Influencer marketing telah menjadi strategi marketing yang populer untuk menjangkau target audiens dan meningkatkan brand awareness. Namun, mengajak influencer untuk bekerja sama tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan lancar dan menghasilkan kolaborasi yang sukses.
1. Cari influencer yang tepat
Langkah pertama adalah menemukan influencer yang relevan dengan brand, target audiens, dan tujuan Anda. Berikut beberapa cara untuk menemukan influencer yang tepat:
2. Ikuti influencer di media sosial
Setelah Anda menemukan influencer yang relevan, langkah selanjutnya adalah mengikuti mereka di media sosial. Dengan mengikuti mereka, Anda menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan konten mereka. Selain itu, Anda juga akan lebih memahami gaya bicara, gaya konten, dan respon audiens mereka.
3. Berinteraksi dengan konten influencer
Setelah mengikuti influencer di media sosial, langkah selanjutnya adalah berinteraksi dengan konten mereka. Ini lebih dari sekadar menyukai postingan, tapi tentang membangun koneksi sebelum menghubungi mereka secara langsung. Berikut adalah beberapa cara untuk berinteraksi dengan konten influencer:
4. Hubungi influencer
Setelah Anda mengidentifikasi influencer yang relevan, mengikuti mereka di media sosial, dan berinteraksi dengan konten mereka, sekarang saatnya untuk menghubungi mereka melalui email, WhatsApp, atau platform komunikasi lainnya yang dipakai influencer. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjelaskan tentang brand Anda dan mengungkapkan ketertarikan untuk berkolaborasi. Agar pesan Anda menarik untuk dibaca influencer, ikuti tips berikut ini:
Membangun hubungan influencer yang sukses membutuhkan waktu dan usaha. Jangan berkecil hati jika Anda tidak menerima respon langsung. Tindak lanjuti dengan sopan dan profesional setelah beberapa hari jika perlu, tetapi hormati waktu mereka.
Langkah menentukan influencer yang tepat sangatlah penting dalam influencer marketing. Influencer yang tepat dapat membantu Anda mencapai tujuan marketing Anda dengan lebih efektif dan efisien. Untuk memudahkan Anda dalam memilih influencer yang tepat, gunakanlah Influencer analysis tools yang terdapat di Matamaya.
Matamaya mampu mengukur performa influencer secara mendalam dan cepat. Metrik yang disajikan beragam seperti halnya engagement, estimated reach, dan sentimen yang semakin membantu Anda mengetahui kualitas performa influencer yang akan Anda ajak kerja sama.
Tidak berhenti di situ, Matamaya juga bisa digunakan saat Anda sudah dalam tahap menjalankan campaign bersama influencer. Hal ini akan mempercepat Anda melakukan perbaikan atau improvisasi campaign apabila ada performa campaign yang kurang sesuai harapan.
Yuk, temukan influencer untuk bisnis Anda dan jalin kerja sama dengan mereka sekarang!