Matamaya

Cara Mengetahui Positioning Personal Branding yang Tepat

Cara Mengetahui Positioning Personal Branding yang Tepat
24 November 2023
Cara Mengetahui Positioning Personal Branding yang Tepat - Analisis Personal Branding - Matamaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa personal branding mendatangkan banyak manfaat bagi individu ataupun pekerjaan/ bisnis yang dimiliki individu tersebut. Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong untuk melakukan personal branding sehingga persaingan semakin ketat.

Dalam hal ini, memantau positioning personal branding dengan kompetitor sangat penting karena hal ini memberikan informasi yang berharga dalam memahami sejauh mana kita dapat bersaing dan membedakan diri dari pesaing dalam pasar yang kompetitif. 

Dengan memantau positioning personal branding dengan kompetitor di Personal Branding Analytics, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang posisi kita di pasar dan menentukan personal branding strategy yang tepat.

 

Langkah-langkah Mengetahui Positioning Personal Branding Dibandingkan Kompetitor

Menerapkan langkah-langkah yang tepat bisa membantu Anda mengetahui positioning personal branding secara efektif. Setidaknya terdapat 3 langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu: 

  1. Membandingkan pesan personal branding Anda dengan kompetitor
    Perbandingan pesan atau topik personal branding di media sosial ini membantu Anda untuk mengetahui peluang untuk menawarkan nilai tambah yang berbeda dari kompetitor. Untuk membandingkannya, Anda dapat meninjau beberapa hal berikut:
    -Apa yang menjadi fokus utama dari personal branding kompetitor? 
    -Apakah ada kesamaan atau perbedaan yang mencolok antara Anda dan kompetitor?
    -Nilai apa yang ingin ditekankan kepada target audiens?

  2. Mengamati respon audiens
    Langkah selanjutnya adalah menganalisis tingkat engagement dan sentimen terhadap pesan maupun topik yang difokuskan oleh Anda maupun kompetitor. Respon audiens membantu Anda dalam menilai seberapa efektif pesan yang Anda sampaikan dalam personal branding dalam mempengaruhi audiens. 

    Apakah audiens merespons positif? Apakah respon tersebut relevan dengan pesan yang disampaikan? atau apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan dalam menyampaikan pesan?

  3. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
    Dengan mengevaluasi kekuatan Anda dibandingkan kompetitor, Anda bisa mengenali nilai unik yang bisa Anda jadikan pembeda dari kompetitor. Misalnya, Anda lebih disukai oleh audiens ketika membicarakan topik kesehatan anak dibandingkan kesehatan lansia. Selanjutnya, Anda bisa lebih konsisten membicarakan topik kesehatan anak dan membangun komunikasi yang lebih relevan dengan audiens yang menyukai topik tersebut.

    Penting juga untuk memahami kelemahan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas personal branding Anda. Dengan memahami kedua aspek ini, Anda dapat memposisikan diri Anda secara lebih kuat dalam benak audiens dan mencapai tujuan personal branding marketing Anda dengan lebih baik.

 

Apakah Positioning Personal Branding Bisa Diketahui Lewat Tool?

Positioning Personal Branding - Matamaya

Tentunya, bisa! Melalui Matamaya, Anda bisa mengetahui posisi Anda maupun kompetitor melalui fitur Popularity dan Favorability yang ada di Personal Branding Analytics. Selain itu, tersedia pula chart yang dapat memvisualisasikan kekuatan dan kelemahan di tiap kategori personal brand Anda dan kompetitor. 

Tanpa harus menghabiskan banyak untuk mengamati perkembangan kompetitor di media sosial dan media online satu per satu, kini Anda sudah bisa mendapatkan insight kompetitor secara mudah, cepat, dan akurat. 

Yuk, gunakan Matamaya sekarang juga dan tingkatkan personal branding Anda dengan cara klik di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.