Matamaya

5 Metrik Influencer Analytics untuk Menentukan Influencer yang Tepat

5 Metrik Influencer Analytics untuk Menentukan Influencer yang Tepat
15 September 2023
5 Metrik Influencer Analytics untuk Menentukan Influencer yang Tepat - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

Influencer marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam beberapa tahun terakhir. Dalam influencer marketing campaign, pemilihan influencer yang didukung dengan data dari influencer analytics tepat menjadi kunci sukses. 

Dalam artikel ini, Anda bisa mengetahui tentang cara memilih influencer yang tepat serta data apa saja yang diperlukan. Simak sampai habis, ya.

 

Manfaat Menggunakan Influencer Marketing

Sebelum membahas cara menentukan influencer yang tepat, mari kita bahas terlebih dahulu manfaat menggunakan influencer marketing.

  1. Memperluas jangkauan
    Konten yang dibagikan influencer memiliki potensi untuk dilihat oleh ribuan hingga bahkan jutaan audiens. Dengan banyaknya audiens yang berhasil dijangkau, maka akan membantu bisnis Anda dikenali oleh audiens yang sebelumnya belum terjamah. 

    Bagaimana cara memastikan bahwa influencer dapat menjangkau audiens yang luas? Anda bisa mengetahuinya melalui influencer analytics free maupun berbayar.

  2. Membangun rasa kepercayaan
    Di era sekarang bukanlah rahasia lagi bahwa banyak konsumen yang lebih percaya dengan konten influencer daripada yang dibagikan oleh brand itu sendiri. Oleh karena itu, influencer dapat dimaksimalkan untuk membangun kepercayaan target audiens.

    Review positif dari influencer akan membuat bisnis Anda lebih memiliki kredibilitas di mata audiens influencer. Dengan kata lain, audiens menjadi lebih percaya dengan kualitas produk Anda karena sudah dipromosikan oleh idolanya.

  3. Meningkatkan brand awareness
    Ketika influencer mempromosikan produk atau jasa, mereka tidak hanya mampu membangun rasa kepercayaan audiens. Namun, mereka juga dapat membuat audiensnya lebih mengingat produk atau jasa tersebut.

    Hingga nantinya, saat audiens sedang melakukan keputusan pembelian, audiens akan cenderung memilih sesuatu yang sudah dipromosikan influencer. Berdasarkan manfaat-manfaat ini, influencer marketing dapat Anda jadikan sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness.

 

Tips Jitu Menentukan Influencer yang Tepat

Tips Menemukan Influencer yang Tepat - Matamaya

Setelah mengetahui manfaat menggunakan influencer marketing, berikut adalah beberapa tips untuk menentukan influencer yang tepat untuk marketing campaign Anda:

  1. Pilih yang sesuai budget
    Sebelum memilih influencer, pastikan untuk menentukan anggaran yang tersedia untuk marketing campaign Anda. Pilihlah influencer yang sesuai dengan anggaran Anda dan pastikan bahwa biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diperoleh.

  2. Memiliki reputasi yang baik
    Pastikan influencer yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik di mata audiens. Influencer yang terpercaya akan lebih efektif dalam menarik perhatian audiens.

    Cara sederhananya untuk memastikan reputasi influencer adalah dengan memeriksa postingan-postingan influencer terdahulu. Namun, hal tersebut tentunya membutuhkan banyak waktu maka Anda dapat memanfaatkan influencer analytics tools seperti yang akan dijelaskan pada sub-bab selanjutnya.

  3. Memiliki target audiens yang sesuai dengan brand Anda
    Jumlah followers yang tinggi bukanlah faktor mutlak yang berpengaruh pada keberhasilan campaign. Hal yang tak kalah pentingnya adalah mencari tahu kesesuaian followers yang seorang influencer miliki dengan target audiens Anda.

    Misalnya, jika Anda menjual produk skincare, maka pilihlah influencer yang memiliki audiens utama wanita. Dengan target audiens yang sesuai ini maka akan membuat campaign Anda lebih tepat sasaran.

  4. Niche relevan dengan brand Anda
    Umumnya, influencer telah memiliki segmen yang spesifik, yang bahkan bisa juga susah dijangkau jika mengandalkan pemasaran tradisional. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau audiens yang minat dan kebutuhan yang spesifik tersebut.

5 Metriks untuk Memilih Influencer yang Tepat

Metrik Influencer Analytics - Matamaya

Setelah mengetahui tips untuk memilih influencer yang tepat, berikut adalah 5 metrik influencer analytics yang akan membantu Anda mendapatkan influencer yang tepat:

  1. Engagement
    Engagement dapat menggambarkan tingkat interaksi followers dengan influencer. Semakin tinggi engagement, semakin besar kemungkinan bahwa audiens akan terlibat aktif dengan konten kerja sama Anda nantinya.

    Sebaliknya, jika engagement influencer kecil, maka Anda harus berpikir dua kali sebelum memilih mereka untuk mempromosikan produk Anda. Hal ini karena konten mereka mungkin tidak menarik bagi audiens.

    Selain melihat angka engagement, Anda pun perlu memperhatikan kualitas komentar audiens mereka Apakah komentar yang diberikan relevan dengan konteks konten atau justru membahas hal lainnya (Contoh:jualan dan meminta donasi)? Apabila komentar sering didominasi dengan hal di luar konteks maka perlu dipertimbangkan untuk tidak memilih influencer tersebut.

  2. Estimated Reach
    Estimated reach adalah jumlah orang yang diperkirakan akan melihat postingan endorse influencer. Pastikan untuk memilih influencer yang memiliki estimated reach yang besar agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

  3. Followers
    Jumlah followers influencer juga menjadi faktor penting dalam memilih influencer. Namun, pastikan untuk tidak hanya memilih influencer berdasarkan jumlah followers saja, tetapi juga mempertimbangkan faktor lain seperti engagement dan niche relevan.

  4. Performa postingan endorse
    Perhatikan performa postingan endorse influencer sebelumnya. Pastikan bahwa postingan endorse mereka memiliki reach dan engagement yang cukup besar berdasarkan insight influencer analytics.

  5. Sentimen
    Sentimen adalah pandangan atau opini yang dinyatakan oleh audiens terhadap influencer atau brand Anda. Pastikan untuk memilih influencer yang memiliki sentimen positif dan terpercaya di mata audiens.

 

Dapatkan Influencer yang Tepat dengan Influencer Analytics Matamaya

Influencer Analytics Tools - Matamaya

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan influencer marketing dapat memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis. Namun, untuk menentukan influencer yang tepat diperlukan strategi dan dukungan sejumlah data.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih influencer yang tepat, gunakanlah influencer analytics tools seperti yang terdapat di Matamaya. Matamaya mampu mengukur performa influencer Instagram analytics serta platform lainnya seperti Facebook, YouTube, TikTok, dan Twitter.

Metrik yang disajikan pun beragam seperti halnya engagement, estimated reach, dan sentimen yang semakin membantu Anda mengetahui kualitas media sosial influencer. Selain itu, Matamaya juga mampu membedakan antara performa postingan personal influencer dengan postingan endorse sehingga Anda dapat mengetahui efektivitas campaign dengan tepat. 

Yuk, dapatkan free trial influencer analytics Matamaya selama 30 hari atau konsultasi dengan tim Matamaya sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.