Clickbait, permainan algoritma, atau mengharapkan video-mu viral bukanlah kunci kesuksesan pemasaran menggunakan YouTube. Kunci kesuksesan sebenarnya terletak pada peningkatan yang konstan. Memahami demografi audiens-mu adalah salah satu cara untuk dapat membuat konten berkualitas tinggi, namun kamu juga perlu menciptakan hubungan yang baik dengan audiens.
Untuk dapat melakukan hal-hal tersebut, kamu membutuhkan bantuan YouTube analytics yang siap memberikan petunjuk tentang bagaimana kamu dapat mengoptimalkan strategi video yang sukses, dimana kontenmu akan banyak membuat viewer terpaku dan membuat mereka mengklik bahkan menshare video yang kamu bagikan.
Sekarang, setelah kamu memahami tujuan penggunaan YouTube analytics, kami akan membagikan bagaimana cara menggunakan YouTube analytics untuk menilai performance strategi video yang kamu jalankan.
Bagaimana jika analytics benar-benar dapat menghasilkan uang, dan membantu menentukan target audience?
YouTube analytics dapat melakukan hal tersebut. Kamu hanya perlu tahu di mana dan apa yang harus dicari. Jumlah insights yang dapat kamu kumpulkan tentang audiens dan kemampuan untuk mengukur preferensi mereka terhadap kontenmu dapat dilakukan melalui analytics tools.
Jika kamu baru memulai dan ingin mengetahui fitur-fitur dasar dalam YouTube analytics sebelum beralih pada analytics tool yang menyediakan metrik dan analisis mendalam tentang audiens dan performance videomu, kamu dapat mencoba analytics yang disediakan aplikasi YouTube sendiri dan itu bersifat gratis.
YouTube menyediakan YouTube analytics gratis yang memiliki skala waktu default 28 hari. Sebelum dapat memperoleh manfaat besar dari YouTube analytics, tentunya kamu perlu mengetahui cara menggunakan YouTube analytics. Berikut cara yang telah kami rangkum dan sederhanakan untuk memudahkanmu memulainya.
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka halaman Analytics dan kamu akan langsung melihat grafik utama di tengah dashboard. Kamu dapat menggunakan drop-down di sudut kanan atas untuk mengubah skala waktu menjadi bulanan hingga harian, atau “all time”.
Setelah memilih skala waktu, YouTube analytics dashboard akan berubah dan menampilkan beberapa bagian. Semua bagian/ fitur dilengkapi simbol naik atau turun yang dapat membantumu mengetahui apakah angka statistik mengalami peningkatan atau penurunan dari periode sebelumnya dan ini akan berguna untuk melacak kinerja channel YouTube-mu dari waktu ke waktu.
Bagian-bagian yang ditampilkan dalam dashboard, antara lain:
Seiring berjalannya waktu, YouTube analytics semakin mengalami perkembangan. Kini YouTube memungkinkan kamu yang memiliki akun Google untuk dapat mengunggah video ke channel YouTube-mu dengan bantuan YouTube analytics connector.
YouTube analytics connector memungkinkan kamu menggunakan YouTube analytics data studio untuk melaporkan data analytics tentang channel YouTube yang kamu miliki. Kamu hanya cukup masuk ke Google Data Studio, lalu memilih Data Source dan YouTube Analytics connector, lalu memberikan otorisasi akses ke Data Studio-mu.
Setelah memberikan akses ke data set, kamu akan dapat terhubung dengan channel data YouTube melalui beberapa opsi, yakni:
Matamaya merupakan alat analitik yang menawarkan fitur terbaik untuk mengoptimalkan channel YouTube-mu. Meskipun halaman Analytics default yang disediakan oleh YouTube atau in-app sudah cukup bagus, tetapi Matamaya bahkan lebih baik karena memiliki beberapa metrik yang lebih menarik.
Alat analitik ini memberikan semua yang kamu butuhkan untuk memahami channel YouTube bisnismu mulai dari memantau kinerja video, pertumbuhan pelanggan, tingkat engagement hingga memahami posisi kompetitif-mu. Alat ini mencakup semua analisis dasar yang kamu perlukan untuk dapat mengoptimalkan channel YouTube bisnismu dengan mengumpulkan data yang andal untuk dapat berkinerja lebih baik di platform YouTube.
Dalam Matamaya YouTube Analytics, kamu akan memperoleh berbagai metrik penting yang diperlukan untuk menilai kinerja video. Salah satu metrik penting untuk dilacak adalah impressions dan competition tracking.
Impressions yang disediakan Matamaya dapat memberikan gambaran tentang bagaimana videomu berjalan dengan algoritma YouTube. Hal menyenangkan dari Matamaya adalah kamu dapat melakukan update secara langsung tanpa harus menunggunya berhari-hari.
Sementara itu, competition tracking (benchmark) yang disediakan Matamaya memungkinkanmu untuk membandingkan kinerja channel-mu dengan kompetitor di bidang industri sejenis. Mengapa Matamaya melihat competition tracking sangat penting? Melakukan competition tracking sangat penting karena dapat memberitahumu banyak hal tentang strategi pembuatan konten yang dapat menjangkau lebih banyak audiens untuk kepentingan kemajuan bisnismu.
Dengan bantuan monitoring kompetitor, kamu dapat melacak tren di platform dan menyusun konten yang sesuai. Selain itu, video brand pesaingmu juga dapat membantu mengetahui apa yang berhasil di industri yang kamu jalankan, misalnya brand pesaingmu mendapatkan views maksimum untuk video tips and trick, maka mungkin kamu harus mulai membuat kurasi video pada topik yang sama.
Lebih lanjut, Matamaya competition tracking memungkinkanmu untuk memeriksa postingan yang memiliki kinerja terbaik yang bersumber dari channel kompetitor, bagaimana pengguna YouTube bereaksi terhadap video tersebut, dan fitur lanjutan untuk melacak setiap postingan menggunakan keywords.
Selain analisis terkait konten video, Matamaya juga dapat melakukan YouTube analytics demografi yang berguna untuk mengetahui apakah kontenmu tepat sasaran. Hal ini karena niche memiliki basis audiens spesifik, sehingga kamu perlu mengetahui apakah strategi kontenmu sudah tepat untuk target audience-mu. Meskipun kontenmu mendapatkan banyak engagement, namun itu tidak mencerminkan ROI. Dengan demikian, mendefinisikan audiens sangat penting. Ini dapat kamu lakukan dengan melihat metrik beragam yang disediakan content pillar Matamaya.
Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan, secara ringkas analisis yang dapat dilakukan Matamaya, diantaranya: