Arus informasi yang serba cepat memang tidak dapat dihindari dan mungkin mendorongmu untuk tetap up-to-date. Dalam hal ini, Twitter telah memberikan kemudahan untuk menemukan informasi terkini yang relevan dengan minat audiens.
Pengguna Twitter dapat mengikuti topik yang mereka minati dan mengaktifkan notifikasi untuk akun dan topik tertentu. Tentunya, Twitter telah membuat kesempatan besar bagi bisnis maupun konten kreator untuk membangun komunitas dan menggunakan strategi niche marketing.
Untuk mengoptimalkan strategimu, peranan Twitter analytics sangatlah penting mengingat banyaknya tren yang silih berganti di Twitter. Singkatnya, Twitter analytics dapat membantumu memahami audiens, mengetahui performa konten, hingga mengidentifikasi tren yang sedang terjadi.
Dalam menciptakan sebuah konten yang disukai audiens, kamu membutuhkan penggunan kata-kata yang menarik, kata kunci yang tepat, dan informasi yang bersifat berguna ataupun menghibur bagi audiens. Hal ini karena setiap tweet seperti tulisan, hashtag, foto, dan video akan berpotensi menjadi tren yang berdampak pada kesuksesan bisnismu di media sosial.
Untuk membantumu dalam menciptakan strategi yang tepat, terdapat Twitter analytics insight yang bisa kamu manfaatkan. Data yang tersaji dapat menunjukkan mengenai respons audiens terhadap tweet-mu.
Insight ini nantinya dapat kamu akses melalui Twitter analytics dashboard. Berikut merupakan 7 metriks dapat kamu pelajari dari Twitter analytics insights:
Pada Twitter analytics dashboard, kamu dapat mempelajari performa tweet lebih lanjut dan dapat melihat tanggapan audiens terhadap tweet kamu seperti reply, suka, dan retweet secara real time. Performa tweet ini dapat kamu bandingkan trennya secara periodik sampai 6 bulan terakhir.
Twitter analytics dashboard dapat kamu akses melalui smartphone dan desktop. Namun, akses melalui smartphone terdapat keterbatasan yaitu kamu hanya bisa melihat engagement masing-masing tweet, bukan performa selama periode tertentu. Berikut cara mengakses Twitter analytics dashboard dari smartphone:
Pada tahap ini, kamu akan melihat performa individual tweet sehingga data yang disajikan cukup detail. Kamu dapat melihat jumlah engagement, impression, new follower, dan profile visits.
Jika kamu ingin mengetahui tweet yang paling banyak ditanggapi oleh audiens selama bulan tertentu maka kamu perlu menggunakan desktop. Kamu bisa langsung mengaksesnya dengan mengunjungi situs analytics.twitter.com di desktop atau menggunakan cara berikut:
Setelah berhasil masuk ke Twitter analytics dashboard yang ada di desktop, kamu dapat langsung mengetahui performa akunmu sebulan terakhir yang tersaji melalui summary pada tab ‘Home’ analytics. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui perubahan jumlah impresi yang kamu dapatkan serta mengunduh laporan Twitter analytics melalui tab ‘Tweet’.
Setelah metriks yang ingin dilacak, saatnya untuk mulai mencoba Matamaya untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif. Kamu dapat menggunakan Matamaya untuk memantau performa akun Twitter bersama dengan semua aktivitas media sosial yang lain.
Cukup dari satu dasbor, kamu dapat memantau pesaing, memahami audiens, dan menganalisis kinerja akun. Matamaya memungkinkan kamu untuk melakukan hal yang tidak bisa kamu lakukan pada Twitter analytics dashboard: