Matamaya

Social Media Monitoring vs Listening: Perbedaan dan Referensi Monitoring Tool Terbaik 2022

Social Media Monitoring vs Listening: Perbedaan dan Referensi Monitoring Tool Terbaik 2022
21 March 2022

Hampir setiap bisnis memiliki halaman sosial media di Facebook, Instagram atau Twitter. Oleh karena itu, social media monitoring seharusnya sudah menjadi bagian dari strategi pemasaran bisnis terlepas dari skala bisnis yang dimiliki. Mengetahui apa yang dibicarakan pelanggan-mu dan dimana percakapan itu berlangsung memberi kamu insights berharga terkait konsumen yang dapat mendukung optimasi pengembangan bisnis dan produk. Untuk memperoleh insights tersebut, kamu perlu melakukan social media monitoring dan menemukan tool yang tepat untuk memulainya. Sebelum beralih kepada diskusi tentang referensi tool untuk social media monitoring, kau perlu mengetahui terlebih dahulu secara praktis apa itu social media monitoring dan bagaimana fitur ini bekerja guna memudahkanmu memperoleh keuntungan optimal. 

Social media monitoring adalah pemantauan secara terus menerus tidak hanya dari aktivitas sosial media brand-mu, melainkan kompetitor bisnis, customer, target audience dan influencer yang relevan. Hal ini bermakna, keuntungan social media monitoring memungkinkanmu untuk selalu mengetahui konten yang dibuat oleh pengguna platform social media lain tentang topik tertentu terkait dengan brand-mu yang beredar di web. Informasi tersebut dapat menjadi penting untuk aktivitas penjualan, pemasaran dan untuk pengembangan produk, misalnya untuk mengidentifikasi tren, mengembangkan kampanye, manajemen krisis atau melindungi reputasi brand-mu.

Dengan melakukan social media monitoring, kamu akan dapat mengidentifikasi komentar negatif lebih awal. Jika komentar negatif diketahui lebih awal, tentunya permasalahan yang dapat merusak reputasi brand dapat dikurangi atau bahkan dihindari. Selain itu, social monitoring memungkinkanmu untuk melacak kompetitor dan memulai respons yang cepat bila diperlukan. Sementara social media analysis dilakukan sesekali, social monitoring sangat perlu dilakukan secara real time dan reguler karena data yang dikumpulkan selama pemantauan akan menjadi dasar dalam melakukan analisis.

Saat kamu membuat kampanye pemasaran atau strategi media sosial, mungkin agak berlebihan jika kamu tidak memiliki banyak informasi untuk menjadikan konten dan strategi pemasaran-mu kreatif. Berkat social media monitoring tool yang dikombinasikan dengan social media listening tool, mereka dapat membuat perbedaan besar dalam strategi bisnis-mu. Meskipun kedua fitur tersebut berbeda, dengan social media monitoring dan listening, kamu akan dapat memperoleh data mentah yang selanjutnya dapat diolah untuk analisis dan pengambilan keputusan, hanya dengan mendapatkan insights di platform social media.

 

Social Media Monitoring vs Social Media Listening

Social Media Monitoring vs Social Media Listening - Matamaya

Social media monitoring vs listening adalah dua istilah paling umum yang sering digunakan untuk menggambarkan proses pelacakan percakapan sosial media tentang brand dan bisnismu. Fakta bahwa social media listening dan social monitoring sering digunakan secara bergantian menunjukkan bahwa keduanya mengacu pada praktik yang sama. Namun, di dunia pemasaran, ada beberapa perbedaan utama antara social monitoring dan listening.

Mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan customer dan mencari tahu pengalaman customer yang tidak kamu ketahui sebelumnya dapat memberi insights mendalam yang kamu butuhkan untuk berkembang. Pikirkan social media monitoring sebagai dukungan customer pada brandmu melalui social media. Dengan social monitoring, perwakilan layanan customer memantau platform social media yang digunakan brand-mu dan menanggapi postingan customer. Social media monitoring juga dapat membantu brand melacak penyebutan bahkan ketika tag tidak digunakan, karena beberapa customer akan memberi nama brand tanpa menautkan. Dengan melacak penyebutan ini, brand-mu dapat secara efisien dan efektif menangani customer untuk memberikan layanan yang baik dan mencegah masalah terjadi di kemudian hari.

Sementara social media listening juga melibatkan monitoring secara ekstensif, fokus pencarian fitur ini melampaui penyebutan brand hingga keywords dan personel kunci yang terkait dengan industri tertentu atau demografi yang relevan. Tujuan social listening sering kali untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren atau untuk menemukan percakapan yang mungkin signifikan bahkan jika brandmu tidak disebutkan secara spesifik dan kemudian menjelaskan konteks dan implikasi yang relevan.

Namun, kedua proses tersebut melibatkan campuran analisis kualitatif dan kuantitatif; social listening pada akhirnya jauh lebih strategis, terutama mengenai pengambilan keputusan jangka panjang. Misalnya, social media listening sering kali merupakan komponen kunci dari riset pasar atau upaya manajemen reputasi, dan temuan dari laporan social media listening dapat digunakan untuk menyusun kampanye baru atau strategi pemasaran lainnya.

Lalu bagaimana cara kerja social media monitoring? Mayoritas social media monitoring tool bekerja dengan terus merayapi situs dan platform social media dan mengindeksnya, baik secara real-time seperti yang dilakukan pada Twitter atau setiap beberapa menit sekali seperti pada platform lainnya. Matamaya, misalnya, telah mengindeks jutaan situs web untuk ditambahkan ke URL untuk menemukan apa yang brandmu cari. Pentingnya social media monitoring lainnya adalah fitur ini dapat mengawasi brand-mu 24/7, jadi kamu tidak akan pernah melewatkan apa pun dan dengan melakukan pemantauan sepanjang waktu, ini mungkin sangat berguna untuk manajemen krisis yang cepat dan tanpa risiko.

 

Matamaya Social Media Monitoring

Matamaya Social Media Monitoring - Matamaya

Matamaya social media monitoring merupakan pilihan terbaik untuk bisnismu karena beberapa alasan, tetapi alasan utamanya adalah semua tentang percakapan. Kamu mungkin terkejut dengan jumlah orang yang menyebut brand-mu dalam postingan social media mereka, namun pada satu titik kamu dapat memperoleh informasi berharga tentang tren dan kebutuhan industri dengan memantau percakapan customer, kompetitor, dan prospek-mu di social media. Selain percakapan, bisnis-mu dapat memperoleh manfaat signifikan dari Matamaya social media monitoring yakni:

 

Memperbaiki Layanan Customer

Memperbaiki Layanan Customer< - Matamaya

Layanan customer yang luar biasa selalu tentang mengutamakan pengalaman customer. Harapan customer-mu harus menjadi prioritas utama untuk menumbuhkan loyalitas brand. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa customer lebih cenderung untuk melanjutkan pembelian dari perusahaan yang membalas postingan mereka. Alasannya adalah customer merasa didengarkan saat kamu membalas postingan atau komentar mereka.

Matamaya dapat memberikan informasi dengan cepat tentang customer yang kurang senang dengan produk atau layanan-mu, sehingga kamu dapat mengubah krisis tersebut menjadi peluang dengan mengubah mereka menjadi pelanggan setia. Matamaya menyediakan fitur monitoring dan listening yang dapat kamu gunakan untuk mengidentifikasi sentimen dan mencari percakapan tertentu berdasarkan tagar untuk menemukan postingan terkait dengan brand-mu dari berbagai social media platforms.

 

Menghasilkan Prospek Baru

Menghasilkan Prospek Baru - Matamaya

Sudah umum bagi brand untuk meneliti produk dan layanan di social media sama seperti yang mereka lakukan di search engine. Matamaya dapat membantumu mengidentifikasi customer potensial dengan lebih mudah dibandingkan dengan yang dapat dilakukan oleh alat tersebut. Ada beberapa jenis kata kunci yang berbeda menurut Matamaya yang efektif untuk menghasilkan prospek baru yang relevan:

  1. Kata Kunci Industri
    Kata kunci industri akan menggambarkan layanan atau produk yang dijual perusahaanmu. Misalnya, jika kamu memiliki perusahaan pemasok hewan ternak, kamu dapat menggunakan “makanan hewan ternak”, “kandang kambing” dan seterusnya. Dengan “kata kunci” khusus yang telah Matamaya identifikasi sebelumnya memiliki potensi untuk memberikan optimasi pada strategi pemasaran-mu, kamu dapat menambahkannya ke postingan dan bahkan mencarinya untuk mengomentari postingan audience lain.
  2. Kata Kunci Merek dan Lokasi
    Kata kunci merek adalah kata kunci yang terkait dengan brand-mu, termasuk nama produk dan nama perusahaan. Sementara kata kunci lokasi dapat kamu optimalkan apabila bisnismu memiliki lokasi fisik. Dengan demikian kamu sangat disarankan untuk dapat menambahkan kata kunci populer yang akan me-lead audience menggunakan kata kunci tersebut. Misalnya, "pemasok hewan ternak terbaik di Jakarta".

 

Memantau Kompetitor

Memantau Kompetitor - Matamaya

Matamaya social media monitoring tool dapat memantau kata kunci terkait kompetitor-mu. Ini memungkinkan kamu mengetahui bagaimana kinerja mereka, apa yang disukai audience tentang mereka dan sebagainya. Dengan melakukan competitor analytics di Matamaya, kamu akan dapat menawarkan suatu layanan kepada audience yang mungkin tidak ditemukan dari perusahaan sejenis lainnya.

 

Mengidentifikasi Influencer

Mengidentifikasi Influencer - Matamaya

Influencer adalah bagian penting dari strategi pemasaran sosial. Sebutan sosial melalui posting influencer akan sangat berharga, terutama jika mereka terkenal di industri ini. Meskipun postingan customer juga berharga, kamu tentu ingin memastikan bahwa brandmu tidak hanya memiliki feedback customer, melainkan juga influencer. Dengan Matamaya, kamu dapat mengidentifikasi influencer yang relevan dengan bisnismu dan memantau kinerja postingan mereka secara real-time. Mengidentifikasi influencer secara tepat dapat membawa perusahaan-mu ROI yang jauh lebih tinggi dengan menjadi bagian dari strategi pemasaran influencer yang lebih luas.

Untuk menemukan influencer terbaik, Matamaya akan memberikanmu berbagai insights berharga dengan melacak pengaruh dalam industri brand-mu, melihat siapa yang memiliki banyak followers dan memastikan bahwa followers mereka adalah audiens yang telah kamu targetkan. Matamaya dapat menemukannya dengan mencari tagar tertentu dan kata kunci yang relevan dengan bisnismu.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.