Dari yang awalnya dipenuhi konten hiburan hingga saat ini sudah banyak konten edukasi, TikTok telah berevolusi menjadi platform yang tak terelakkan untuk mengekspresikan kreativitas dan menyebarkan pesan dengan cepat. Dalam era konten singkat dan menarik, berbagai format postingan TikTok menawarkan kesempatan tak terbatas untuk berbagi ide, hiburan, dan pengetahuan. Mari eksplorasi lebih dalam macam format postingannya yang bisa Anda gunakan sebagai ide konten TikTok.
1. Video
Sejak awal, TikTok dikenal sebagai platform untuk berbagi video pendek yang kreatif dan menghibur. Oleh karena itu, format video bisa diibaratkan sebagai jantung dari TikTok.
Kini, video pendek dianggap lebih efektif dalam menyampaikan pesan, cerita, dan emosi dibandingkan dengan teks saja. Video dapat disertai dengan elemen visual, audio, dan gerakan untuk membuat konten yang lebih menarik dan berkesan. Berbagai jenis video yang sering dibagikan di TikTok, seperti:
2. Story
Fitur TikTok Story memungkinkan Anda untuk momen-momen singkat yang bersifat real-time. Fitur ini memiliki durasi 24 jam dan dapat diakses di bagian atas halaman For You. Namun, tidak seperti Instagram, Anda tidak dapat melihat secara spesifik siapa saja yang melihat Story Anda di TikTok. Jenis konten yang dapat bisnis Anda bagikan dalam Story antara lain:
3. Teks
TikTok telah menambahkan konten berbasis teks sebagai perluasan dari opsi konten yang ditawarkannya. Pada format teks, Anda dapat memposting teks layar penuh yang bisa disertai dengan stiker, musik, dan tag lokasi. Anda juga dapat mengubah warna latar belakang dan mengetik hingga 1.000 karakter. Sangat banyak bukan?
Format teks ini membawa keuntungan bagi bisnis seperti konten berbasis teks bisa menjadi cara yang cepat dan mudah untuk berbagi informasi. Selain itu, adanya stiker, polling, dan dan Q&A dapat membuat konten Anda lebih interaktif dan menarik bagi audiens. Format ini cocok untuk mengumumkan informasi penting dan konten lainnya, seperti:
4. Foto
Format foto memungkinkan Anda untuk memberikan gambar atau kumpulan gambar dalam satu postingan. Format ini seperti carousel di Instagram, tapi carousel di TikTok bisa digunakan untuk memposting hingga 35 foto. Anda bisa memanfaatkan format ini untuk menyajikan berbagai konten, seperti:
Nah, itulah macam-macam format konten TikTok yang bisa Anda coba. Dengan memahami variasi yang ada, Anda dapat menyesuaikan konten Anda dengan pesan yang ingin Anda sampaikan serta preferensi.
Namun, untuk mengoptimalkan performa konten Anda, tidak ada salahnya untuk menggunakan analytic tool yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang performa konten. Matamaya menyediakan TikTok Analytics yang memungkinkan Anda untuk melacak perkembangan akun, performa konten (video, teks, dan image) secara individu maupun yang sudah dikelompokkan berdasarkan content pillar, respon audiens, dan membandingkannya dengan kompetitor.
Dengan menggunakan Matamaya, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas dan meningkatkan efektivitas strategi marketing Anda di TikTok. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Matamaya dan tingkatkan kinerja konten TikTok Anda sekarang!