Memilih niche dalam personal branding merupakan langkah krusial dalam membangun identitas online yang kuat. Niche ibarat fondasi yang menopang personal branding Anda agar lebih fokus dan menjangkau audiens yang tepat.
Berikut beberapa alasan Anda perlu menentukan niche personal branding:
Menentukan niche personal branding bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang diri sendiri, serta analisis pasar yang cermat untuk menemukan titik tengah antara keahlian dan minat yang menarik bagi audiens.
Anda bisa memanfaatkan Personal Branding Analytic yang disajikan Matamaya untuk menemukan insight terkait target audiens, kompetitor, industri, serta topik bahasan yang Anda minati dan kuasai. Insight ini bisa dimanfaatkan untuk menentukan strategi dan persona yang bisa Anda terapkan agar lebih relevan dengan audiens.
Beberapa insight dari Matamaya yang mampu membantu Anda memahami audiens dan mengevaluasi niche yang Anda pilih: