Matamaya memiliki plan and pricing dengan berbagai pilihan rentang waktu dan benefits yang menarik. Matamaya memiliki basic package dimana kamu dapat memiliki akses social media management untuk 3 akun. Jika ingin menambahkan kuota akun, activity, influencer & benchmark tool, kamu dapat menambahkan sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. 

 

Youtube Analytics - Tubular Intelligence

Youtube Analytics - Tubular Intelligence - Matamaya

Tubular Intelligence adalah produk yang dikembangkan oleh Tubular Intelligence Solutions, dimana perusahaan tersebut merupakan bagian dari Tubular Holdings (Pty) Ltd. yang bergerak di bidang Manajemen IT. Platform ini secara khusus terlibat untuk menyediakan IT, teknologi biometrik, dan video analytics. 

Tubular Intelligence cukup komprehensif. Platform ini dapat memberikan standar dan mengkontekstualisasikan video digital untuk bisnismu serta dapat membawa ide-ide baru yang relevan ke strategi konten dengan mengetahui apa yang ditonton lebih dari 16 juta audience secara universal di 4B+ video. Dengan melakukan analytics melalui Tubular, kamu dapat menggunakan metrik kinerja yang kontekstual dan komparatif, serta dapat mengajukan ide yang didukung data yang relevan. Metrik performance yang disediakan oleh Tubular Intelligence berbasis point-in-time, berupa metrik penayangan dan metrik tingkat engagement yang memungkinkanmu membandingkan performance konten video bisnismu, kinerja kemitraan influencer, atau video individu dan content creator selama 1, 2, 3, 7, dan 30 hari.

 

Youtube Analytics - Buzzsumo

Youtube Analytics - Buzzsumo - Matamaya

(https://app.buzzsumo.com/content/youtube)

Sejak 2014, BuzzSumo identik dengan insights content marketing, dimana pada saat itu content marketing tengah berkembang. Platform ini memiliki satu keunggulan, yakni dapat membangun fungsionalitas identifikasi influencer untuk membantu bisnis berkolaborasi dengan public figure dari target audience atau niche bisnismu.

Buzzsumo dapat menjangkau influencer berdasarkan YouTuber, influencer Twitter, dan penulis konten. Namun seringkali platform ini digunakan untuk mencari influencer untuk platform YouTube. Lalu bagaimana cara menggunakan BuzzSumo untuk menemukan influencer YouTube? Kamu dapat menuju fitur search dan mengetikkan nama brand atau topik untuk mendapatkan data. Kamu akan menemukan data dalam format berapa banyak customer yang dimiliki influencer YouTube, apa jenis video yang mereka post di channel YouTube mereka, dan total penayangan video yang diterima influencer. Berdasarkan kebutuhanmu, kamu dapat memfilter data di beberapa level yang diklasifikasikan ke dalam negara asal influencer, bahasa, dan kategori bisnis tempat mereka. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kata kunci yang relevan dengan industri bisnismu. Melalui teknik ini, kamu akan menemukan lebih banyak influencer YouTube.

 

Youtube Analytics - Social Blade

Youtube Analytics - Social Blade -  Matamaya

(https://socialblade.com/youtube/)

SocialBlade.com adalah situs web gratis yang menampilkan statistik YouTubemu atau statistik channel apa pun yang kamu ingin cari. Meskipun banyak statistik yang dapat kamu temukan di Social Blade, platform ini juga tersedia langsung di YouTube. YouTube memberimu banyak informasi, dan banyak di antaranya mungkin tidak berguna bagi semua content creator.

Social Blade dapat memberikan statistik tentang customer, tampilan, dan perkiraan pendapatan yang kamu peroleh dari YouTube. Untuk menggunakan YouTube analytics yang disediakan oleh Social Blade, kamu hanya perlu mengetik nama channel di kolom search. Pada bagian atas halaman, kamu dapat melihat beberapa statistik ditampilkan dengan jelas. Pertama, kamu dapat melihat kode nilai yang ditetapkan ke channel YouTube-mu oleh Social Blade. Jika tidak terlalu bagus, meskipun channel-mu mungkin sudah memiliki lebih dari 10.000 subscribers masih hanya menerima kode Cs dan hanya macro YouTuber yang akan mendapatkan kode A dan B. Pada baris kedua, kamu akan melihat jumlah penayangan dan subscribers yang kamu dapatkan dalam 30 hari terakhir dengan persentase fluktuasinya. Sementara itu pada baris terakhir dari bagian pertama, kamu akan memperoleh gambaran mengenai perkiraan pendapatan bulanan-mu. 

 

Youtube Analytics - Popster

Youtube Analytics - Popster - Matamaya

(https://popsters.com/blog/post/youtube-statistics-for-any-channel)

Popsters merupakan platform social media analytics yang memungkinkanmu membandingkan dan memeriksa statistik channel YouTube dan platform social media lainnya dari channel atau halaman bisnismu, kompetitor, dan influencer mana pun. Popster dapat membantu bisnismu memeriksa popularitas channel-mu sendiri atau orang lain di pos yang berbeda dan juga dapat menunjukkan indikator kinerja channel dan halaman sosial serta unggahan berikutnya.

Kamu dapat melakukan uji coba YouTube analytics gratis selama tujuh hari. Setelah itu, kamu dapat memilih skema paket bulanan yang berbeda, mulai dari 9,99 USD hingga 49,99 USD untuk akses ke laporan analisis dalam jumlah tak terbatas.

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.