Matamaya

5 Bahaya FLKS TikTok yang Jarang Diketahui

5 Bahaya FLKS TikTok yang Jarang Diketahui
29 January 2024
5 Bahaya FLKS TikTok yang Jarang Diketahui - Analisis Performa TikTok - Matamaya

Bagi Anda para kreator pemula atau pebisnis yang baru terjun di TikTok, mungkin kerap menemukan ajakan FLKS di kolom komentar. FLKS TikTok disebut-sebut ampuh untuk mendatangkan engagement agar konten viral. Namun, dibandingkan dampak positifnya, FLKS justru lebih banyak mendatangkan dampak negatif. Benarkah?

 

FLKS TikTok Itu Apa?

FLKS adalah singkatan dari Follow, Like, Komen, dan Share. Singkatnya, FLKS merupakan strategi untuk mendatangkan followers dan mendapatkan banyak engagement di TikTok.

Misalnya, ada orang yang berkomentar FLKS pada postingan TikTok Anda, maka dapat diartikan bahwa orang tersebut mengajak Anda untuk saling mengikuti, menyukai postingan, berkomentar, dan turut membagikan konten satu sama lain.

Audiens TikTok yang aktif melakukan FLKS biasa disebut "Pejuang FLKS". Mereka tidak hanya langsung mengajak di kolom komentar, tapi juga menggunakan hashtag tertentu seperti #flks, #pejuangflks, dan #flkssupport di postingannya sendiri supaya mudah ditemukan sesama Pejuang FLKS lainnya.

Contoh FLKS TikTok - Matamaya


Bahaya FLKS TikTok 

Meskipun FLKS bisa mendatangkan engagement secara cepat, tapi secara jangka panjang justru strategi ini bisa berpengaruh negatif pada akun TikTok Anda. Apa saja bahayanya?

  1. Target audiens tidak tepat
    Seperti pada penjelasan di atas, ajakan atau penggunaan hashtag FLKS hanya akan mendatangkan engagement dari sesama Pejuang FLKS yang belum tentu sesuai dengan target audiens Anda. Tentu, hal ini hanya akan merugikan Anda terutama jika akun Anda ditujukan untuk bisnis.

  2. Penurunan kualitas konten
    Kemudian, jika Anda terlalu fokus untuk memperoleh FLKS, Anda mungkin cenderung mengenyampingkan kualitas dan relevansi konten dengan target audiens. Toh, bagaimanapun konten Anda tetap mendapatkan views dan engagement walaupun dari Pejuang FLKS. Padahal, menciptakan konten yang relevan dan berkualitas adalah modal penting untuk menarik target audiens.

  3. Teridentifikasi spam oleh TikTok
    Jika sebuah akun tiba-tiba mengalami lonjakan besar dalam jumlah interaksi, seperti likes atau komentar, tanpa alasan yang jelas, hal ini dapat menimbulkan kecurigaan dan dianggap sebagai upaya spam. Begitu pula bagi para Pejuang FLKS yang membagikan komentar yang sama di banyak video atau meminta likes secara agresif ke banyak akun juga dapat dianggap sebagai akun spam oleh TikTok.

  4. Pengurangan engagement 
    Ketika audiens lain mendapati bahwa komentar-komentar akun Anda didapatkan dengan melalui FLKS, mereka mungkin akan kehilangan kepercayaan dan minat pada akun Anda. Kedepannya, interaksi aktif seperti likes, komentar, atau shares dari audiens akan berkurang.

  5. Algoritma akun memburuk
    Algoritma TikTok dikenal kerap mengutamakan konten yang memiliki engagement berkualitas dan didapatkan secara organik. Jika sebagian besar engagement pada suatu akun terdiri dari FLKS yang tidak otentik, akun tersebut mungkin dianggap kurang relevan atau kurang menarik oleh algoritma, yang pada gilirannya dapat menurunkan jangkauan dan visibilitas konten tersebut.

 

Apa yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Engagement TikTok?

Cara Meningkatkan Engagement TikTok - Matamaya

Dibandingkan menggunakan strategi FLKS, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk membangun keberhasilan dan engagement yang berkelanjutan di TikTok:

  1. Fokus pada kualitas konten
    Fokuslah pada menciptakan konten yang unik, menarik, dan relevan bagi audiens.

  2. Konsisten posting
    Jadwalkan waktu untuk membuat dan membagikan konten baru secara konsisten.

  3. Berinteraksi dengan pengikut
    Aktif menanggapi komentar dan menjawab pertanyaan audiens akan membantu meningkatkan engagement akun dan menjaga ketertarikan audiens.

  4. Mengikuti tren
    Membuat konten sesuai tren bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak views dan engagement.

  5. Analisis performa konten dan pertumbuhan akun
    Selalu pantau performa konten Anda menggunakan TikTok analytic tool dari Matamaya. Pelajari strategi konten apa yang berhasil untuk meningkatkan engagement, begitu pula penyebab ketidak berhasilannya.

    Selain memantau performa konten, pantau juga pertumbuhan keseluruhan akun Anda. Perhatikan apakah ada peningkatan dalam jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, atau jangkauan konten Anda dari waktu ke waktu. 

Dengan fokus pada pembuatan konten yang berkualitas, aktif berinteraksi, dan melakukan analisis konten serta akun, Anda dapat dapat membangun audiens yang lebih autentik dan terlibat secara organik, tanpa harus terlalu bergantung pada strategi FLKS yang berpotensi merugikan.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.