Matamaya

Stitch TikTok: Pengertian, Cara Membuat, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Stitch TikTok: Pengertian, Cara Membuat, dan Manfaatnya untuk Bisnis
17 April 2024
Stitch TikTok: Pengertian, Cara Membuat, dan Manfaatnya untuk Bisnis - Analisis Performa TikTok - Matamaya

Apakah Anda pernah melihat seorang kreator menanggapi video kreator lain dengan video baru? Bisa jadi kreator tersebut menggunakan fitur Stitch TikTok. Banyak pengguna TikTok memanfaatkan Stitch untuk berkolaborasi dengan konten-konten populer atau viral, menambahkan elemen-elemen baru, atau memberikan tanggapan yang lucu atau informatif. 

 

Apa Itu Stitch di TikTok?

Stitch adalah salah satu fitur TikTok yang terbaru. Stitch memungkinkan audiens untuk mengambil potongan pendek dari video TikTok yang sudah ada dan kemudian menambahkan video mereka sendiri untuk melanjutkan atau merespons isi video tersebut. Dalam hal ini, Stitch memberikan kesempatan bagi bisnis/ brand audiens untuk berkolaborasi dengan kreator lain, memberikan tanggapan dengan cara kreatif, dan menghasilkan konten baru yang lebih interaktif.

 

Cara Membuat Stitch di TikTok

Untuk menggunakan fitur Stitch di TikTok, mari ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok dan temukan video yang ingin Anda kolaborasikan.
  2. Pilih “Stitch” yang terletak di samping tombol komentar di bagian kanan layar.
  3. Pilih bagian video tertentu yang ingin Anda kolaborasikan dengan menggeser slider ke posisi yang diinginkan.
  4. Rekam video Anda sendiri sebagai tanggapan atau kelanjutan dari bagian video yang dipilih.
  5. Klik "Next" untuk mengedit video Anda dan tambahkan efek atau suara yang diinginkan.
  6. Beri judul pada video Anda dan tambahkan hashtag yang relevan.
  7. Klik "Post" untuk membagikan video Stitch Anda ke feed TikTok Anda.

 

Manfaat Fitur Stitch TikTok untuk Bisnis

Brand bisa mendapatkan banyak keuntungan dari fitur Stitch TikTok, antara lain:

  1. Meningkatkan brand awareness 
    Stitch memungkinkan brand untuk turut serta menanggapi konten yang sudah ada.  Anda bisa menanggapi video audiens yang menampilkan produk atau layanan milik brand Anda. Hal Ini akan membuat brand Anda dapat diketahui audiens lebih luas, terutama jika video yang Anda Stitch sedang tren.

  2. Meningkatkan engagement
    Stitch bersifat interaktif. Anda bisa menggunakannya untuk menanggapi konten audiens, menjawab pertanyaan mereka, atau menambahkan informasi pada video mereka. Hal ini mendorong interaksi dua arah dan membuat brand Anda terasa lebih dekat dengan audiensnya.

  3. Membangun kepercayaan brand
    Dengan menanggapi konten audiens secara positif dan informatif, Anda bisa menunjukkan bahwa brand Anda peduli dengan komunitas dan mau terlibat dengan audiens. Ini dapat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas terhadap brand.

  4. Kolaborasi bersama influencer lebih mudah
    Stitch TikTok - Matamaya

    Melalui Stitch, brand Anda juga dapat berkolaborasi dengan influencer untuk menciptakan konten yang menarik dan relevan bagi audiens. Kolaborasi semacam ini dapat membantu brand Anda menjangkau audiens baru.

  5. Menghemat waktu pembuatan konten
    Anda tidak perlu selalu  membuat video TikTok dari awal. Stitch bisa dimanfaatkan untuk membuat konten baru yang menarik dengan mengkolaborasikan dengan sebagian video dari audiens. Hal ini bisa menghemat waktu dan sumber daya  Anda dalam produksi konten.

  6. Kreativitas tanpa batas
    Stitch membuka  peluang  untuk membuat konten  berbentuk  cerita bersambung  atau  konten  kolaborasi  dengan audiens lain  atau influencer.  Hal ini membuat kreativitas konten brand  menjadi lebih luas.

  7. Memanfaatkan tren yang sedang berlangsung
    Konten-konten yang sedang populer juga bisa Anda kolaborasikan dengan mudah melalui Stitch.  Perhatikan tren yang sedang viral di TikTok, lalu buat konten Stitch yang masih relevan dengan brand Anda. Dengan begitu, brand Anda akan terlihat kekinian dan menarik perhatian audiens yang lebih luas.

  8. Menunjukkan keaslian brand
    Stitch bisa digunakan untuk menampilkan sisi yang lebih manusiawi dari brand Anda.  Tanggapi konten audiens secara ringan dan menghibur.  Hal ini dapat membuat brand Anda terasa lebih relevan dan dekat dengan audiens.

Ternyata, banyak sekali manfaatnya, ya? Salah satu hal yang penting diingat adalah untuk selalu mempertimbangkan antara kesesuaian video audiens yang bisa di-Stitch dengan konsistensi brand. Anda harus memastikan bahwa konten tersebut sesuai dengan nilai, pesan, dan identitas brand. Dengan demikian, brand dapat memanfaatkan fitur Stitch dengan efektif untuk menciptakan konten yang menarik dan relevan bagi audiens di TikTok.

 

Ingin Melakukan Monitoring Performa Stitch TikTok Anda Secara Cepat dan Akurat?

Analisis Stitch TikTok - Matamaya

Apakah Anda tertarik mencoba Stitch TikTok dan mengukur keberhasilannya secara cepat dan akurat? Kini, Anda bisa melakukan monitoring performanya melalui TikTok analytics dari Matamaya!

Matamaya menyediakan kemudahan bagi Anda untuk melacak perkembangan akun, performa konten Stitch secara individu maupun yang sudah dikelompokkan berdasarkan content pillar, mengetahui respon audiens, dan membandingkannya dengan kompetitor. Selain itu, Anda juga bisa langsung mendapatkan TikTok analytics report yang sudah lengkap dengan visualisasi berbagai macam data dalam format Excel dan PowerPoint.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan penyesuaian strategi konten dengan lebih cepat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Matamaya dan tingkatkan performa konten TikTok Anda sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.