Matamaya

6 Tips Meningkatkan Performa YouTube, Content Analysis Salah Satunya!

6 Tips Meningkatkan Performa YouTube, Content Analysis Salah Satunya!
20 October 2023
6 Tips Meningkatkan Performa YouTube, Content Analysis Salah Satunya! - Analisis Performa YouTube - Matamaya

Sebelum munculnya tren video vertikal YouTube telah menjadi panggung utama bagi para pembuat konten, di mana jutaan video diunggah setiap harinya. Namun, bukan berarti sekarang YouTube sudah sepi peminat. YouTube tetap patut dipertimbangkan sebagai platform untuk berkomunikasi kepada audiens dan meningkatkan awareness.

Dalam persaingan yang semakin ketat ini, bagaimana agar channel YouTube dapat menjangkau audiens lebih luas? Jawabannya dengan menerapkan tips yang ada di artikel ini, salah satunya melakukan content analysis.

 

Tips Meningkatkan Performa YouTube

Tips Meningkatkan Performa YouTube

Ada beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan performa video Anda. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Meningkatkan kualitas konten
    Kualitas konten bisa mengacu pada relevansi dan kebermanfaatan informasi atau hiburan yang disajikan dalam video. Video yang mengandung informasi yang akurat dan bermanfaat, atau hiburan yang menarik, cenderung dianggap memiliki kualitas yang lebih baik.

    Kualitas konten juga terkait dengan tingkat kreativitas dalam penyajian ide atau materi. Video yang memadukan ide-ide segar, gaya yang unik, dan cara penyampaian yang menarik dapat meningkatkan kualitas konten.

  2. Konsisten
    Buat jadwal untuk mengunggah video secara teratur. Konsistensi dapat membantu membangun audiens yang setia.

    Selain itu, algoritma YouTube cenderung memberikan prioritas pada channel yang memiliki konsistensi. Jika Anda mengunggah secara teratur, YouTube lebih mungkin merekomendasikan video Anda kepada lebih banyak audiens.

  3. Responsif terhadap komentar
    Menanggapi komentar audiens adalah cara yang baik untuk memicu keterlibatan dan interaksi pada tiap video Anda. Ketika audiens mengetahui Anda aktif merespons komentar mereka, mereka pun merasa dihargai sehingga kedepannya cenderung berpartisipasi lebih aktif lagi. 

    Responsif terhadap komentar juga dapat membantu Anda mendapatkan masukan dan ide. Mereka bisa saja mengajukan pertanyaan yang bisa Anda jawab di video selanjutnya.
    Tips Meningkatkan Viewer - Matamaya
  4. Memanfaatkan fitur-fitur YouTube
    Fitur-fitur YouTube yang dapat Anda manfaatkan yaitu tag, subtitle, dan end screen. Tag adalah kata kunci yang dapat membantu orang menemukan video Anda di YouTube. Anda dapat menambahkan tag yang relevan dengan video Anda.

    Fitur selanjutnya yaitu subtitle yang dapat  memberikan informasi tambahan pada mesin pencari YouTube sehingga meningkatkan visibilitas video dalam hasil pencarian. Sementara itu, end screen adalah tampilan yang muncul di akhir video Anda. Anda dapat menggunakan end screen untuk mengarahkan audiens ke video lain di YouTube Anda.

  5. Promosi dan kolaborasi
    Promosikan video Anda di media sosial lainnya dengan mencantumkan link ke video YouTube yang Anda inginkan. Anda juga bisa berkolaborasi dengan YouTube content creator lainnya untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

  6. Melakukan content analysis secara teratur
    Tips yang tak kalah penting selanjutnya adalah melakukan content analysis secara mingguan atau bulanan. Content analysis YouTube adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data dari video yang diunggah ke platform YouTube.

    Dengan melakukannya, Anda dapat mengetahui jenis konten yang suka ditonton oleh audiens serta respon yang mereka berikan. Informasi ini dapat membantu Anda membantu keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan performa video Anda.

 

Metrik YouTube Analytics

Untuk melakukan content analysis video, Anda dapat menggunakan metrik YouTube Analytics. Berikut metrik-metrik yang dapat Anda gunakan:

  1. Video Views 
    Video views adalah frekuensi video Anda ditonton oleh audiens YouTube. Tampilan dapat memberikan gambaran tentang seberapa populer video Anda.

  2. Engagement
    Engagement adalah jumlah interaksi yang diberikan audiens pada video Anda yaitu berupa like, dislike dan komentar. Metrik ini sangat penting pada content analysis untuk memberi petunjuk tentang video yang menarik bagi audiens Anda.

  3. Subscribers Growth
    Subscribers growth adalah tingkat pertumbuhan orang yang berlangganan atau mengikuti channel YouTube Anda. Identifikasi setiap tren positif dan negatif pada subscribers growth sebagai informasi untuk menemukan peluang mengembangkan akun lebih besar lagi.

Tips Meningkatkan Subscribers - Matamaya

Rekomendasi Tools untuk Content Analysis YouTube Videos

Matamaya adalah tools yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan data-data performa yang penting di YouTube. Dalam Matamaya, Anda dapat melihat detail video views, total engagement, average engagement, subscriber growth, performa kompetitor, dan lainnya.

Selain itu, terdapat fitur unggulan di Matamaya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan content analysis secara mendalam. Matamaya dapat menyajikan analisis berdasarkan content pillar yang Anda miliki sehingga Anda dapat mengetahui keefektifan tiap content pillar. Menarik, 'kan?

Dengan menggunakan panduan dan tools yang sudah disebutkan, Anda dapat meningkatkan performa video Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas. Teruslah memahami audiens Anda beradaptasi dengan perubahan di YouTube untuk memastikan video Anda tetap relevan dan menarik bagi mereka.

Content analysis YouTube - Matamaya

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.