Matamaya

SEO TikTok: Cara Agar Konten Mudah Ditemukan Audiens

SEO TikTok: Cara Agar Konten Mudah Ditemukan Audiens
16 February 2024
SEO TikTok: Cara Agar Konten Mudah Ditemukan Audiens - Analisis Performa TikTok - Matamaya

TikTok di era sekarang tidak hanya digunakan sebagai sumber hiburan, tapi juga sebagai sumber informasi. Banyak audiens TikTok, terutama generasi Z, sering memanfaatkan TikTok layaknya Google.

Mereka kerap menggunakan fitur pencarian TikTok untuk menemukan konten tentang topik tertentu, tutorial, atau tren terbaru. Beberapa bahkan menggunakan TikTok sebagai sumber jawaban atas pertanyaan mereka.

Menarik sekali bukan tren pemanfaatan TikTok ini? Tentunya, hal ini bisa menjadi peluang bagi brand maupun content creator untuk meningkatkan views konten. Oleh karena itu, perlu adanya strategi SEO TikTok agar konten bisa masuk di pencarian TikTok.

 

Apa Itu SEO TikTok?

SEO TikTok adalah praktik search engine optimization atau cara mengoptimalkan konten agar mudah ditemukan oleh audiens ketika mereka mencari informasi di TikTok. Dalam praktiknya, bisa dikatakan bahwa pencarian di TikTok sama seperti ketika Anda mencari sesuatu di Google.

Misalnya, Anda mengetikkan keyword 'cara agar FYP' di kolom pencarian TikTok, maka TikTok akan merekomendasikan konten-konten yang membahas cara agar FYP. Konten-konten yang dimunculkan dan diprioritaskan oleh TikTok di pencariannya adalah konten yang sudah dioptimasi.

Apa Itu SEO TikTok - Matamaya 

 

Cara TikTok Mengidentifikasi Konten untuk Ditampilkan di Pencarian

Seperti halnya mesin pencari, algoritma pencarian TikTok juga mengidentifikasi konten untuk ditampilkan ke audiens yang relevan berdasarkan keyword (kata kunci). Namun, keyword dalam TikTok tidak harus selalu berupa text, tapi juga bisa berupa suara.

Setidaknya ada 4 hal yang digunakan TikTok sebagai dasar untuk menampilkan konten di hasil pencarian:

  1. Caption
    TikTok menggunakan teks pada caption yang mengandung keyword yang relevan dengan konten untuk membantu menentukan apakah konten tersebut cocok untuk ditampilkan kepada audiens yang mencari informasi serupa.

  2. Voice over
    TikTok juga mampu mengidentifikasi keyword yang diucapkan dalam video melalui voice over. Voice over berarti kata-kata yang Anda ucapkan dalam video dapat membantu TikTok memahami konten Anda dan menampilkan konten tersebut kepada audiens yang tepat.

  3. On-screen text
    Teks yang muncul di layar dalam bentuk subtitle atau teks tambahan dalam video dapat membantu TikTok dalam mengidentifikasi konten dan membuatnya relevan dengan pencarian audiens

  4. Hashtag
    TikTok menggunakan hashtag yang tercantum dalam konten untuk mengidentifikasi dan mengkategorikan konten. Penggunaan hashtag yang relevan dan populer dapat membantu meningkatkan visibilitas konten Anda dalam hasil pencarian TikTok.

Setelah mengetahui keempat dasar ini, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mencantumkan keyword-keyword tertentu di subtitle, caption, hashtag, atau mengatakannya lewat voice over. Cara SEO TikTok ini penting dilakukan konten Anda tidak tenggelam di antara konten-konten lainnya. SEO TikTok juga membantu meningkatkan visibilitas konten Anda, sehingga lebih banyak audiens dapat menemukan dan menikmati konten yang Anda buat.

 

Cara Cek Konten Sudah Teroptimasi oleh TikTok atau Belum

Untuk mencari tahu apakah konten Anda sudah berhasil teroptimasi oleh SEO TikTok, Anda perlu mengecek konten Anda satu per satu. Caranya dengan memperhatikan keterangan yang tertulis di kolom pencarian yang muncul pada bagian atas konten.

Apabila tertulis 'Find related content', maka bisa diperkirakan bahwa konten Anda belum berhasil diidentifikasi oleh TikTok. Namun, apabila sudah tertulis keterangan yang relevan dengan isi konten Anda, maka konten Anda sudah teroptimasi dengan baik dan berhasil diidentifikasi oleh TikTok.

Cara SEO TikTok - Matamaya

 

Kesimpulan

Pentingnya memahami SEO TikTok tidak bisa dianggap remeh, mengingat persaingan yang ketat di platform tersebut. Melalui penerapan strategi SEO TikTok yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda di platform tersebut.

Setelah membuat konten yang berpotensi dicari banyak orang dan menerapkan strategi SEO, Anda perlu terus memantau dan menganalisis performa konten tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui TikTok analytic dari Matamaya. Data analitik performa yang tersaji di Matamaya bisa menggambarkan keefektifan penerapan SEO untuk meningkatkan performa konten, seperti adanya peningkatan views atau engagement pada konten.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.