Matamaya

6 Manfaat YouTube Shorts untuk Bisnis

6 Manfaat YouTube Shorts untuk Bisnis
30 January 2024
6 Manfaat YouTube Shorts untuk Bisnis - Analisis Performa YouTube - Matamaya

Tren video pendek terus berkembang pesat dan menjadi semakin populer di kalangan pengguna media sosial. Tren ini pun diadopsi oleh YouTube dan terciptalah YouTube Shorts.

Oleh karena itu, Shorts dikenal sebagai fitur YouTube yang powerful untuk strategi pemasaran bisnis masa kini. Setidaknya, ada 6 manfaat Shorts untuk bisnis yang bisa Anda nikmati. Berikut detailnya:

 

Manfaat YouTube Shorts untuk Bisnis

  1. Meningkatkan visibilitas bisnis
    Dengan menggunakan YouTube Shorts, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas karena Shorts akan muncul di bagian "Shorts" maupun "Home".  Sebab itu, YouTube Shorts merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan peluang konten Anda dilihat oleh audiens yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan Anda.

  2. Meningkatkan engagement
    Shorts sering kali mendapatkan engagement yang tinggi karena durasinya yang pendek. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menarik perhatian audiens dengan cepat dan menjaga mereka terlibat dengan konten yang disajikan.

  3. Bisnis bisa lebih up-to-date
    Jika dibandingkan dengan video YouTube biasa, Shorts lebih cepat dan mudah dibuat. Kemudahan ini memungkinkan bisnis Anda untuk tetap relevan dengan tren konten yang sedang berkembang di media sosial. Dengan mengikuti tren ini, bisnis dapat menarik perhatian penonton yang lebih besar dan meningkatkan engagement.

  4. Memperluas cakupan konten
    Manfaat YouTube Shorts - Matamaya
    Shorts memberikan kesempatan bagi bisnis untuk eksperimen dengan berbagai jenis konten, termasuk cuplikan produk, tutorial singkat, dan lainnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens dengan cara yang berbeda dan meningkatkan variasi konten.

  5. Meningkatkan kesempatan viral
    Dengan durasi yang singkat, potensi untuk menarik perhatian dengan cepat, YouTube Shorts memiliki kesempatan besar untuk menjadi viral. Konten yang menarik, lucu, atau unik dapat dengan mudah dibagikan oleh penonton, meningkatkan visibilitas dan potensi mencapai audiens yang lebih luas secara organik.

  6. Meningkatkan views video lain
    Salah satu fitur Shorts yang bisa digunakan untuk meningkatkan video Anda yang lain adalah related video. Anda dapat menautkan link video di Shorts dan mengarahkan audiens untuk melihat video tersebut. Dengan memasukkan link tersebut, maka audiens akan lebih terpapar dengan video-video Anda.

Kesimpulan

Analisis YouTube Shorts - Matamaya

YouTube Shorts menawarkan potensi besar bagi bisnis dan para content creator untuk menjangkau audiens dengan cara yang lebih kreatif dan interaktif. Dengan memanfaatkan kelebihan YouTube Shorts, Anda dapat menciptakan konten yang menarik dan memperluas jangkauan audiens. 

Untuk bisa terus meningkatkan performa YouTube Shorts, lakukan pemantauan dan analisis terhadap konten yang telah Anda buat. Anda dapat melakukannya dengan bantuan YouTube analytic tool dari Matamaya.

Terdapat fitur unggulan di Matamaya yang bisa Anda gunakan untuk lebih memaksimalkan performa YouTube Shorts yaitu analisis berdasarkan content pillar yang Anda miliki. Terdapat pula benchmark kompetitor berdasarkan metrik likes, comments, dislikes, dan video views. Yuk, coba Matamaya sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.