Matamaya

7 Metriks Twitter Analytics yang Penting bagi Digital Marketer

7 Metriks Twitter Analytics yang Penting bagi Digital Marketer
23 December 2022
7 Metriks Twitter Analytics yang Penting bagi Digital Marketer - Analisis Performa Twitter - Matamaya

Arus informasi yang serba cepat memang tidak dapat dihindari dan mungkin mendorongmu untuk tetap up-to-date. Dalam hal ini, Twitter telah memberikan kemudahan untuk menemukan informasi terkini yang relevan dengan minat audiens.

Pengguna Twitter dapat mengikuti topik yang mereka minati dan mengaktifkan notifikasi untuk akun dan topik tertentu. Tentunya, Twitter telah membuat kesempatan besar bagi bisnis maupun konten kreator untuk membangun komunitas dan menggunakan strategi niche marketing.

Untuk mengoptimalkan strategimu, peranan Twitter analytics sangatlah penting mengingat banyaknya tren yang silih berganti di Twitter. Singkatnya, Twitter analytics dapat membantumu memahami audiens, mengetahui performa konten, hingga mengidentifikasi tren yang sedang terjadi. 

 

7 Metriks Twitter Analytics Insights

Twitter Analytics Insight - Matamaya

Dalam menciptakan sebuah konten yang disukai audiens, kamu membutuhkan penggunan kata-kata yang menarik, kata kunci yang tepat, dan informasi yang bersifat berguna ataupun menghibur bagi audiens. Hal ini karena setiap tweet seperti tulisan, hashtag, foto, dan video akan berpotensi menjadi tren yang berdampak pada kesuksesan bisnismu di media sosial.

Untuk membantumu dalam menciptakan strategi yang tepat, terdapat Twitter analytics insight yang bisa kamu manfaatkan. Data yang tersaji dapat menunjukkan mengenai respons audiens terhadap tweet-mu. 

Insight ini nantinya dapat kamu akses melalui Twitter analytics dashboard. Berikut merupakan 7 metriks dapat kamu pelajari dari Twitter analytics insights:

  1. Profile visits
    Profile visits atau kunjungan profil dapat membantumu dalam memantau perkembangan jumlah orang yang mengunjungi profilmu. Metriks ini tersaji dalam bentuk grafik mini yang menunjukkan fluktuasi selama 28 hari terakhir.

  2. Tweet impressions
    Informasi mengenai impressions dapat membantumu dalam mengetahui jenis konten yang bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan begitu, kamu dapat membuat jenis konten serupa atau melakukan strategi yang serupa dengan konten yang mendapatkan impressions tertinggi.

  3. Tweet engagements and engagement rate
    Engagement menunjukkan interaksi yang terjadi pada tweet kamu. Twitter juga mengkategorikan klik pada profil, tautan atau pun hashtag sebagai engagement. Metriks ini bisa kamu gunakan sebagai Twitter analytics trends yaitu mengidentifikasi minat audiens atau topik yang sedang ramai dibicarakan.

  4. Top Tweet
    Setiap bulannya Twitter akan memberikan kategori pada tweet yang mendapat impresi tertinggi sebagai Top Tweet. Agar tweet selanjutnya tetap memiliki formula optimal, hal yang perlu kamu perhatikan adalah formula konten, topik konten, hari, dan jam posting yang kamu gunakan pada Top Tweet.

  5. Follower growth
    Pada metriks ini, kamu dapat mengetahui perubahan mengenai jumlah follower dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Jika kamu melihat pada hari tertentu terdapat peningkatan atau penurunan follower, analisislah aktivitas di media sosial yang saat ini dilakukan.

  6. Video content performance
    Kamu dapat melacak jumlah penayangan video dan durasi yang dihabiskan oleh audiens untuk menonton video. Video yang kamu posting melalui studio.twitter.com atau ads.twitter.com juga akan muncul dalam Twitter analytics dashboard.

  7. Conversion tracking
    Conversion tracking akan dapat dilacak jika kamu menjalankan sebuah iklan di Twitter. Metriks ini dapat kamu gunakan untuk membandingkan biaya iklan dengan keuntungan yang kamu peroleh dari penjualan atau konversi lainnya melalui iklan.

 

Cara Mengakses Twitter Analytics Dashboard

Twitter Analytics Dashboard - Matamaya

Pada Twitter analytics dashboard, kamu dapat mempelajari performa tweet lebih lanjut dan dapat melihat tanggapan audiens terhadap tweet kamu seperti reply, suka, dan retweet secara real time. Performa tweet ini dapat kamu bandingkan trennya secara periodik sampai 6 bulan terakhir.

Twitter analytics dashboard dapat kamu akses melalui smartphone dan desktop. Namun, akses melalui smartphone terdapat keterbatasan yaitu kamu hanya bisa melihat engagement masing-masing tweet, bukan performa selama periode tertentu. Berikut cara mengakses Twitter analytics dashboard dari smartphone:

  1. Buka halaman ‘Profil’ Twitter kamu
  2. Klik tweet yang ingin dilihat analitiknya
  3. Klik ‘View tweet activity’

Pada tahap ini, kamu akan melihat performa individual tweet sehingga data yang disajikan cukup detail. Kamu dapat melihat jumlah engagement, impression, new follower, dan profile visits.

Jika kamu ingin mengetahui tweet yang paling banyak ditanggapi oleh audiens selama bulan tertentu maka kamu perlu menggunakan desktop. Kamu bisa langsung mengaksesnya dengan mengunjungi situs analytics.twitter.com di desktop atau menggunakan cara berikut:

  1. Masuk ke halaman ‘Home’ Twitter kamu
  2. Pilih ‘More’ 
  3. Pilih ‘Creator Studio’
  4. Klik ‘Analytics’

Setelah berhasil masuk ke Twitter analytics dashboard yang ada di desktop, kamu dapat langsung mengetahui performa akunmu sebulan terakhir yang tersaji melalui summary pada tab ‘Home’ analytics. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui perubahan jumlah impresi yang kamu dapatkan serta mengunduh laporan Twitter analytics melalui tab ‘Tweet’.

 

Matamaya Twitter Analytics Tool

Twitter Analytics Tool - Matamaya

Setelah metriks yang ingin dilacak, saatnya untuk mulai mencoba Matamaya untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif. Kamu dapat menggunakan Matamaya untuk memantau performa akun Twitter bersama dengan semua aktivitas media sosial yang lain. 

Cukup dari satu dasbor, kamu dapat memantau pesaing, memahami audiens, dan menganalisis kinerja akun. Matamaya memungkinkan kamu untuk melakukan hal yang tidak bisa kamu lakukan pada Twitter analytics dashboard:

  • Mengunduh laporan analitik dalam format .PPTX dan .XLSX
  • Memantau dan membandingkan performa postingan kamu dengan pesaing
  • Mengetahui sentimen audiens melalui postingan mereka
  • Mengetahui akun yang sering merespon tweet kamu
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.