TikTok di era sekarang tidak hanya digunakan sebagai sumber hiburan, tapi juga sebagai sumber informasi. Banyak audiens TikTok, terutama generasi Z, sering memanfaatkan TikTok layaknya Google.
Mereka kerap menggunakan fitur pencarian TikTok untuk menemukan konten tentang topik tertentu, tutorial, atau tren terbaru. Beberapa bahkan menggunakan TikTok sebagai sumber jawaban atas pertanyaan mereka.
Menarik sekali bukan tren pemanfaatan TikTok ini? Tentunya, hal ini bisa menjadi peluang bagi brand maupun content creator untuk meningkatkan views konten. Oleh karena itu, perlu adanya strategi SEO TikTok agar konten bisa masuk di pencarian TikTok.
SEO TikTok adalah praktik search engine optimization atau cara mengoptimalkan konten agar mudah ditemukan oleh audiens ketika mereka mencari informasi di TikTok. Dalam praktiknya, bisa dikatakan bahwa pencarian di TikTok sama seperti ketika Anda mencari sesuatu di Google.
Misalnya, Anda mengetikkan keyword 'cara agar FYP' di kolom pencarian TikTok, maka TikTok akan merekomendasikan konten-konten yang membahas cara agar FYP. Konten-konten yang dimunculkan dan diprioritaskan oleh TikTok di pencariannya adalah konten yang sudah dioptimasi.
Seperti halnya mesin pencari, algoritma pencarian TikTok juga mengidentifikasi konten untuk ditampilkan ke audiens yang relevan berdasarkan keyword (kata kunci). Namun, keyword dalam TikTok tidak harus selalu berupa text, tapi juga bisa berupa suara.
Setidaknya ada 4 hal yang digunakan TikTok sebagai dasar untuk menampilkan konten di hasil pencarian:
Setelah mengetahui keempat dasar ini, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mencantumkan keyword-keyword tertentu di subtitle, caption, hashtag, atau mengatakannya lewat voice over. Cara SEO TikTok ini penting dilakukan konten Anda tidak tenggelam di antara konten-konten lainnya. SEO TikTok juga membantu meningkatkan visibilitas konten Anda, sehingga lebih banyak audiens dapat menemukan dan menikmati konten yang Anda buat.
Untuk mencari tahu apakah konten Anda sudah berhasil teroptimasi oleh SEO TikTok, Anda perlu mengecek konten Anda satu per satu. Caranya dengan memperhatikan keterangan yang tertulis di kolom pencarian yang muncul pada bagian atas konten.
Apabila tertulis 'Find related content', maka bisa diperkirakan bahwa konten Anda belum berhasil diidentifikasi oleh TikTok. Namun, apabila sudah tertulis keterangan yang relevan dengan isi konten Anda, maka konten Anda sudah teroptimasi dengan baik dan berhasil diidentifikasi oleh TikTok.
Pentingnya memahami SEO TikTok tidak bisa dianggap remeh, mengingat persaingan yang ketat di platform tersebut. Melalui penerapan strategi SEO TikTok yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda di platform tersebut.
Setelah membuat konten yang berpotensi dicari banyak orang dan menerapkan strategi SEO, Anda perlu terus memantau dan menganalisis performa konten tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui TikTok analytic dari Matamaya. Data analitik performa yang tersaji di Matamaya bisa menggambarkan keefektifan penerapan SEO untuk meningkatkan performa konten, seperti adanya peningkatan views atau engagement pada konten.