Matamaya

Cara Meningkatkan Performa YouTube Analytics dengan YouTube SEO

Cara Meningkatkan Performa YouTube Analytics dengan YouTube SEO
28 June 2023
Cara Meningkatkan Performa YouTube Analytics dengan YouTube SEO - Analisis Performa YouTube - Matamaya

YouTube SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat video di YouTube. YouTube SEO dapat membuat video kamu muncul di hasil pencarian dan mendapatkan lebih banyak penonton sehingga performa YouTube analytics pun akan semakin baik.

Mengapa Harus Melakukan YouTube SEO?

YouTube memiliki algoritma yang hampir sama dengan Google, yaitu berdasarkan pencarian. Hal ini dapat kamu lihat ketika mengetikkan suatu pencarian di YouTube maka akan muncul video yang berkaitan dengan pencarianmu.

YouTube akan menilai video berdasarkan judul, deskripsi, dan metadata. Tidak hanya itu, sejumlah metrik YouTube analytics berupa jumlah viewer, komentar, like, dan waktu tonton juga menjadi metrik penentu pemeringkatan video.

Cara Melakukan YouTube SEO

Meskipun algoritmanya hampir sama dengan Google, tapi cara mengoptimasinya cukup berbeda. Berikut cara yang bisa kamu terapkan agar kontenmu semakin teroptimasi. Yuk, simak!

  1. Optimasi judul
    Apakah kamu sering melihat judul video yang clickbait? Sebenarnya, kamu perlu menghindarinya meskipun performa YouTube analytics kamu meningkat. Judul yang menyesatkan atau clickbait hanya akan merusak reputasi akunmu.

    Sebaliknya, kamu justru perlu menggunakan judul yang relevan dengan isi video. Pastikan juga judulnya tidak lebih dari 60 karakter agar tetap terlihat utuh di hasil pencarian.
     
  2. Gunakan tag
    Tag berbeda dengan hashtag. Tag merupakan fitur yang memang diciptakan khusus oleh YouTube untuk mengoptimasi kontenmu dan meningkatkan performa YouTube analytics. Kamu memiliki kesempatan untuk memasukkan maksimal 500 karakter dalam tag.

    Kamu bisa memasukkan keyword yang relevan dengan konten, brand, bahkan kompetitor sekalipun. Misalnya, kontenmu membahas tentang review smartphone series terbaru maka masukkan keyword “unboxing”, “nama brand smartphone”, “series smartphone”, dan lainnya.
    Tag pada YouTube SEO - Matamaya
  3. Menambahkan subtitle pada video
    Selain dapat membantu pemirsa memahami isi video dengan lebih baik, subtitle dapat meningkatkan pencarian YouTube. Hal ini karena YouTube menggunakan teks pada subtitle sebagai salah satu faktor dalam algoritma pencariannya. 

    Dengan menambahkan subtitle, kamu memberikan informasi tambahan pada mesin pencari YouTube sehingga meningkatkan visibilitas video dalam hasil pencarian. Lebih baik lagi jika terdapat beberapa pilihan bahasa sehingga bisa sekaligus memaksimalkan YouTube analytics by country.
    YouTube Analytics by Country - Matamaya
  4. Bereksperimen dengan durasi video
    Waktu tonton merupakan metrik YouTube analytics juga menjadi salah satu faktor penentu pemeringkatan video. Semakin banyak waktu yang dihabiskan audiens untuk menonton video, semakin baik untuk YouTube SEO kamu. 

    Oleh karena itu, kamu perlu bereksperimen dengan durasi video yang disukai oleh target audiensmu karena tidak semua orang suka dengan video yang panjang. Kamu juga bisa meminta mereka untuk menonton sampai habis atau memberikan kejutan di tengah video agar audiens tidak bosan.

Tips tambahan: jangan lupa untuk membagikan kontenmu seperti melalui URL untuk meningkatkan jumlah penonton. Kamu bisa memantau hasil YouTube analytics by URL pada dashboard YouTube Studio.

Ingin Membuat Performa Kontenmu Lebih Baik Lagi?

YouTube SEO memang merupakan cara yang tepat untuk membuat kontenmu lebih banyak dijangkau banyak orang. Namun, jangan lupa juga untuk tetap fokus  memberikan konten berkualitas kepada target audiens.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan insight dari YouTube analytics. Insight ini akan membuatmu semakin paham strategi optimasi yang bisa tetap kamu terapkan.
YouTube Analytics by Channel - Matamaya

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui insight dari kompetitor dengan memanfaatkan YouTube analytics by channel. Salah satu tools lokal bernama Matamaya dapat menyajikan perbandingan performa antar kompetitor.

Lebih detailnya lagi, Matamaya juga menampilkan postingan teratas dari para kompetitor. Perbandingan ini dapat kamu gunakan untuk melihat strategi optimasi yang sudah dilakukan kompetitor.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.