Matamaya

Kegunaan Twitter Analytics dan Cara Menganalisisnya

Kegunaan Twitter Analytics dan Cara Menganalisisnya
24 January 2023
Kegunaan Twitter Analytics dan Cara Menganalisisnya - Social Media Tools - Matamaya

Twitter analytics adalah tools yang dapat digunakan bisnis untuk mengetahui lebih dalam tentang kesuksesan kampanye Twitter. Twitter analytics tidak hanya berguna untuk melacak kemajuan dan kinerja kampanye iklan Twitter, tetapi juga membantu agar lebih memahami audiens. Dengan mempelajari Tweet mana yang beresonansi dengan audiens, kamu dapat menyempurnakan strategi konten Twitter untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.

 

Kegunaan Twitter Analytics

Belakangan ini, media sosial tidak hanya diramaikan oleh konten yang diproduksi oleh suatu organisasi ataupun bisnis. Individu dari berbagai bidang juga mulai membuat konten sebagai satu cara personal branding dan menghasilkan uang. Oleh karena itu, siapa pun dapat memanfaatkan Twitter analytics agar masing-masing tujuan dapat tercapai.

  1. Twitter analytics for business
    Menggunakan Twitter analytics for business membantu kamu membuat keputusan berdasarkan data tentang strategi media sosial. Berbekal data, kamu dapat mengoptimalkan kampanye Twitter untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih banyak pengikut tanpa menebak apakah rencana tersebut berhasil atau tidak. 

    Twitter analytics dapat membantu dalam mengukur efektivitas strategi marketing yang telah dijalankan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa membandingkannya dengan KPI harian atau bulanan yang telah disetujui. 

    Kamu akan mendapat sebuah insight yang komprehensif tentang hal yang perlu ditingkatkan dan memahami seberapa baik kinerja tim. Contohnya, setelah melakukan uji materi iklan serupa akan didapatkan iklan yang berperforma terbaik. Iklan inilah yang kemudian akan disalin untuk mengoptimalkan kampanye.

  2. Twitter analytics for agencies
    Twitter Analytics for Agencies - Matamaya
    Tentunya pekerjaan menganalisis sebuah data merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu. Terlebih, jika agensi tersebut menangani banyak media sosial klien. Oleh karena itu, tools seperti Matamaya yang memiliki layanan mengunduh laporan otomatis akan jauh lebih bisa menghemat tenaga dan waktu.

  3. Twitter analytics for practitioners
    Bagi praktisi yang ingin meningkatkan personal branding di twitter, Twitter analytics dapat membantu dalam memahami kinerja postingan. Dengan mempelajari kinerjanya, kamu dapat melihat Tweet teratas untuk mengidentifikasi Tweet yang sesuai dengan audiens. Insight ini berguna untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan target audiens sehingga citra diri makin meningkat.

 

Twitter Analytics Strategy

Menyempurnakan strategi konten Twitter untuk memastikannya mencapai tujuan pemasaran bukanlah tugas yang mudah. Kamu membutuhkan materi yang menarik, penggunaan kata kunci dan tagar yang tepat, dan konten yang benar-benar berguna bagi audiens.

Oleh karena itu, Twitter memberikan wawasan untuk membantu kamu memahami pengikut dan komunitasmu secara keseluruhan. Twitter analytics menunjukkan kepada kamu bagaimana audiens merespons konten, konten yang berhasil maupun tidak. 

Di bawah ini, terdapat 5 langkah dalam melakukan Twitter analytics untuk membantu perkembangan bisnis di media sosial:

  1. Identifikasi konten terbaik
    Suatu hal yang wajar apabila pada konten bulanan terdapat konten yang berkinerja baik ataupun buruk. Justru hal inilah yang dapat kamu gunakan sebagai insight untuk membuat konten yang bisa lebih disukai audiens. 

    Temukan tema umum di Tweet teratas tersebut. Tweet tersebut bisa berisikan tagar, mention, foto atau hanya teks. Perhatikan pula hari atau waktu tertentu yang tampaknya paling sesuai dengan audiens kamu. 

  2. Analisis performa konten
    Dalam dashboard Twitter analytics, kamu dapat melacak kinerja konten melalui metrik reach, impresi, balasan, suka, retweet, klik tautan, dan lainnya. Laporan juga menyertakan grafik bermanfaat tentang pertumbuhan pengikut selama periode pelaporan. Ini dapat membantu memvisualisasikan bagaimana kamu mendapatkan atau kehilangan pengikut dari waktu ke waktu. 

  3. Analisis kompetitor
    Analisis kompetitor memungkinkan kamu melacak dan membandingkan metrik fundamental dengan profil Twitter mana pun. Informasi yang perlu digali adalah pertumbuhan pengikut, jumlah postingan per bulan, rentang waktu antar postingan, dan cara menanggapi komentar. Hal ini bisa menggambarkan kompetisi yang terjadi di media sosial.

  4. Pahami pengikut Twitter kamu
    Twitter analytics sudah menyediakan rincian demografis dari audiens yang telah berinteraksi dengan akunmu. Kamu dapat melihat persentase audiens yang merupakan laki-laki maupun perempuan serta umur mereka. Setelah itu, pahami hal yang dibicarakan audiens tentang brand maupun topik di sekitar industri kamu melalui mention maupun komentar.

    Untuk memahaminya, kamu dapat menggunakan tools Matamaya yang menyajikan word cloud serta analisis sentimen. Word cloud dapat menampilkan kata kunci yang sering dipakai audiens ketika membicarakan suatu brand atau topik. Kamu juga bisa melihat jumlah akun maupun total percakapan yang terjadi.

    Tentunya, dalam setiap percakapan selalu ada inti pesan yang disampaikan. Pesan tersebut dapat berupa positif, netral, bahkan negatif. Hal ini biasa digambarkan melalui sebuah sentimen. Berbagai sentimen ini dapat membantu untuk mengetahui tingkat kepuasaan pelanggan.


  5. Analisis hashtag
    Analisis Hashtag - Matamaya
    Kamu tidak hanya perlu melacak kata kunci, tetapi kamu juga perlu melacak hashtag. Penggunaan hashtag di Twitter merupakan salah satu indikator kesuksesan kampanye karena hashtag dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pemasaran. 

    Apabila hashtag tersebut digunakan banyak orang maka berpotensi untuk masuk trending topic. Oleh karena itu, penggunaan hashtag tidak bisa dilewatkan dalam Twitter analytics for marketing. Analisis hashtag di Matamaya dapat membantu kamu menganalisis volume total penggunaan hashtag, volume rata-rata per hari, dan Tweet yang menggunakan hashtag tersebut. 
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.