Matamaya

Influencer Marketing Trends yang Bakal Populer di 2024

Influencer Marketing Trends yang Bakal Populer di 2024
19 February 2024
Influencer Marketing Trends yang Bakal Populer di 2024 - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

Influencer marketing trends 2024 diprediksi akan semakin berkembang dengan munculnya beberapa strategi baru yang lebih inovatif dan efektif. Ingin tahu strategi apa yang akan mendominasi? Jangan lewatkan informasi di artikel ini!

 

5 Influencer Marketing Trends 2024

Saat ini, tren influencer marketing cenderung menuju ke arah kolaborasi yang lebih otentik dan berkelanjutan. Brand tidak hanya mencari influencer dengan jumlah pengikut yang besar, tetapi juga fokus pada keterlibatan dan kredibilitas. Berikut prediksi tren influencer marketing yang tidak boleh dilewatkan:

  1. Hyperlocal influencer bermunculan
    Pada tren 2023, sempat disebutkan bahwa micro-influencer akan semakin banyak digunakan oleh brand. Kini, brand bukan hanya melihat influencer berdasarkan jumlah follower, tapi juga mempertimbangkan domisili dari influencer tersebut. 

    Oleh karena itu, tidak heran bahwa penggunaan hyperlocal influencer akan menjadi tren di tahun 2024. Hyperlocal influencer adalah influencer yang memiliki pemahaman mendalam tentang komunitas lokal mereka, termasuk minat, kebutuhan, dan preferensi mereka.

    Umunya, audiens dari influencer ini terkonsentrasi di area geografis yang kecil, seperti kota, desa, atau wilayah tertentu. Hyperlocal influencer memberikan keuntungan tersendiri bagi brand, seperti dapat meningkatkan brand awareness di komunitas lokal dan terbentuknya hubungan dengan audiens yang lebih terpersonalisasi.

  2. Penggunaan virtual influencer
    Kedepannya, AI bukan hanya bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan influencer dalam membuat konten, seperti mencari ide, menulis, hingga editing video. Bahkan, teknologi AI bisa dimaksimalkan untuk menciptakan influencer buatan atau biasa disebut virtual influencer.

    Layaknya influencer manusia, virtual influencer yang sekilas seperti robot ini mampu menampilkan konten-konten berupa kehidupan sehari-hari maupun ulasan produk/layanan. Salah satu contoh virtual influencer Indonesia yang terkenal adalah Arbie Seo. Pada tahun 2023, Arbie diketahui pernah bekerja sama dengan beberapa brand lokal.
    Virtual Influencer - Matamaya
  3. TikTok jadi platform utama influencer marketing
    TikTok memiliki basis pengguna dari kalangan generasi Z dan milenial yang cukup besar. Generasi ini umumnya cenderung lebih tertarik dan percaya terhadap ulasan influencer, sehingga TikTok menjadi tempat yang ideal untuk menjalankan influencer marketing.

    Selain itu, format video pendek dan kreatif di TikTok memungkinkan para influencer menampilkan kreativitas mereka walau dalam waktu singkat. Hal ini juga menjadi peluang menarik bagi brand yang ingin mempromosikan produk dengan cara yang inovatif dan menarik.

  4. Live shopping bersama influencer
    Sejak populernya TikTok, live shopping sudah menjadi strategi marketing andalan banyak brand dan trennya pun akan terus berlanjut di tahun 2024. Hal ini karena live shopping bisa memfasilitasi brand untuk berinteraksi langsung dengan audiens, memberikan ulasan produk secara real-time, dan melakukan demonstrasi produk. 

    Selain aktif melakukannya sendiri, beberapa brand juga diketahui menggandeng influencer untuk live shopping bersama demi meningkatkan viewers. Contohnya seperti yang dilakukan oleh brand skincare lokal, LABORÉ, yang mengajak Tasya Farasya mempromosikan produk mereka di live TikTok.
  5. Kemitraan jangka panjang mulai diterapkan
    Jika sebelumnya brand akan bekerja sama dengan influencer dalam waktu yang cenderung pendek, seperti hanya bekerja sama untuk campaign peluncuran produk baru. Namun, nampaknya sistem kerja sama ini akan mulai ditinggalkan dan beralih ke kemitraan jangka panjang. 

    Influencer marketing trend ini memungkinkan influencer dapat membuat konten yang lebih otentik, karena influencer akan lebih familiar dengan produk/ layanan yang dipromosikannya. Selain itu, kemitraan jangka panjang dapat membantu brand untuk meningkatkan awareness mereka di kalangan target audiens influencer tersebut. Hal ini karena influencer akan secara teratur menyebutkan brand dalam konten mereka selama periode kemitraan.

Temukan Influencer yang Tepat dan Berkualitas dengan  Matamaya

Kira-kira dari kelima tren di atas, Anda tertarik mencoba tren yang mana? Tren apa pun itu sah-sah saja untuk diikuti asalkan bisa mempermudah Anda mencapai tujuan.

Jika Anda ingin menentukan hyperlocal influencer, virtual influencer, dan jenis influencer lainnya yang tepat bagi brand Anda, Anda bisa mengetahuinya lewat Influencer analytic dari Matamaya. Beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda nikmati dari fitur ini adalah:

  • Perbandingan performa konten influencer yang personal maupun endorse untuk mengetahui efektivitas campaign
  • Pemantauan performa influencer selama campaign secara cepat guna mempermudah evaluasi KPI
  • Sentimen tentang influencer untuk memahami pandangan audiens dan kualitas influencer

Coba Matamaya sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.