Matamaya

4 Metrik Utama untuk Mengukur Keberhasilan Personal Branding

4 Metrik Utama untuk Mengukur Keberhasilan Personal Branding
22 November 2023
4 Metrik Utama untuk Mengukur Keberhasilan Personal Branding - Analisis Personal Branding - Matamaya

Untuk mengetahui keberhasilan personal branding Anda, tentunya dibutuhkan indikator untuk mengukurnya. Indikator tersebut umumnya berupa beberapa metrik Personal Branding Analytics yang mencakup mention volume, sentimen, share of voice, dan personal brand positioning. 

Seperti apa penjelasan masing-masing metrik tersebut? Berikut penjelasan detailnya. Simak sampai habis, ya!

  1. Mention Volume 
    Mention volume menjadi metrik yang krusial dalam personal branding karena mencerminkan seberapa sering nama serta kategori topik yang berhubungan dengan Anda disebutkan audiens. Semakin sering disebutkan, semakin besar awareness audiens terhadap Anda. 

    Begitu pula dengan kategori topik yang Anda miliki, apabila suatu kategori semakin banyak dibicarakan maka dapat menunjukkan bahwa kategori tersebut dianggap penting atau menarik bagi audiens. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih memahami citra dan pengaruh Anda di dunia digital.

  2. Sentiment
    Selanjutnya adalah metrik yang dapat mencerminkan penilaian atau pandangan audiens terhadap personal branding Anda. Apakah respons mereka positif, negatif, atau netral?

    Ketika audiens menganggap Anda menunjukkan value atau memberikan dampak yang baik, mereka cenderung akan memberikan sentimen positif. Sebaliknya, jika Anda dianggap menyalahi aturan atau tidak sesuai ekspektasi audiens maka mereka cenderung memberikan sentimen negatif. 

    Informasi sentimen ini menjadi begitu penting untuk Anda ketahui karena dapat mempengaruhi pandangan audiens di masa mendatang dan mempengaruhi keberhasilan personal branding yang Anda bangun. Oleh karena itu, Anda perlu memahami dan merespons setiap sentimen dengan bijaksana untuk memperkuat citra dan reputasi Anda.

  3. Share of Voice (SOV)
    SOV dapat menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam personal branding karena memberikan gambaran konkret tentang seberapa besar eksposur Anda dibandingkan dengan kompetitor dalam lingkup persaingan yang sama.
    Share of Voice - Matamaya
    Ketika sebuah kategori topik mendapatkan SOV yang besar, itu menunjukkan bahwa kategori tersebut memiliki daya tarik dan relevansi yang tinggi di kalangan audiens. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Anda untuk terlibat aktif dalam percakapan, baik untuk tujuan informasi, edukasi, atau bahkan membangun awareness.

    Sebaliknya, jika SOV kecil maka perlu adanya pengembangan personal branding strategy yang lebih efektif. Anda bisa mulai dengan lebih fokus ke platform tertentu, menyajikan konten yang lebih menarik, atau membuat pendekatan komunikasi yang lebih relevan.

  4. Positioning
    Personal brand positioning untuk mengetahui tingkat penerimaan audiens terhadap citra diri yang sudah dibangun di media sosial dan media online. Jika positioning personal brand Anda bagus, kemungkinan besar audiens menerima Anda dengan positif.

    Informasi positioning dapat membantu Anda dalam mengetahui strategi yang kurang berhasil. Tahap selanjutnya, Anda dapat melakukan penyesuaian untuk memperbaiki citra dan mendapatkan kembali kepercayaan serta dukungan dari audiens.

 

Peroleh Insight untuk Keberhasilan Personal Branding Anda dengan Matamaya

Matamaya adalah tools yang menyajikan Personal Branding Analytics yang dapat membantu Anda memantau reputasi, persepsi audiens, maupun tingkat popularitas di media sosial dan media online. 

Dengan Matamaya, Anda dapat mengetahui ketercapaian tiap metrik di atas dan menemukan peluang untuk mengembangkan strategi selanjutnya. Selain itu, Anda juga dapat menemukan kata kunci dan memahami detail percakapan yang berkaitan dengan Anda, kompetitor, dan kategori melalui Word Cloud. 

Nah, sudah tahu, ‘kan, metrik serta tools yang Anda perlukan untuk memperoleh insight personal branding? Supaya citra diri dan reputasi Anda makin meningkat, simak personal branding tips lainnya di website Matamaya!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.