Matamaya

Cara Melihat TikTok Analytics Melalui Desktop

Cara Melihat TikTok Analytics Melalui Desktop
20 December 2022
Cara Melihat TikTok Analytics Melalui Desktop - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

TikTok analytics bisa kamu manfaatkan untuk memantau keberhasilan konten. Tidak hanya bisnis saja yang perlu memantau TikTok analytics, tapi individu juga perlu terlebih jika kamu ingin menjadi kreator.

Mungkin kamu belum tahu bahwa TikTok analytics dapat diakses melalui desktop. Kamu pun tidak perlu mengunduh aplikasi TikTok untuk melihatnya. Cukup masuk melalui browser yang ada di desktop.

 

Cara Melihat TikTok Analytics Desktop

Melihat TikTok analytics desktop memiliki banyak keuntungan seperti bisa membaca analitik dengan lebih jelas dan luas. Hal ini akan mempercepatmu dalam memahami analisis.

Untuk melihat TikTok analytics desktop, kamu bisa mengaksesnya langsung dari dashboard TikTok atau TikTok analytics tracker lainnya seperti Matamaya.

a. TikTok

Cara Melihat TikTok Analytics Desktop - Matamaya

TikTok memberi keleluasaan untukmu memantau analitik di desktop. Jika kamu telah log in sebelumnya, kamu bisa langsung masuk melalui tiktok.com/analytics. Namun, kalau kamu baru saja mau mengakses melalui TikTok, berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka tiktok.com melalui browser desktop
  2. Klik ‘Log in’
  3. Log in lewat username, alamat e-mail, atau akun media sosial lainnya
  4. Setelah berhasil, klik foto profil
  5. Pilih ‘View Analytics’

b. Matamaya

Cara Melihat TikTok Analytics di Matamaya - Matamaya

Matamaya merupakan tools yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis TikTok secara komprehensif dengan visualisasi data yang menarik dan mudah dipahami. Tidak hanya akunmu saja yang bisa kamu analisis, tapi kamu bisa memonitor akun kompetitor juga. Berikut cara menganalisis TikTok melalui Matamaya:

  1. Log in melalui matamaya.id
  2. Masuk ke menu channel
  3. Pilih ‘TikTok’
  4. Klik ‘Add TikTok Profile’
  5. Masukkan username pada kolom yang tersedia

 

Cara Melihat TikTok Analytics Viewer

Salah satu metriks yang penting dipantau di platform TikTok adalah metriks viewers atau jumlah view. Jumlah view bisa menandakan seberapa besar jangkauan dari kontenmu. Melalui metriks ini kamu bisa mengetahui konten yang menarik menurut audiens.  

TikTok akan merekomendasikan konten yang memiliki engagement tinggi ke audiens yang bukan followers-mu. Dengan begitu, viewer-mu akan semakin bertambah sehingga jika kamu mengalami hal yang demikian maka besar kemungkinan kontenmu menarik audiens.

Untuk melihat jumlah viewer kamu bisa melakukan hal yang sama seperti yang ada pada langkah mengakses TikTok analytics desktop. Selanjutnya, pilih ‘Content’ untuk melihat TikTok analytics viewers secara detail. Pada menu ini, kamu dapat melihat wilayah asal viewers, sumber mereka berasal seperti halaman profil atau for you hingga durasi rata-rata mereka melihat video.

Namun, informasi yang dapat kamu akses hanyalah video yang telah kamu posting dalam kurun waktu 7 hari terakhir atau pun video yang trending. Tentunya, durasi ini lumayan sempit untuk mendapatkan sebuah insight. Oleh karena itu, kamu membutuhkan TikTok analytics tracker agar bisa menganalisis dalam waktu yang lebih lama. 

Cara Melihat TikTok Analytics Viewer - Matamaya

Matamaya dapat menjadi pilihan jika kamu ingin melihat performa video TikTok termasuk metriks viewers dalam kurun waktu hingga 2 tahun terakhir. Matamaya juga bisa kamu gunakan untuk melihat analisis akun TikTok milik orang lain seperti influencer, KOL, dan kompetitor. 

TikTok analytics viewers yang dapat kamu lihat meliputi demografi viewers, engagement, hashtag, dan mentions yang sering digunakan. Kamu dapat menggunakan filter ‘Sort by engagement’ untuk langsung mengetahui video yang paling banyak mendapatkan viewers.

Untuk mengaksesnya dapat melalui fitur ‘Overview’ dan ‘Content’. Pada fitur ‘Overview’ akan terlihat performa video secara umum, sedangkan pada ‘Content’ akan terlihat performa video secara detail. Fitur TikTok analytics ini dapat kamu akses selama 30 hari secara gratis di Matamaya.

Copyright © Matamaya 2023. Allright reserved.