Matamaya

Melihat secara Mendalam Influencer Marketing di Indonesia

Melihat secara Mendalam Influencer Marketing di Indonesia
02 November 2021

Influencer marketing tidak diragukan merupakan salah satu strategi pemasaran terbaik saat ini. Menurut beberapa sumber, influencer marketing dapat meningkatkan ROI penjualan 11 hingga 18 kali lebih tinggi. Tidak heran jika tarif influencer pun tidak murah, ini tergantung pada jenis influencer nya.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis influencer di Indonesia, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu influencer marketing, dan mengapa strategi ini sangat penting untuk membangun bisnismu.

 

Apa itu influencer marketing?

Selama beberapa tahun terakhir, influencer marketing telah menjadi bagian penting dari pemasaran digital, bahkan sulit untuk menemukan brand yang tidak menggunakan influencer marketing sekarang ini. Influencer marketing merupakan pendekatan pemasaran yang sangat kuat, dimana kamu dapat menjangkau target audiens dengan cara yang unik.

Seperti namanya, influencer marketing adalah strategi pemasaran yang bekerjasama dengan influencer dalam mempromosikan, meng-endorse dan me-review produk barang atau jasa di sosial media platform bisnismu. Influencer sosial media bisa meliputi blogger, vlogger, YouTuber, dan selebgram.

 

Mengapa influencer marketing penting?

Pengaruh ekonomi telah mengubah cara kita membeli barang. Brand yang tidak mengambil bagian dalam influencer marketing, rasanya akan kehilangan kendali sekarang ini.

Hal ini karena konsumen memandang sesama konsumen dalam memutuskan apakah barang dari suatu brand layak dibeli atau tidak. Alih-alih melihat popularitas perusahaan seperti yang dilakukan di dekade sebelumnya, konsumen sekarang saling memandang satu sama lain dan lebih mempertimbangkan rekomendasi dari sosok public figure favorit mereka. Konsumen kini mengontrol perjalanan pembeli lain melalui review, dan semakin sulit dijangkau hanya dengan iklan digital.

Influencer marketing sebenarnya adalah evolusi dari pemasaran words-to-mouth. Pemasaran melalui iklan digital tengah memasuki fase krisis, oleh karena itu words-to-mouth menjadi lebih relevan dengan kondisi saat ini. Terlebih, menurut informasi yang diperoleh, jutaan pengguna internet mulai merasa resah dengan adanya iklan digital sehingga pemasangan adblock di perangkat mobile dan desktop kini menjadi hal lumrah yang dilakukan.

Dengan kata lain, pemasaran melalui iklan digital kurang efektif untuk mempromosikan bisnismu. Sebelum pesan yang ingin disampaikan oleh brand-mu sampai kepada telinga audiens, mereka sudah terlebih dahulu memblok iklanmu.

Oleh karena itu, influencer marketing menjadi satu cara yang dapat diandalkan. Manfaat dari pemasaran ini adalah brand yang dipromosikan dapat membangun branding, awareness, engagement sampai meraup konversi dengan jumlah yang tidak dapat disangka-sangka. Seperti yang dikatakan pada bagian sebelumnya, rata-rata untuk setiap Rp 1 yang dihabiskan bisnis untuk influencer marketing, pebisnis dapat menghasilkan Rp 11 hingga Rp 18.

Mengapa demikian? Sosial media influencer memiliki followes setia yang merupakan orang-orang yang menghargai pendapat, selera, dan menikmati menonton gaya hidup mereka. Dengan demikian, mudah bagi influencer untuk dapat memengaruhi secara langsung keputusan pembelian followers mereka yang bisa jadi merupakan target audiens brand-mu.

 

Influencer marketing vs strategi konten sosial media

Content marketing masih menjadi metode pilihan utama bagi banyak brands dan untuk alasan yang bagus. Influencer marketing dan strategi konten sosial media bisa sangat efektif dan keduanya harus menjadi bagian dari strategi pemasaran bisnismu. Hal ini karena kedua jenis pemasaran ini akan menguntungkan brand kamu di cakupan area yang sangat berbeda.

Influencer marketing meningkatkan brand awareness dan menghasilkan bukti sosial sementara strategi konten sosial media membangun otoritas dan menambah nilai.

Beberapa brand melaporkan bahwa konten yang dibuat oleh influencer berkinerja lebih baik daripada konten yang dibuat oleh internal. Tentu saja, itu tidak berarti bahwa kamu perlu menghilangkan content marketing strategy dari strategi pemasaranmu.

Ada banyak sinergi yang dapat dilakukan antara influencer marketing dan pemasaran konten, dan kombinasi ini hanya akan semakin kuat ketika influencer marketing menjadi lebih luas.

 

Jenis-jenis influencer di Indonesia

Berbicara mengenai jenis-jenis influencer, ini sangat memengaruhi tarif influencer. Karena kebutuhan dan kebudayaan tertentu, tarif influencer tidak bisa disamaratakan di setiap negara dan beragam pula di setiap negara. Berikut ini tarif influencer di Indonesia berdasarkan pengamatan yang dilakukan:

 

1. Mega Influencer

Mega influencer atau selebriti influencer biasanya selain merupakan orang-orang yang memiliki jumlah followers terbanyak, mereka adalah orang-orang yang sudah lebih dahulu menjadi selebriti. Salah satu contohnya adalah Baim Wong yang memiliki followers lebih dari 17 juta. Menurut informasi, ia memasang tarif sebesar kurang lebih 12 juta rupiah untuk satu kali posting di Instagram.

 

2. Macro Influencer

Kategori macro influencer biasanya memiliki followers antara 100 ribu sampai 500 ribu. Banyak orang-orang maupun brand lebih memilih macro influencer untuk iklan ataupun kolaborasi. Untuk macro influencer biasanya memasang tarif sekitar Rp 1-5 juta, misalnya Reza Candika, dan Nessie Judge.

 

3. Micro Influencer

Micro influencer adalah mereka yang memiliki jumlah followers di antara 1 ribu – 100 ribu. Mereka yang berada di kategori mikro biasanya memiliki niche yang lebih spesifik. Misalnya Birgita Stephany seorang penulis dengan spesialisasi di bidang parenting/family, dan lifestyle. Micro influencer sendiri biasanya memasang tarif sekitar Rp 100 ribu – Rp 5 juta.

 

Influencer Marketing Platform

Dalam hal strategi pemasaran ini, Instagram bisa dibilang sebagai platform terbaik untuk dijadikan contoh karena saat ini Instagram digunakan oleh hampir semua influencer di dunia. Influencer Instagram ada di mana-mana, dan mudah untuk melihat pengaruh mereka terhadap produk yang dipasarkan.

Sebelum lebih jauh membahas influencer marketing platforms terbaik di Indonesia, mari kita lihat manfaat yang dapat diberikan oleh influencer marketing untuk bisnismu.

 

1. Peningkatan penjualan

Peningkatan pejualan adalah manfaat utama dari influencer marketing, tetapi untuk memahami dengan tepat seberapa efektifnya, akan sangat membantu untuk melihat statistik pemasaran influencer.

Ingatlah bahwa bisnis kamu dapat menghasilkan sekitar Rp 11 hingga Rp18 untuk setiap Rp 1 yang kamu keluarkan untuk influencer marketing. Akan tetapi, angka pastinya akan tergantung pada seberapa banyak influencer marketing yang kamu investasikan dan seberapa sukses setiap kampanye tertentu, tetapi jelas bahwa ROI yang dihasilkan akan sangat tinggi.

 

2. Bukti sosial dan koneksi langsung ke audiens

Influencer dapat memperbesar efek bukti sosial. Sama seperti kamu memercayai pendapat teman daripada orang asing, followers akan lebih memercayai pendapat influencer daripada kebanyakan orang lain.

Ini bisa dibilang bentuk bukti sosial yang paling ampuh, dan telah terbukti bekerja dengan hampir semua produk di platform manapun. Untuk menjual produk kamu di Instagram, kamu perlu menyampaikan pesan di depan target audiens-mu, dan itu tidak selalu mudah. Influencer marketing secara praktis dapat memecahkan masalah ini dengan menempatkan pesan tepat di depan audiens kamu pada platform yang mereka gunakan setiap hari.

Pemasaran influencer juga jauh lebih baik daripada iklan digital biasa karena orang-orang yang mengikuti influencer di niche kamu adalah orang yang sama yang kamu coba targetkan.

Kamu dapat memperoleh informasi daftar influencer yang kamu butuhkan dengan memanfaatkan influencer marketing platform di bawah ini:

 

1. Partipost

Partipost merupakan influencer marketing platform yang memiliki kurang lebih 400.000 profil influencers. Platform ini memiliki misi menghubungkan brand dan komunitas influencer yang disebut dengan Everyday People.

Partipost memiliki fitur-fitur unggulan untuk brand seperti filter profil influencer, mekanisme kampanye yang fleksibel, dan proses kerja menggunakan Campaign Manager. Semua ini dapat diakses dan dikelola dalam satu platform.

 

2. SociaBuzz

SociaBuzz pada dasarnya bukanlah sebuah influencer marketing platform, namun ia juga menyediakan jasa influencer. Berbeda dengan platform lain, influencer dari SociaBuzz memiliki rate card dan engagement rate yang berbeda-beda serta bersifat individu, bukan komunitas.

 

3. PopStar

PopStar merupakan salah satu influencer marketing platform yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2019. Platform ini memiliki kurang lebih 250.000 profil influencers dengan jangkauan se-Asia Tenggara.

 

4. Matamaya.id

Namun, kamu perlu ingat bahwa kamu sangat memerlukan statistik tentang pilihan influencers yang kamu ingin ajak kolaborasi. Kamu dapat merujuk pada influencer marketing platform yang tersedia di Indonesia. Namun, tidak semua platform dapat memberikan kamu tampilan lebih dekat pada profil followers, dan bahkan dapat menunjukkan apakah mereka memiliki pengikut atau engagement palsu.

Saat melihat influencer, ingatlah untuk mempertimbangkan influencer seperti apa mereka. Ketika kamu memulai, mungkin akan lebih efektif untuk bekerja dengan micro-influencer, karena mereka lebih cenderung mengatakan ya pada setiap suggestions yang kamu rasakan perlu.

Lalu bagaimana selanjutnya? Melakukan influencer marketing dan metode pemasaran lainnya di banyak platforms akan memberi peluang untuk menarik pelanggan baru. Untuk mengetahui tingkat efektivitas influencer marketing yang telah kamu lakukan berkolaborasi dengan pilihan influencer yang sesuai dengan kebutuhan brand-mu, kamu perlu memantau hasil kampanye pemasaran dari berbagai sosial media platforms.

Platform Matamaya.id merupakan social media monitoring Indonesia yang mampu melacak kinerja influencer marketing di sosial media platforms-mu dan merekam topik yang disukai audiens, sehingga kamu akan memperoleh data akurat yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja halaman di sosial media platforms-mu.

Matamaya,id dapat mengukur engagement, jangkauan, impressions, tagar, sentimen sosial, bahkan diskusi audiens untuk membantu mengidentifikasi konten yang mereka sukai sebagai masukan untuk marketing strategy yang akan kamu lakukan berikutnya atau kepada influencers yang berkolaborasi dengan brand-mu. Seluruh informasi termasuk data yang kamu butuhkan akan disajikan dalam tampilan visual dan grafis yang mudah dibaca serta dapat dengan mudah diunduh dalam format XLS atau format PPT.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.