Matamaya

4 Tools Alternatif untuk Lacak Twitter Analytics Audience Insights

4 Tools Alternatif untuk Lacak Twitter Analytics Audience Insights
30 June 2023
4 Tools Alternatif untuk Lacak Twitter Analytics Audience Insights - Analisis Performa Twitter - Matamaya

Mungkin kamu pernah mendengar tentang Twitter analytics audience insights. Fitur ini pernah disediakan oleh Twitter untuk mempelajari demografi, minat, dan perilaku audiens.

Namun, Twitter menghentikan fitur ini pada Januari 2020 tanpa alasan yang jelas. Hingga sekarang, Twitter pun belum menyediakan fitur penggantinya.

Supaya kamu bisa mengenali lebih dalam tentang Twitter analytics audience insights, artikel ini sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna lainnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Twitter Analytics Audience Insights?

Twitter Analytics Audience Insights menyediakan banyak informasi tentang pengikut atau maupun orang yang pernah terpapar dengan Tweet kamu secara organik. Informasi tersebut mencakup Twitter analytics audience demographics, gaya hidup, minat, perilaku pembelian, dan lainnya.

Selain itu, kamu dapat melihat  perangkat yang digunakan audiens untuk mengakses Tweet kamu. Dengan insight ini, kamu dapat mengidentifikasi audiens yang sekiranya dapat kamu targetkan pada kampanye mendatang.
Twitter Analytics Audience Insights - Matamaya

Apakah Twitter Akan Menyediakan Fitur Pengganti?

Menurut kabar yang beredar, Twitter Media Studio akan dikembangkan lebih lanjut untuk menyediakan Twitter analytics audience insights seperti sebelumnya. Dalam FAQ di Twitter Media Studio, Twitter menyatakan bahwa fitur ini tidak dapat diakses oleh semua orang. Fitur ini hanya bisa diakses kepada akun yang mendapatkan undangan melalui tautan saja.

Siapa yang Bisa Mendapatkan Fitur Twitter Analytics Audience Insights? 

Sayangnya, fitur ini hanya bisa diakses oleh akun yang memiliki pengikut lebih dari 1000 akun. Artinya jika seorang pengguna masih merintis di Twitter maka ia tidak dapat dapat melihat insight audiens. 

Kalau pun suatu saat sudah bisa mengakses fitur Twitter analytics audience insights, fiturnya pun tidak selengkapnya fitur sebelum dihapus. Twitter tidak lagi merinci informasi waktu pengikut melihat Tweet kamu. Selain itu, Twitter tidak membagikan lagi Twitter analytics audience location dan demografi.
Twitter Analytics Audience Insights - Matamaya


Alternatif Tools untuk Mendapatkan Twitter Analytics Audience Insights

Jika kamu menginginkan lebih banyak informasi tentang performa Tweet, sebaiknya kamu menggunakan tools eksternal. Twitter analytics tools berikut dapat memberikan informasi mendetail tentang audiens kamu.

  1. Matamaya
    Matamaya adalah sebuah Twitter analytics tool yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis akun Twitter apa pun. Kamu hanya perlu menghubungkan akun Twitter bisnismu untuk mulai menggunakannya.

    Manfaat dari Matamaya adalah kamu dapat lebih memahami minat dan perilaku audiens. Contohnya, kamu akan mengetahui jam aktif audiens melihat Tweet. Selain itu, jenis konten serta informasi pilarnya dapat terukur dengan akurat sehingga akan memudahkan dalam membuat konten yang lebih baik lagi.

  2. Minter.io
    Tool berikutnya adalah Minter.io. Sebuah akun yang memiliki pengikut kurang dari 1.000 pun dapat memanfaatkan Minter.io untuk memahami audiens.

    Minter.io dapat memberikan informasi detail mengenai lokasi, bahasa, dan jenis kelamin audiens. Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang audiens dapat membantu kamu membuat strategi yang lebih relevan.

  3. StatSocial
    Tool ini dapat memberi informasi menarik tentang demografi orang yang terlibat dengan konten kamu. StatSocial juga memberi kamu insight kepribadian yang membantu kamu memahami motivasi konsumen. 

    Fitur ini mirip dengan tab gaya hidup dan perilaku konsumen yang ada di Twitter sebelumnya. Kamu dapat mempelajari lebih detail mengenai minat dan kebiasaan membeli audiens melalui StatSocial.

  4. Circleboom
    Apakah kamu sering penasaran dengan akun yang tiba-tiba melakukan unfollow terhadap akunmu? Melalui Circleboom kamu dapat mengidentifikasinya dengan mudah.

    Selain itu, Circleboom hadir dengan menyediakan berbagai fitur seperti Twitter analytics audience insights, pemeriksa akun palsu, spammer, dan akun yang tidak aktif.
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.