Matamaya

Twitter Sentiment Analysis: Definisi dan Keuntungannya Bagi Brand

Twitter Sentiment Analysis: Definisi dan Keuntungannya Bagi Brand
27 November 2023
Twitter Sentiment Analysis: Definisi dan Keuntungannya Bagi Brand - Analisis Performa Twitter - Matamaya

Siapa yang suka mencari berita terbaru atau sekadar membaca opini di Twitter/ X? Hingga saat ini bisa dikatakan bahwa Twitter adalah platform media sosial yang audiensnya sangat aktif beropini dibandingkan platform lainnya.

Hal ini bisa dijadikan peluang bagi brand untuk mengumpulkan opini publik terhadap produk atau layanan mereka dan membuat keputusan berdasarkan data. Saat ini, brand tidak perlu mengumpulkannya satu per satu karena sudah ada Twitter sentiment analysis tool yang dapat melakukannya secara otomatis.

Bagi Anda yang bertanya-tanya tentang Twitter sentiment analysis, mari simak bersama penjelasannya di artikel ini! 

 

Apa Itu Twitter Sentiment Analysis?

Twitter sentiment analysis adalah proses untuk menentukan nada emosional di balik postingan atau percakapan audiens Twitter. Dalam melakukannya, diperlukan Twitter sentiment analysis tool yang dapat mengelompokkan postingan atau percakapan tersebut menjadi sentimen positif, netral, atau negatif secara otomatis. Tools tersebut dapat membantu menyederhanakan dan mempercepat pemahaman terhadap pandangan dan perasaan yang disampaikan oleh pengguna Twitter.

 

Keuntungan dari Twitter Sentiment Analysis

Twitter Sentiment Analysis - Matamaya

Nah, ini dia sederet keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melibatkan analisis ini dalam proses evaluasi brand Anda.

  • Manajemen reputasi yang efektif
    Analisis sentimen memiliki peran krusial dalam manajemen reputasi yang lebih efektif karena memungkinkan brand untuk secara aktif memantau dan memahami persepsi pelanggan.  Hal ini membantu dalam membangun dan mempertahankan citra brand yang positif, serta memberikan kesempatan untuk memperbaiki aspek yang mungkin perlu ditingkatkan. Contohnya adalah yang dilakukan oleh salah satu brand air mineral, AQUA. 

    Sejak akhir Oktober 2023, AQUA mendapat banyak sentimen negatif akibat isu boikot produk. Untuk mengatasi sentimen tersebut dan memperbaiki reputasinya, AQUA akhirnya mengkampanyekan bahwa produk mereka 100% Murni 100% Indonesia. 

  • Identifikasi masalah secara cepat
    Keuntungan lainnya adalah analisis ini membantu Anda dalam mengidentifikasi masalah dengan cepat. Hal ini karena setiap tanggapan maupun postingan yang berkaitan dengan brand Anda dapat dievaluasi secara luas dan real-time.  

    Selain itu, kemampuannya untuk mengelompokkan informasi secara otomatis memungkinkan Anda untuk langsung fokus pada sentimen negatif dan mendalami lebih lanjut keluhan atau masalah yang dihadapi pelanggan Anda. Sebagai hasilnya, Anda dapat merespons secara lebih cepat dan proaktif dalam menangani masalah sebelum menjadi lebih besar.

  • Penyusunan strategi pemasaran yang tepat
    Melalui Twitter sentiment analysis data, brand Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran. Anda dapat membuat campaign yang lebih relevan dengan dan menarik berdasarkan pemahaman sentimen audiens.

    Analisis sentimen juga membantu dalam mengidentifikasi kelompok pelanggan tertentu yang merespons positif atau negatif terhadap produk atau layanan. Hasil analisis ini memungkinkan perusahaan untuk menargetkan kampanye pemasaran mereka secara lebih tepat kepada audiens yang tepat.

  • Menemukan peluang baru
    Dengan memantau sentimen, Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang preferensi, kebutuhan, dan keinginan audiens. Hal ini membantu Anda dalam mengidentifikasi tren dan pola-pola perilaku konsumen yang dapat menjadi peluang untuk pengembangan produk yang lebih baik.

    Seringkali dalam ulasan di Twitter, audiens membandingkan antar brand. Melalui analisis ini pulalah Anda dapat mengetahui bagaimana produk atau layanan mereka dibandingkan dengan kompetitor. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk menemukan celah dalam atau kekurangan terhadap produk atau layanan Anda.

 

Yuk, Lakukan Twitter Sentiment Analysis dengan Matamaya!

Twitter Sentiment Analysis Tool - Matamaya

Ternyata, analisis ini bisa membawa keuntungan dan dampak positif bagi brand, ya! Tidak hanya untuk kepentingan memahami keinginan audiens, tapi juga bisa mengidentifikasi peluang baru.

Sudah tidak sabar untuk mendapatkan keuntungan ini, ‘kan? Pertama-tama, Anda perlu memilih Twitter sentiment analysis tool yang tepat untuk brand Anda. Tool yang dapat Anda coba adalah Matamaya.

Matamaya merupakan social media monitoring dan listening yang dapat memahami percakapan audiens lokal dengan mendalam. Dengan mendaftarkan akun atau keyword yang berhubungan dengan brand Anda di Matamaya, Anda bisa mengetahui perkembangan sentimen audiens setiap harinya, persentase tiap sentimen, hingga detail percakapannya.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, konsultasikan detail kebutuhan Anda dengan menghubungi kami di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.