Dahulu, para digital marketer memiliki data yang sangat terbatas tentang efektivitas social media marketing mereka di Twitter (bisa disebut juga dengan X). Kini, berkat adanya Twitter analytic tool, para digital marketer bisa mengukur analisis Twitter dengan sangat detail.
Namun, terkadang pengetahuan untuk memilih metrik yang sesuai masih kurang. Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa metrik penting yang berguna untuk menunjukkan performa social media marketing Anda di Twitter.
Metrik analisis Twitter adalah data dan statistik yang menunjukkan performa akun Twitter Anda. Menganalisis metrik Twitter penting karena memberikan pemahaman yang mendalam tentang audiens Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten Anda. Dengan pemahaman ini, Anda dapat membuat strategi konten yang lebih efektif.
Terdapat empat metrik utama yang harus diperhatikan karena memberikan wawasan yang berharga tentang performa akun Anda. Keempat metrik ini adalah impressions, engagements, engagement rate per post, dan follower growth.
Melakukan analisis akun Twitter sebaiknya dilakukan secara rutin, dengan frekuensi ideal setiap minggu atau setiap bulan. Periode satu minggu atau satu bulan dipilih karena pada umumnya di periode ini sudah terlihat adanya perubahan dan tren yang cukup signifikan dalam performa akun Twitter.
Contohnya, Anda dapat melihat apakah tren jumlah pengikut Anda meningkat atau menurun? apakah tweet Anda mendapatkan lebih banyak atau lebih sedikit engagement dari sebelumnya?
Anda dapat menyesuaikan frekuensi analisis Twitter dengan frekuensi postingan. Jika akun Anda sangat aktif (misalnya, intens memposting beberapa kali dalam sehari), maka bisa melakukan analisis Twitter setiap minggu.
Untuk menganalisis akun Twitter, Anda dapat menggunakan Twitter analytics tool. Tool ini menyediakan berbagai metrik dan wawasan yang dapat membantu Anda memahami performa akun Anda.
Matamaya adalah salah satu tools analisis Twitter yang dapat membantu Anda melacak metrik-mertik di atas maupun metrik lainnya yang sesuai dengan objektif Anda. Dengan fitur-fitur seperti analisis engagement, followers, top tweet, hingga benchmark kompetitor Matamaya dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang preferensi audiens Anda dan kompetitor.
Selain itu, terdapat pula laporan yang bisa diunduh dalam format PowerPoint dan Excel. Tentunya, kemudahan ini akan mempersingkat waktu Anda dalam menyajikan laporan ke atasan maupun klien.
Tertarik mencobanya? Mari hubungi kami dan diskusikan kebutuhan Anda!