Matamaya

TikTok Affiliate Program: Peluang Baru Raih Pelanggan dengan Mudah

TikTok Affiliate Program: Peluang Baru Raih Pelanggan dengan Mudah
23 February 2024
TikTok Affiliate Program: Peluang Baru Raih Pelanggan dengan Mudah - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

TikTok, platform video pendek yang mendunia, kini menghadirkan peluang baru bagi brand melalui TikTok affiliate program. Program ini memungkinkan brand untuk berkolaborasi dengan kreator dalam mempromosikan produk mereka, dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

 

Apa Arti TikTok Affiliate?

TikTok affiliate program adalah program di mana brand bekerja sama dengan para affiliator untuk mempromosikan produk/ layanan brand tersebut kepada audiens TikTok. Sementara itu, arti dari afiliator adalah kreator yang bertugas mempromosikan suatu produk/layanan di TikTok dengan imbalan berupa komisi (pendapatan).

Singkatnya, cara kerja TikTok affiliate ini bisa dipahami mulai dari brand memberikan kode referral kepada afilliator. Kode referral adalah link khusus suatu produk untuk dipromosikan afilliator kepada audiens TikTok melalui fitur keranjang kuning.

Setelah itu, afiliator akan membagikan konten yang membahas produk atau layanan suatu brand dan menautkan kode referral tersebut di kontennya. Ketika ada audiens TikTok yang membeli melalui keranjang kuning affiliator, afilliator akan mendapatkan komisi sebagai imbalan atas penjualan yang dihasilkan.

 

Keuntungan TikTok Affiliate Bagi Brand

Keuntungan TikTok Affiliate - Matamaya

Masih belum yakin menerapkan program ini untuk kesuksesan bisnis? Berikut beberapa keuntungan TikTok Affiliate yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Jangkauan audiens lebih luas
    Dengan berkolaborasi dengan affiliator, brand dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan tertarget, sesuai dengan niche dan demografi pengikut affiliator.

  2. Meningkatkan kepercayaan
    Sering kali, konten yang dibuat oleh afiliator terasa lebih personal dan jujur sehingga audiens akan lebih percaya dengan ulasan yang mereka berikan.

  3. Meningkatkan penjualan produk
    Konten kreatif dan menarik dari kreator dapat menarik minat audiens dan mendorong mereka untuk membeli produk yang dipromosikan.

  4. Efisiensi biaya marketing
    Brand hanya perlu membayar komisi kepada kreator ketika terjadi penjualan, sehingga lebih hemat dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

  5. Pemantauan ROI lebih mudah
    Dibandingkan metode penjualan tradisional pula, pemantauan dan penghitungan produk yang terjual dan ROI (Return on Investment) dalam program ini lebih mudah karena TikTok sudah menyediakan dashboard yang mampu melakukannya.

 

2 Cara Brand Berkolaborasi dengan Affiliator

Berdasarkan info resmi dari TikTok, terdapat 2 cara untuk brand bisa berkolaborasi dengan affiliator, yaitu kolaborasi terbuka dan kolaborasi bertarget.

1. Kolaborasi terbuka

Jika brand menerapkan cara ini artinya brand membuka kesempatan bagi semua affiliator di TikTok untuk mempromosikan produk mereka. Berikut langkah yang perlu diikuti oleh brand yang ingin kolaborasi terbuka:

  1. Mendaftar ke program TikTok Affiliate dan memilih opsi "Kolaborasi Terbuka".
  2. Memilih produk yang ingin dipromosikan dan menentukan komisi untuk afiliator.
  3. Brand tinggal menunggu affiliator yang ingin bekerja sama dengannya.

2. Kolaborasi bertarget

Sementara itu, jika brand menerapkan kolaborasi bertarget maka brand perlu mengundang affiliator tertentu untuk mempromosikan produknya. Berbeda dengan kolaborasi terbuka, kolaborasi bertaget bisa dikatakan serupa dengan strategi "jemput bola", karena brand perlu terlebih dahulu mencari affiliator yang berminat mempromosikan produknya.

Berikut langkah-langkah untuk mengikuti kolaborasi bertarget:

  1. Mendaftar ke program TikTok Affiliate dan memilih opsi "Kolaborasi Bertarget".
  2. Memilih produk yang ingin dipromosikan dan menentukan komisi untuk afiliator.
  3. Mencari kreator yang memiliki audiens yang sesuai dengan target market mereka.
  4. Mengirim undangan kepada kreator terpilih untuk bergabung dalam program.

 

Tips Memaksimalkan TikTok Affiliate dengan Influencer

Selain cara di atas, brand juga bisa menjalin kerja sama dengan influencer untuk bergabung sebagai affiliator. Sejak berkembangnya e-commerce dan TikTok Shop, banyak influencer yang berperan sebagai affiliator sekaligus. 

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Alice Norin. Influencer dari kalangan selebritis ini dikenal aktif membagikan tips padu padan pakaian. Ia juga memaksimalkan etalase TikTok untuk mempromosikan berbagai produk seperti pakaian, kosmetik, aksesoris, hingga barang elektronik.

TikTok Affiliate Influencer - Matamaya

Tidak hanya influencer kenamaan saja yang bisa diajak bekerja sama, micro-influencer bisa digandeng pula dalam hal ini. Cara ini diketahui sudah diterapkan oleh satu brand kecantikan lokal, Jiera. Berdasarkan postingan di akun TikTok mereka, mereka membuka peluang kepada  lebih dari 50 affiliator dari kalangan pelajar dan mahasiswa untuk turut mempromosikan produk mereka.

Brand untuk TikTok Affiliate - Matamaya

Memaksimalkan TikTok affiliate dengan menggaet influencer sebagai mitra adalah cara yang layak dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda ingin mencari sebagai affiliator yang tepat bagi brand Anda, Anda bisa melakukannya melalui Influencer analytic dari Matamaya.

Lewat Matamaya, Anda dapat mengetahui performa konten influencer tersebut ketika mempromosikan suatu produk/layanan dari brand lain. Apakah cukup menarik interaksi audiens? Apakah responnya positif atau negatif? Apakah cara berpromosinya sesuai dengan yang Anda inginkan? Apakah ia adalah influencer yang relevan dengan brand Anda?

Adapun berbagai pertanyaan lainnya juga bisa terjawab melalui informasi yang tersaji di Influencer analytic tool. Yuk, coba Matamaya sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.