Matamaya

Hashtag Twitter Analytics: Manfaat, Strategi Penggunaan Hashtag, dan Cara Melacaknya

Hashtag Twitter Analytics: Manfaat, Strategi Penggunaan Hashtag, dan Cara Melacaknya
10 February 2023
Hashtag Twitter Analytics: Manfaat, Strategi Penggunaan Hashtag, dan Cara Melacaknya - Analisis Performa Twitter - Matamaya

Hashtag telah digunakan secara aktif untuk mempromosikan berbagai brand di seluruh dunia. Dengan bantuan hashtag, pengguna dapat membuat tweet mereka lebih menjangkau banyak orang karena hashtag bisa berfungsi sebagai tautan. Dengan mengklik suatu hashtag, kamu mendapatkan daftar semua tweet yang menggunakan hashtag tersebut.

Hashtag juga bisa meningkatkan jumlah likes dan komentar sebanyak 12,6% dibandingkan dengan tweet yang tidak menggunakannya. Oleh karena itu, keberadaan hashtag dalam sebuah merupakan hal yang penting dalam strategi media sosial.

Kemudian, penting bagi kamu untuk memahami hashtag yang berfungsi maupun tidak. Untuk mengetahui, Twitter analytics tools dapat kamu manfaatkan sebagai alat bantu dalam mengevaluasi hashtag.

 

Pentingnya Menggunakan Hashtag di Media Sosial

  1. Memahami minat target audiens
    Selain mempelajari minat target audiens melalui Twitter analytics audience demographics, kamu dapat mempelajarinya melalui hashtag. Suatu hashtag memiliki banyak peluang digunakan oleh berbagai macam akun. Dari hal tersebutlah, kamu dapat mengulik lebih lanjut tentang profil, minat, dan perilaku target audiens kamu di media sosial.

  2. Memudahkan audiens untuk menemukanmu
    Penggunaan hashtag juga bisa dijadikan sebagai kata kunci bagi bisnismu. Ketika kamu menggunakan branded hashtag, target audiens dapat menggunakan hashtag tersebut ketika mencari percakapan tentang brand kamu. Hasilnya, jangkauan akun Twitter semakin luas dan kamu dapat menarik mereka menjadi pembeli.

  3. Menunjukkan dukungan untuk masalah sosial
    Pada era sekarang, hashtag juga bisa digunakan sebagai bentuk dukungan sosial terhadap suatu isu ataupun bencana. Hashtag seperti #PrayforCianjur atau #BlackLivesMatter biasanya digunakan oleh audiens untuk menunjukkan dukungannya. Kamu pun dapat memanfaatkan momen ini untuk menunjukkan kepedulian terhadap masalah sosial yang sedang terjadi. 

  4. Memudahkanmu menyusun konten
    Caranya yaitu dengan memfungsikan hashtag sebagai rubrikator. Kamu bisa membuat konten pilar dan mencantumkan hashtag pada tweet sesuai konten pilar. Hasilnya, kamu akan lebih mudah mengamati rasio berbagai jenis konten.
    Hashtag Twitter Analytics - Matamaya
    Supaya makin memudahkanmu, gunakanlah hashtag Twitter analytics tools untuk melacak presentase penyebaran hashtag. Tools yang bisa membantumu dalam hal ini adalah Matamaya.

    Matamaya dapat memantau berbagai hashtag yang sudah kamu pakai setiap bulannya. Kemudian, tools ini akan memberitahumu frekuensi penggunaan pada setiap hashtag-nya. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi penyebaran hashtag serta kesesuaian antara hashtag dengan tweet.

 

Strategi Menggunakan Hashtag secara Efektif

Setelah memahami pentingnya hashtag, kamu juga perlu mengetahui strategi penggunaannya di Twitter secara efektif. Penggunaan yang tepat tentunya dapat mempengaruhi performa akun Twitter yang semakin baik. Dampak pastinya dapat kamu evaluasi melalui dengan Twitter analytics.

  1. Gunakan hashtag yang relevan
    Pilihlah kata atau frasa yang relevan dengan brand atau pesan yang ingin kamu sampaikan. Jika kamu menambahkan foto atau video pada postingan, pastikan hashtag sesuai dengan keduanya. Hal ini karena penggunaan hashtag yang relevan memudahkan pengguna Twitter dalam menemukan konten yang mereka inginkan. 

    Apabila hashtag yang kamu gunakan tidak relevan, postinganmu beresiko tenggelam di antara postingan lain yang bukan merupakan niche dari brand-mu. Bahkan, postinganmu dapat dianggap sebuah spam atau buzzer dari campaign tertentu dan pengguna dapat melaporkanmu melalui pilihan “This Tweet’s not helpful”.

  2. Gunakan branded hashtag
    Kamu bisa mulai dengan melihat hashtag yang digunakan oleh kompetitor langsung maupun tidak langsung bisnismu. Selain itu, kamu perlu mengetahui hashtag oleh para influencer yang termasuk niche bisnismu.

    Dengan begitu, kamu dapat berkreasi dalam menciptakan hashtag lain apabila hastag yang ingin kamu gunakan sudah menjadi campaign brand tertentu untuk menghindari kemiripan. Contohnya, #PastiAdaJalan yang sudah identik dengan Gojek.
    Contoh Branded Hashtag - Matamaya
    Dalam melakukan riset ini sebaiknya kamu menggunakan Twitter analytics tools. Jika kamu menelusuri satu per satu postingan kompetitor untuk menemukan hashtag, hal ini akan memakan banyak waktu. Tools seperti Matamaya dapat mengetahui dan mengelompokkan berbagai hashtag yang kerap digunakan kompetitor dan influencer dengan akurat sehingga akan memudahkanmu dalam meriset hashtag.

  3. Kaitkan dengan hashtag yang sedang tren
    Twitter merupakan salah satu platform yang menjadi sumber dari segala hal yang terjadi di dunia, termasuk tren. Peluang ini sebaiknya dimanfaatkan oleh sebuah brand karena dengan mengikuti tren dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebanyak 25%.

    Dengan mengikuti hashtag yang sedang tren, target konsumen akan terdorong untuk berinteraksi dengan postinganmu. Namun, kamu tetap harus memperhatikan kembali kesesuaian hashtag dengan identitas brand-mu. Misalnya, jika kamu memiliki bisnis sebuah toko buku, kamu bisa mengikuti tren hashtag #2022BookerPrize.

  4. Gunakan hashtag secukupnya
    Semakin banyak hashtag yang kamu masukkan dalam memang dapat meningkatkan jumlah jangkauan di Twitter analytics. Namun, hashtag yang terlalu banyak justru akan mengganggu fokus audiens dalam menangkap pesan dari tweet.

    Satu hingga dua hashtag yang relevan per tweet adalah praktik terbaik sehingga pesan kamu tetap ringkas. Jika diperlukan untuk menggunakan banyak pesan atau mencantumkan banyak hashtag, kamu bisa membuat sebuah utas.

  5. Posisikan diri sebagai target audiens
    Kamu bisa membayangkan ketika target audiens sedang mencari produk yang mereka inginkan. Misalnya ketika mereka mencari buku fiksi, bisa jadi mereka menuliskan #bukufiksi dan #novelindonesia pada kolom pencarian Twitter. Hashtag-hashtag tersebut bisa kamu gunakan agar tweet-mu dapat menjangkau target audiens.

Setelah mencoba mempraktikkan berbagai tips ini, kamu bisa mengevaluasi dampaknya di Twitter analytics followers. Tentunya, hashtag yang relevan dapat menarik target audiens sehingga berpotensi meningkatkan followers.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.