Matamaya

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner: Memanfaatkan Peran Food Influencer untuk Pertumbuhan Optimal

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner: Memanfaatkan Peran Food Influencer untuk Pertumbuhan Optimal
18 March 2024
Rahasia Sukses Bisnis Kuliner: Memanfaatkan Peran Food Influencer untuk Pertumbuhan Optimal - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

Apakah Anda seorang pengusaha kuliner yang ingin meningkatkan popularitas bisnis Anda? Mungkin tidak adanya untuk mencoba bekerja sama dengan food influencer. Hal ini karena kebiasaan audiens sebelum membeli makanan atau minuman sangat terpengaruh oleh ulasan dan rekomendasi dari food influencer. 

 

Apa itu Food Influencer?

Food influencer adalah influencer yang berfokus untuk membuat dan membagikan konten kuliner di media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan platform lainnya. Food influencer tidak selalu identik dengan seorang chef, koki, ataupun pakar kuliner.

Food influencer lebih identik dengan seseorang yang tidak hanya memiliki kemampuan untuk memahami rasa dan tekstur makanan, tapi juga seseorang yang mampu memberikan ulasan informatif dan terpercaya. Selain itu, food influencer biasanya mahir mengambil foto dan video yang estetik untuk menggugah selera audiens. 

 

Jenis Kuliner yang Umum Diulas oleh Food Influencer Indonesia

Jenis Kuliner Food Influencer - Matamaya

Dalam satu akun, seorang food influencer dapat mengulas berbagai jenis kuliner, mulai dari masakan lokal hingga hidangan internasional. Namun, tak jarang pula food influencer memilih untuk fokus pada satu jenis kuliner tertentu. Berikut jenis kuliner yang biasa dibahas oleh food influencer:

  1. Masakan lokal: Hidangan khas dari berbagai daerah di Indonesia dengan cita rasa dan ciri khasnya. Contohnya: rendang, gudeg, dan aneka soto di Nusantara. 
  2. Street food: Jajanan kaki lima yang populer di kalangan masyarakat dengan harga yang terjangkau. Contohnya: aneka gorengan, seblak, dan siomay.
  3. Fine dining: Hidangan kelas atas yang disajikan dengan presentasi yang indah dan rasa yang istimewa. Contohnya: hidangan Prancis dan Italia.
  4. Dessert: Hidangan manis yang menggoda selera, seperti kue, roti, dan es krim. 
  5. Minuman: Kopi, teh, jus, dan minuman kekinian lainnya yang digemari banyak orang, seperti kopi susu, teh matcha, dan minuman boba.
  6. Vegan food: Hidangan yang bebas dari bahan hewani dan cocok untuk gaya hidup vegan. Contohnya: burger vegan, salad sayur, dan smoothie bowl.

Selain mengulas makanan, food influencer juga dapat memberikan konten selingan seperti tips menyimpan makanan, rekomendasi tempat makan estetik, dan lainnya.

 

Daftar Bisnis Kuliner yang Cocok Bekerjasama dengan Food Influencer

Daftar Bisnis Kuliner yang Cocok dengan Food Influencer - Matamaya

Berbagai jenis bisnis kuliner dapat menjalin kerjasama dengan food influencer untuk meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, dan mendorong penjualan. Berikut beberapa contohnya

  1. Restoran
    Food influencer dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan hidangan baru, suasana restoran, dan pengalaman bersantap yang unik untuk mendorong kunjungan ke restoran Anda.

  2. Coffee shop
    Jenis influencer ini dapat membantu memperkenalkan aneka ragam menu kopi, suasana tempat, dan budaya minum kopi dari coffee shop Anda.

  3. Brand makanan atau minuman kemasan
    Food influencer marketing dapat membantu dalam memberikan inspirasi pada audiens tentang kreasi dari makanan atau minuman kemasan, mengulas varian rasa yang tersedia, dan cara mendapatkannya.

  4. Bar 
    Konten yang menarik berupa kreasi cocktail, suasana bar, dan ulasan tentang pengalaman bersantai dapat menarik pelanggan baru untuk mengunjungi bar Anda.

  5. Supermarket
    Food influencer dapat menjadi yang pertama untuk mencoba dan mereview produk baru di supermarket ataupun berbagi pengalaman berbelanjanya di supermarket.

  6. Aplikasi dan layanan pesan antar makanan dan minuman
    Aplikasi yang menyediakan pesan antar makanan online dapat bekerjasama dengan food  influencer untuk menampilkan kemudahan memesan dan variasi pilihan makanan yang tersedia di aplikasi.

  7. Tempat wisata
    Food influencer dapat menunjukkan hidangan khas, budaya kuliner, dan tradisi makan di sekitar tempat wisata.

Singkatnya, jika Anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan makanan, Anda dapat memaksimalkan bisnis dengan food influencer marketing.

 

Manfaat Food Influencer untuk Bisnis

Manfaat Food Influencer - Matamaya

Food influencer bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis kuliner Anda. Berikut beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari kerjasama dengan food influencer:

  1. Meningkatkan brand awareness
    Food influencer memiliki audiens yang luas dan aktif di media sosial. Konten yang mereka buat tentang bisnis Anda, seperti review, foto makanan yang menarik, atau video mukbang, dapat dilihat oleh banyak orang dan meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

  2. Menarik pelanggan baru
    Ulasan positif dan rekomendasi dari food influencer dapat menarik minat pelanggan baru untuk mencoba makanan atau minuman yang Anda sediakan. Konten influencer yang menarik dan informatif dapat membuat orang penasaran dan ingin mengunjungi tempat Anda.

  3. Membangun reputasi online yang positif
    Kerjasama dengan food influencer yang memiliki reputasi baik dapat membantu membangun citra positif bisnis Anda di dunia online. Konten yang mereka buat dapat membantu Anda mendapatkan ulasan positif dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

  4. Mempromosikan menu atau produk baru
    Food influencer dapat membantu Anda mempromosikan menu atau produk baru dengan cara yang kreatif dan menarik. Mereka dapat membuat konten yang menampilkan produk baru Anda, menjelaskan keunikannya, dan memberikan review jujur.

  5. Menjangkau target pasar yang spesifik
    Food influencer memiliki audiens yang beragam, tapi biasanya mereka memiliki niche atau fokus tertentu. Dengan memilih influencer yang tepat, Anda dapat menjangkau target pasar yang spesifik dan sesuai dengan bisnis Anda.

  6. Mendapatkan konten yang berkualitas
    Food influencer biasanya handal dalam membuat konten visual yang menarik dan berkualitas tinggi. Konten yang mereka buat tentang bisnis Anda dapat digunakan kembali untuk kebutuhan marketing di media sosial atau website Anda.

  7. Mendorong penjualan
    Pada akhirnya, tujuan utama dari kerjasama dengan food influencer adalah untuk meningkatkan penjualan. Ulasan positif, rekomendasi, dan konten menarik yang dibuat oleh influencer dapat mendorong pelanggan untuk mencoba bisnis Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Temukan Food Influencer yang Tepat untuk Bisnis Kuliner Anda dengan Matamaya

Itulah pembahasan seputar food influencer. Apakah Anda sudah mulai tertarik dengan bekerja sama dengannya?

Jika Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan strategi ini, pastikan Anda memilih influencer yang pribadi serta kontennya selaras dengan citra brand Anda serta memiliki reputasi yang baik. Perhatikan pula engagement dari food influencer karena angka engagement dapat menunjukkan bahwa audiens mereka aktif dan jangkauannya efektif. 

Dalam hal ini, Matamaya menawarkan solusi Influencer analytic untuk membantu Anda menilai kualitas dan performa influencer yang Anda pilih. Dapatkan data analisis yang komprehensif ini untuk mendapatkan food influencer yang tepat.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.