Matamaya

4 Metrik yang Harus Diperhatikan Saat Analisis Twitter

4 Metrik yang Harus Diperhatikan Saat Analisis Twitter
01 March 2024
4 Metrik yang Harus Diperhatikan Saat Analisis Twitter - Analisis Performa Twitter - Matamaya

Dahulu, para digital marketer memiliki data yang sangat terbatas tentang efektivitas social media marketing mereka di Twitter (bisa disebut juga dengan X). Kini, berkat adanya Twitter analytic tool, para digital marketer bisa mengukur analisis Twitter dengan sangat detail.

Namun, terkadang pengetahuan untuk memilih metrik yang sesuai masih kurang. Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa metrik penting yang berguna untuk menunjukkan performa social media marketing Anda di Twitter.

 

Apa Itu Metrik Analisis Twitter?

Metrik analisis Twitter adalah data dan statistik yang menunjukkan performa akun Twitter Anda. Menganalisis metrik Twitter penting karena memberikan pemahaman yang mendalam tentang audiens Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten Anda. Dengan pemahaman ini, Anda dapat membuat strategi konten yang lebih efektif.

 

4 Metrik Penting dalam Analisis Twitter

Metrik Analisis Twitter - Matamaya

Terdapat empat metrik utama yang harus diperhatikan karena memberikan wawasan yang berharga tentang performa akun Anda. Keempat metrik ini adalah impressions, engagements, engagement rate per post, dan follower growth.

  1. Impressions 
    Impressions tweet adalah frekuensi tweet Anda dilihat oleh audiens Twitter. Impression dihitung ketika tweet Anda muncul di timeline follower, hasil pencarian, atau retweet.

    Metrik ini penting guna mengukur seberapa banyak orang yang melihat konten Anda. Semakin tinggi jumlah impressions, semakin besar jangkauan konten Anda.

  2. Engagements 
    Engagement adalah jumlah total interaksi yang diterima oleh tweet Anda, termasuk like, retweet, reply, quote tweet, dan bookmark. Semakin tinggi jumlah engagements, semakin besar keterlibatan audiens terhadap konten Anda. Metrik ini membantu Anda memahami preferensi audiens dan menilai keefektifan konten dalam memicu interaksi.

  3. Engagement per post
    Selain engagement yang perlu diperhatikan dalam analisa Twitter, ada pula engagement per post. Metrik ini dapat digunakan sebagai indikator kualitas konten. 

    Engagement per post dapat dihitung dengan membandingkan total engagement dengan total tweet. Misalnya, Anda memiliki tweet sebanyak 9 dengan total 1,108 engagements, maka akan didapatkan engagement per post sebesar (1,108 engagements / 9 tweet)= 123.

  4. Follower Growth
    Follower growth adalah metrik yang menunjukkan pertumbuhan jumlah pengikut akun Twitter Anda dari waktu ke waktu. Metrik ini mencerminkan seberapa efektif akun Anda dalam menarik pengikut baru.

    Memantau pertumbuhan pengikut secara berkala membantu Anda memahami seberapa besar audiens yang berpotensi melihat tweet Anda. Selain itu, metrik ini juga membantu Anda mengembangkan strategi yang lebih efektif dan relevan bagi target audiens.

 

Kapan Harus Melakukan Analisis Twitter?

Melakukan analisis akun Twitter sebaiknya dilakukan secara rutin, dengan frekuensi ideal setiap minggu atau setiap bulan. Periode satu minggu atau satu bulan dipilih karena pada umumnya di periode ini sudah terlihat adanya perubahan dan tren yang cukup signifikan dalam performa akun Twitter.

Contohnya, Anda dapat melihat apakah tren jumlah pengikut Anda meningkat atau menurun? apakah tweet Anda mendapatkan lebih banyak atau lebih sedikit engagement dari sebelumnya?

Anda dapat menyesuaikan frekuensi analisis Twitter dengan frekuensi postingan. Jika akun Anda sangat aktif (misalnya, intens memposting beberapa kali dalam sehari), maka bisa melakukan analisis Twitter setiap minggu. 

 

Rekomendasi Tools untuk Analisis Twitter

Twitter Analytics Tool - Matamaya

Untuk menganalisis akun Twitter, Anda dapat menggunakan Twitter analytics tool. Tool ini menyediakan berbagai metrik dan wawasan yang dapat membantu Anda memahami performa akun Anda.

Matamaya adalah salah satu tools analisis Twitter yang dapat membantu Anda melacak metrik-mertik di atas maupun metrik lainnya yang sesuai dengan objektif Anda. Dengan fitur-fitur seperti analisis engagement, followers, top tweet, hingga benchmark kompetitor Matamaya dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang preferensi audiens Anda dan kompetitor. 

Selain itu, terdapat pula laporan yang bisa diunduh dalam format PowerPoint dan Excel. Tentunya, kemudahan ini akan mempersingkat waktu Anda dalam menyajikan laporan ke atasan maupun klien.

Tertarik mencobanya? Mari hubungi kami dan diskusikan kebutuhan Anda!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.