Matamaya

Twitter (X) Listening: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Tool

Twitter (X) Listening: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Tool
22 December 2023
Twitter (X) Listening: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Tool - Analisis Performa Twitter - Matamaya

Pada platform Twitter (X), sering kali muncul tren dan topik percakapan yang menjadi fokus perhatian atau minat yang besar dari audiens Twitter. Sangat disayangkan jika tidak dapat memperoleh insight dari percakapan tersebut karena terkadang topik yang dibicarakan terkait dengan kompetitor atau industri yang relevan bagi brand Anda. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan Twitter listening demi mendapatkan informasi berharga tersebut. Apa itu Twitter listening? Bagaimana cara melakukannya? Cari tahu jawabannya di artikel ini!

 

Pengertian Twitter Listening?

Twitter listening adalah proses memantau, mendengarkan, memahami, dan menganalisis percakapan yang terjadi di platform media sosial Twitter (X). Terdapat beberapa macam informasi yang bisa dipantau di Twitter, yaitu:  

  • Brand listening
    Brand listening berfokus untuk memahami percakapan terkait brand atau produk tertentu di Twitter. Dengan listening ini, brand bisa memahami bagaimana respon dan persepsi audiens terhadap mereka.

  • Competitor listening
    Competitor listening sangat penting bagi bisnis yang ingin tetap menonjol dalam persaingan. Hal yang bisa dipantau dari kompetitor meliputi aktivitas mereka di Twitter, performa konten, dan respon audiensnya.

  • Industry listening
    Industry listening melibatkan pemantauan tren dan topik terbaru dalam industri tertentu yang dibagikan di Twitter. Listening ini bisa memberikan pandangan terhadap percakapan yang sedang disorot atau menjadi fokus perhatian di suatu industri. 

 

Manfaat Twitter Listening

Manfaat Twitter Listening - Matamaya

Berikut manfaat Twitter listening yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin:

  1. Identifikasi potensi krisis lebih cepat
    Dengan Twitter social listening, pandangan/ sentimen positif, negatif, atau netral dari audiens terhadap suatu brand atau tren dapat diketahui. Melalui sentimen inilah, potensi krisis yang timbul dari sentimen negatif akan terdeteksi lebih mudah dan cepat.

  2. Influencers lebih mudah ditemukan
    Twitter menjadi platform di mana orang-orang dengan pengaruh yang besar aktif beropini dan berinteraksi. Melalui Twitter listening, brand dapat mengidentifikasi akun atau individu yang memiliki jangkauan luas dan berpengaruh signifikan ketika membicarakan topik/ tren tertentu.

    Tentunya, data ini membantu brand dalam menentukan influencer yang sangat berpotensi untuk diajak kerja sama dalam mempromosikan produk atau layanan mereka kepada audiens yang lebih luas.

  3. Mendapatkan insight 
    Melalui Twitter listening, brand dapat melacak feedback dari audiens terkait dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Informasi ini dapat memberikan insight mengenai apa yang disukai atau tidak disukai oleh audiens serta perbaikan atau inovasi apa yang dapat dilakukan.

 

Cara Melakukan Twitter Listening

Setidaknya terdapat 2 cara untuk melakukan Twitter listening. Pertama, melakukannya secara manual. Twitter menyediakan fitur pencarian bawaan yang memungkinkan Anda untuk melacak percakapan melalui pencarian akun, kata kunci, dan hashtag tertentu.

Cara kedua dengan memanfaatkan social media listening tools. Melalui tools ini, Anda dapat melakukan pemantauan dengan cara yang lebih canggih. Bahkan, jumlah mention, engagement, sentimen, dan kata-kata yang sering dipakai audiens bisa diketahui dengan cepat dan akurat.

 

Mengapa Dibutuhkan Twitter Listening Tool?

Twitter listening tool dibutuhkan karena memiliki peran penting dalam strategi pemasaran dan pemahaman terhadap audiens Twitter. Berikut adalah alasan mengapa tool ini diperlukan

  1. Kemudahan dalam memantau aktivitas
    Tool ini memungkinkan Anda untuk memantau secara cepat tanpa harus melakukan pencarian manual secara terus-menerus.

  2. Analisis data yang lebih mendalam
    Listening tool juga menyediakan analisis yang mendalam dan sulit dilakukan secara manual.

  3. Memantau lebih dari satu brand/topik secara bersamaan
    Dengan Listening tool, Anda dapat memantau percakapan yang terkait beberapa brand dan topik sekaligus.

 

Rekomendasi Social Media Listening Tool

Social

Matamaya adalah salah satu social media listening tool terbaik yang dapat membantu Anda memantau percakapan, menganalisis data, dan mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan performa bisnis di platform Twitter yang dinamis ini. Beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati, yaitu:

  • Word cloud untuk memahami kebutuhan, minat, dan tren target audiens.
  • Brand positioning/ Share of voice guna mengetahui posisi dan popularitas Anda dibandingkan kompetitor.
  • Sentimen untuk mengetahui penilaian target audiens terhadap brand Anda maupun kompetitor.
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.