Anda mungkin berpikir bahwa KOL dan influencer adalah hal yang sama. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan, mulai dari perannya dalam dunia digital marketing hingga kemampuannya dalam menjangkau audiens.
KOL atau Key Opinion Leader adalah individu yang diakui memiliki otoritas dan keahlian dalam suatu bidang tertentu. Mereka seringkali merupakan pakar atau ahli di industri mereka dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap pendapat dan keputusan audiens.
Sementara itu, influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah pengikut yang besar di media sosial dan dianggap memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku dan opini pengikutnya. Mereka mampu menciptakan tren, merekomendasikan produk, dan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap suatu brand.
Contoh KOL di Indonesia yang terkenal adalah dr. Reisa Broto Asmoro dan Chef Arnold Poernomo. dr Reisa Broto Asmoro merupakan dokter spesialis paru dan penyakit dalam yang aktif memberikan informasi terkait kesehatan di media sosialnya. Sedangkan, Chef Arnold Poernomo dikenal melalui berbagai program kuliner TV yang dibintanginya, sehingga beliau kerap dipercaya juga sebagai KOL dalam sebuah digital campaign.
Jika berbicara tentang influencer, jumlahnya lebih besar lagi dibandingkan KOL yaitu mulai dari micro hingga mega influencer. Contoh Influencer di Indonesia yang terkenal adalah Rachel Vennya. Rachel Vennya dikenal karena membagikan momen-momen keluarga, terutama bersama anak-anaknya. Kontennya sering menampilkan aspek kehidupan sehari-hari, perjalanan, dan kegiatan bersama keluarga.
Nah, setelah mengetahui perbedaannya, selanjutnya Anda bisa untuk menentukan apakah KOL atau influencer yang lebih Anda butuhkan saat ini.
Anda bisa menggunakan Influencer analytic dari Matamaya untuk mendapatkan KOL ataupun influencer yang tepat tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengukur performa konten influencer serta kualitas responnya. Dalam hal performa konten, Matamaya bisa membandingkan performa konten personal KOL/ influencer dengan postingan endorse. Lalu mengenai kualitas respon, tersaji pula sentimen dan word cloud yang akan membantu Anda memahami pandangan audiens terhadap KOL/ influencer tersebut.
Eksplor lebih lanjut mengenai Influencer analytic tool kami dengan mencobanya di sini.