Matamaya

5 Faktor Penentu Keberhasilan Konten Media Sosial. Yuk, Pelajari!

5 Faktor Penentu Keberhasilan Konten Media Sosial. Yuk, Pelajari!
07 December 2023
5 Faktor Penentu Keberhasilan Konten Media Sosial. Yuk, Pelajari! - strategi konten media sosial - Matamaya

Dengan lebih dari 3,8 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia, tidak mengherankan bahwa banyak bisnis berusaha mengoptimalkan strategi konten media sosial mereka. Konten media sosial yang efektif dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik dengan audiens, meningkatkan brand awareness, dan menghasilkan hasil yang lebih baik sesuai objektif Anda.

Namun, menciptakan konten yang efektif dan berhasil tidaklah mudah. Apa saja faktor-faktor yang menentukan keberhasilan konten media sosial? Yuk, pelajari!

 

Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Konten Media Sosial

  1. Relevansi dengan audiens
    Konten yang relevan dengan target audiens adalah kunci untuk mencapai hasil yang baik dari strategi konten media sosial Anda. Tempatkan diri Anda pada posisi audiens. Apa yang ingin mereka lihat? Dengan begitu, Anda bisa menemukan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens Anda.

    Aspek relevansi ini juga meliputi gaya bahasa Anda yang dipakai oleh target audiens. Pendekatan komunikasi yang relevan dengan audiens membuat audiens lebih mudah mencerna dan memahami maksud dari konten yang Anda sajikan. 

  2. Kebermanfaatan konten
    Konten yang mengulas informasi bermanfaat dapat memberikan nilai tambah bagi mereka yang mengkonsumsi konten tersebut. Konten yang bisa menjawab kebutuhan audiens membuat audiens merasa terbantu sehingga bisa mendorong untuk berbagi dan memberikan komentar.

    Hal yang perlu diingat bahwa konten yang bermanfaat tidak terbatas pada konten edukasi atau motivasi, tapi dapat berupa konten hiburan pula. Inti dari konten yang bermanfaat adalah memberikan nilai atau manfaat yang dapat memenuhi kebutuhan, menyelesaikan masalah, memberikan pemahaman baru, atau memberikan dorongan positif kepada audiens. 

  3. Kreativitas konten
    Kreativitas konten seperti ide, konsep, gaya penyajian dan narasi konten perlu Anda perhatikan pula agar konten menjadi lebih unik dan menarik. Selain itu, pengemasan visual mulai dari layout, warna, ukuran dan jenis font yang tepat bisa membuat konten lebih menonjol.

    Konten yang disajikan secara kreatif akan lebih mudah diingat oleh orang-orang, sehingga memperpanjang waktu mereka menghabiskan waktu untuk mengonsumsi konten tersebut. Konten yang kreatif dan orisinal juga dapat memperkuat identitas brand karena konten terlihat beda dari kompetitor. Lakukan A/B testing dan pantau melalui content analytics untuk mengetahui pendekatan kreatif yang digemari audiens.

  4. Kesesuaian dengan tren
    Pada umumnya, konten yang mengikuti tren terkini lebih dapat menarik perhatian audiens. Hal ini karena ketika suatu topik atau tren sedang populer, audiens lebih cenderung mencari informasi atau konten yang terkait dengan tren tersebut.

    Konten yang mengikuti tren ini memiliki peluang lebih besar untuk menjadi viral atau mendapatkan perhatian yang lebih besar karena terkait banyak membicarakan. Konten sejenis ini juga memberikan bisa membuat konten brand Anda terlihat segar dan baru dari segi informasi.

  5. Frekuensi postingan
    Audiens Indonesia dikenal sangat aktif di media sosial. Oleh karena itu, sangat penting untuk brand Anda menjaga konsistensi postingan agar brand awareness Anda terus meningkat. Agar bisa lebih konsisten, cobalah untuk menentukan jumlah dan frekuensi konten terlebih dahulu. 

    Lalu, berapa jumlah konten media sosial yang ideal? Kuncinya di sini adalah jumlahnya seimbang, sesuai dengan kebiasaan di tiap platform, dan sesuai kemampuan. Terlalu sedikit maka berpotensi brand Anda mudah dilupakan, tapi terlalu banyak juga bisa membuat audiens berhenti mengikuti Anda karena seperti spam. 

    Berikut saran frekuensi postingan yang bisa Anda gunakan sebagai referensi penyusunan konten kalender sosial media. Namun, perlu diingat bahwa frekuensi ini bisa saja berubah mengikuti perkembangan tiap platform dan Anda perlu menyesuaikannya lagi.
    -TikTok: 3 konten per hari
    -Instagram dan Facebook: 1-2 konten per hari
    -X/ Twitter: 10 tweet per hari
    -LinkedIn: 1 konten per hari atau minimal 2 konten per minggu

 

Pantau Keberhasilan Konten Anda dengan Matamaya

Konten Media Sosial - Matamaya

Nah, begitulah penjelasan mengenai faktor-faktor penentu keberhasilan konten media sosial. Penjelasan di atas dapat Anda gunakan untuk menilai kembali konten yang sudah ada ataupun strategi yang akan dijalankan.

Untuk lebih mengetahui konten yang berhasil maupun tidak, Anda perlu memvalidasinya melalui content analytics. Salah satu tool yang bisa menyajikan performa konten secara detail adalah Matamaya.

Fitur unggulan seperti kemampuan melihat performa berdasarkan content pillar dapat Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan strategi konten. Matamaya juga dapat memberikan informasi 10 konten teratas berdasarkan likes, comment, engagement, dan video views.

Yuk, daftar Matamaya sekarang dan tingkatkan social media results Anda!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.