Mungkin kamu pernah mendengar tentang Twitter analytics audience insights. Fitur ini pernah disediakan oleh Twitter untuk mempelajari demografi, minat, dan perilaku audiens.
Namun, Twitter menghentikan fitur ini pada Januari 2020 tanpa alasan yang jelas. Hingga sekarang, Twitter pun belum menyediakan fitur penggantinya.
Supaya kamu bisa mengenali lebih dalam tentang Twitter analytics audience insights, artikel ini sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna lainnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Twitter Analytics Audience Insights menyediakan banyak informasi tentang pengikut atau maupun orang yang pernah terpapar dengan Tweet kamu secara organik. Informasi tersebut mencakup Twitter analytics audience demographics, gaya hidup, minat, perilaku pembelian, dan lainnya.
Selain itu, kamu dapat melihat perangkat yang digunakan audiens untuk mengakses Tweet kamu. Dengan insight ini, kamu dapat mengidentifikasi audiens yang sekiranya dapat kamu targetkan pada kampanye mendatang.
Menurut kabar yang beredar, Twitter Media Studio akan dikembangkan lebih lanjut untuk menyediakan Twitter analytics audience insights seperti sebelumnya. Dalam FAQ di Twitter Media Studio, Twitter menyatakan bahwa fitur ini tidak dapat diakses oleh semua orang. Fitur ini hanya bisa diakses kepada akun yang mendapatkan undangan melalui tautan saja.
Sayangnya, fitur ini hanya bisa diakses oleh akun yang memiliki pengikut lebih dari 1000 akun. Artinya jika seorang pengguna masih merintis di Twitter maka ia tidak dapat dapat melihat insight audiens.
Kalau pun suatu saat sudah bisa mengakses fitur Twitter analytics audience insights, fiturnya pun tidak selengkapnya fitur sebelum dihapus. Twitter tidak lagi merinci informasi waktu pengikut melihat Tweet kamu. Selain itu, Twitter tidak membagikan lagi Twitter analytics audience location dan demografi.
Jika kamu menginginkan lebih banyak informasi tentang performa Tweet, sebaiknya kamu menggunakan tools eksternal. Twitter analytics tools berikut dapat memberikan informasi mendetail tentang audiens kamu.