Matamaya

Kunci Sukses Menjalin Kerjasama dengan Influencer yang Berbuah Untung

Kunci Sukses Menjalin Kerjasama dengan Influencer yang Berbuah Untung
01 April 2024
Kunci Sukses Menjalin Kerjasama dengan Influencer yang Berbuah Untung - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

Influencer marketing telah menjadi strategi marketing yang populer untuk menjangkau target audiens dan meningkatkan brand awareness.  Namun, mengajak influencer untuk bekerja sama tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan lancar dan menghasilkan kolaborasi yang sukses.

 

4 Tips Mengajak Influencer Bekerja Sama

1. Cari influencer yang tepat

Langkah pertama adalah menemukan influencer yang relevan dengan brand, target audiens, dan tujuan Anda. Berikut beberapa cara untuk menemukan influencer yang tepat:

  • Sesuaikan dengan niche bisnis Anda
    Pertama, tentukan niche bisnis dan target audiens Anda terlebih dahulu. Lalu, cari influencer yang memiliki target audiens yang sama dan kontennya sesuai dengan nilai dan pesan brand Anda.

  • Bandingkan statistik dan engagement
    Jangan hanya fokus pada jumlah follower. Influencer dengan jumlah follower yang sedikit tetapi memiliki audiens yang aktif akan lebih berpengaruh dibandingkan influencer dengan jumlah follower yang banyak, tetapi audiensnya pasif. Sebaliknya, analisa engagement, estimasi reach, sentimen yang influencer dapatkan melalui Influencer Analytics.

 

2. Ikuti influencer di media sosial

Media

Setelah Anda menemukan influencer yang relevan, langkah selanjutnya adalah mengikuti mereka di media sosial. Dengan mengikuti mereka, Anda menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan konten mereka. Selain itu, Anda juga akan lebih memahami gaya bicara, gaya konten, dan respon audiens mereka.

 

3. Berinteraksi dengan konten influencer

Setelah mengikuti influencer di media sosial, langkah selanjutnya adalah berinteraksi dengan konten mereka. Ini lebih dari sekadar menyukai postingan, tapi tentang membangun koneksi sebelum menghubungi mereka secara langsung. Berikut adalah beberapa cara untuk berinteraksi dengan konten influencer:

  • Berikan komentar
    Jangan hanya meninggalkan komentar generik seperti "postingan bagus" atau "suka sekali!" Pahami konten mereka dengan cermat dan berikan komentar yang berarti dan memicu diskusi. 

    Anda juga bisa mengisi polling atau menjawab pertanyaan influencer yang ada di Story. Hal ini menunjukkan bahwa Anda ingin mengenali mereka lebih dalam. 

  • Share ulang konten
    Jika Anda menemukan konten dari influencer yang relevan dengan brand Anda, pertimbangkan untuk membagikannya di media sosial Anda. Pastikan untuk memberi kredit kepada influencer.

 

4. Hubungi influencer

Tips Menghubungi Influencer - Matamaya

Setelah Anda mengidentifikasi influencer yang relevan, mengikuti mereka di media sosial, dan berinteraksi dengan konten mereka, sekarang saatnya untuk menghubungi mereka melalui email, WhatsApp, atau platform komunikasi lainnya yang dipakai influencer. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjelaskan tentang brand Anda dan mengungkapkan ketertarikan untuk berkolaborasi. Agar pesan Anda menarik untuk dibaca influencer, ikuti tips berikut ini:

  • Personalisasi
    Hindari template generik. Personalisasikan setiap pesan dengan menyapa influencer dengan nama, menyebutkan konten tertentu yang Anda sukai, dan menjelaskan mengapa Anda percaya mereka akan menjadi pasangan yang cocok untuk brand Anda.

  • Singkat dan padat
    Buat pesan yang jelas dan ringkas yang mudah dibaca dan dipahami. Hindari perkenalan yang panjang dan langsung saja ke intinya.

  • Fokus pada nilai yang dapat Anda berikan
    Jelaskan apa yang akan mereka dapatkan ketika berkolaborasi dengan brand Anda selain dari segi kompensasi. Jelaskan hal ini secara terbuka dan transparan.

Membangun hubungan influencer yang sukses membutuhkan waktu dan usaha. Jangan berkecil hati jika Anda tidak menerima respon langsung. Tindak lanjuti dengan sopan dan profesional setelah beberapa hari jika perlu, tetapi hormati waktu mereka.

 

Siap Bekerja Sama dengan Influencer?

Langkah menentukan influencer yang tepat sangatlah penting dalam influencer marketing. Influencer yang tepat dapat membantu Anda mencapai tujuan marketing Anda dengan lebih efektif dan efisien. Untuk memudahkan Anda dalam memilih influencer yang tepat, gunakanlah Influencer analysis tools  yang terdapat di Matamaya.

Matamaya mampu mengukur performa influencer secara mendalam dan cepat. Metrik yang disajikan beragam seperti halnya engagement, estimated reach, dan sentimen yang semakin membantu Anda mengetahui kualitas performa influencer yang akan Anda ajak kerja sama.

Tidak berhenti di situ, Matamaya juga bisa digunakan saat Anda sudah dalam tahap menjalankan campaign bersama influencer. Hal ini akan mempercepat Anda melakukan perbaikan atau improvisasi campaign apabila ada performa campaign yang kurang sesuai harapan.

Yuk, temukan influencer untuk bisnis Anda dan jalin kerja sama dengan mereka sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.