Matamaya

5 Fitur YouTube Analytics untuk Meningkatkan Performa Video

5 Fitur YouTube Analytics untuk Meningkatkan Performa Video
31 January 2023
5 Fitur YouTube Analytics untuk Meningkatkan Performa Video - Analisis Performa YouTube - Matamaya

YouTube analytics strategy adalah sebuah rencana yang digunakan oleh pemilik channel YouTube untuk mengukur dan meningkatkan performa video mereka. Hal ini meliputi penggunaan data analitik untuk menentukan konten apa yang paling populer dan efektif, serta tindakan yang diambil untuk meningkatkan jumlah tonton, subscribers, dan engagement. Strategi ini bertujuan untuk membantu pemilik channel mencapai tujuannya, seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan pendapatan, atau menjangkau audiens baru.

 

Peran YouTube Data Strategy bagi Kemajuan Bisnis

YouTube data strategy memainkan peran penting dalam memastikan sukses dan efisiensi dalam bisnis. Ini melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk memahami audiens, preferensi konten, dan tren industri. Dengan memahami data ini, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dan menentukan arah bisnis yang tepat. 

  1. Memahami audiens
    Data yang dikumpulkan oleh YouTube dapat berupa data demografis pengguna, tingkat engagement, dan interaksi dengan konten. Rincian informasi meliputi usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan riwayat pencarian. Data ini digunakan untuk memahami audiens dan menyesuaikan konten untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka. 

  2. Memahami tren
    YouTube analytics juga membantu YouTube memahami tren industri dan memprediksi perkembangan di masa depan. Selain menganalisis tren pasar, bisa juga dengan menganalisis kompetitor atau industri lain. Ini membantu perusahaan mengambil keputusan strategis dan memastikan mereka berada di jalur yang benar untuk sukses jangka panjang.

  3. Membantu dalam penentuan rekomendasi
    Setelah melakukan identifikasi demografi dan tren, data tersebut diterjemahkan menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan melalui proses interpretasi data. Hasil akhir dari interpretasi data adalah pemahaman yang lebih baik tentang audiens dan pasar, serta arahan atau rekomendasi yang jelas untuk menentukan tindakan bisnis yang tepat. 

 

Top 5 Fitur YouTube Analytics

Fitur YouTube Analytics - Matamaya

YouTube analytics sangat penting bagi kreator video untuk memastikan video mereka dapat memikat audiens dan memberikan hasil yang baik. Terdapat beberapa metrik penting yang perlu diketahui seperti jumlah subscriber, durasi penayangan rata-rata, laporan keterlibatan video, subscriber dari video, dan sumber traffic. YouTube analytics data dapat membantu kreator video untuk membuat skrip video yang menarik dan meningkatkan performa channel mereka.

  1. Jumlah subscriber
    Jumlah subscriber dapat memberikan gambaran tentang jumlah penayangan yang bersifat organik, yaitu penayangan yang tidak didapat dari promosi berbayar. Umumnya sekitar 8-12% dari jumlah subscriber akan dikonversi menjadi penonton. Contohnya jika kamu memiliki 20.000 subscriber, maka kamu bisa mendapatkan 1.600-2.400 penayangan per video. 

  2. Durasi penayangan rata-rata
    Banyak dari konten kreator YouTube menganggap metrik YouTube analytics data sebagai metrik yang berharga. Durasi penayangan rata-rata adalah total waktu tonton video dibagi dengan jumlah total pemutaran video, termasuk pemutaran ulang. 

    Dengan mengetahui durasi ini, kamu dapat membuat skrip video yang sesuai dengan waktu menonton. Umumnya, durasi penayangan rata-rata yang baik antara 50%-60%. Kemudian, video yang durasi penayangan rata-rata lebih dari 70% dianggap berperforma sangat baik.

  3. Laporan keterlibatan video
    Performa seluruh channel akan ditentukan oleh seberapa menarik video kamu bagi pemirsa. Semakin menarik videonya, semakin banyak suka, komentar, bagikan, dan subscriber yang kamu dapatkan. Jika kamu mendapatkan engagement rate sebesar 1%, maka dapat dikatakan engagement video kamu sudah baik. Misalnya, saat video ditayangkan sekitar 300 kali terdapat 2 suka dan 1 komentar.

  4. Subscriber dari video
    Orang akan menjadi pelanggan dari sebuah channel jika konten yang ada di dalamnya relevan dan menarik. Kamu dapat melacak jumlah subscribers yang didapatkan setiap hari melalui YouTube analytics data. 

    Jika dari setiap 100 kali penayangan kamu mendapat penambahan subscriber sekitar 1% atau 1 subscribers, maka itu pertumbuhan subscriber dapat dikatakan baik dan video cukup menarik. Apabila belum mencapai jumlah sesuai harapan, kamu dapat membuat konten yang lebih menarik dan relevan. 

  5. Sumber traffic (Video yang disarankan)
    Video yang disarankan merupakan video yang tercantum di sisi kanan layar untuk diputar (di perangkat seluler, video tersebut berada di bawah pemutaran video) merupakan salah satu sumber lalu lintas teratas. Untuk mendapatkan lebih banyak traffic dari video yang disarankan, kamu perlu membuat gambar mini yang relevan dan menarik dengan judul yang menarik.

 

Matamaya YouTube Analytics

Matamaya YouTube Analytics - Matamaya

Matamaya YouTube analytics adalah Youtube analytics tool yang berguna untuk memantau dan menganalisis performa video YouTube. Matamaya YouTube analytics membantu kamu memahami bagaimana audiens menanggapi konten. Melalui data yang tersaji inilah kamu dapat membuat strategi untuk meningkatkan performa channel. Fitur-fiturnya meliputi:  

  • Analisis audience, seperti lokasi geografis, jenis kelamin, dan usia 
  • Analisis kinerja konten, seperti jumlah penayangan, suka, komentar, dan bagikan
  • Analisis kompetitor, membandingkan performa video dengan kompetitor dalam industri yang sama. 

Fitur ini dapat kamu nikmati secara gratis selama 30 hari di Matamaya. Kamu bisa mulai mencobanya dengan mengunjungi halaman Sign Up. Yuk, coba gratis Matamaya untuk bantu mengoptimalkan performa kamu di YouTube!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.