TikTok advertising hadir sebagai channel yang tidak dapat dilewatkan oleh marketer, dan brand-brand besar telah bergabung ke dalamnya. Brand seperti BMW, Levi's, dan Prada adalah sebagian perusahaan yang berfokus untuk memaksimalkan penargetan di TikTok. Lebih banyak brand terkemuka telah mengalokasikan lebih banyak budget advertising mereka di TikTok, termasuk Abercrombie dan Pizza Hut. Hal ini karena mereka menyadari adanya perubahan signifikan, dimana brand mengalami peningkatan audience dan kualitas keterlibatan yang pada akhirnya mengarah pada pembelian atau konversi.
Dalam hal membangun brand dan meningkatkan jangkauan bisnis, kita tentu menyadari bahwa tidak ada tempat yang lebih baik untuk memulai selain dengan data. TikTok memiliki potensi yang besar, akan tetapi untuk dapat mengetahui apakah campaigns yang kamu lakukan benar-benar akan membuahkan hasil, itu bukan pekerjaan yang mudah dan butuh konsistensi. Dengan memeriksa dan memahami analytics secara teratur, kamu dapat menemukan pola yang dapat membantumu membagikan konten yang lebih menarik dan sukses di masa mendatang. Untuk menghemat banyak waktu, TikTok analytics tools sekarang tersedia langsung di website Matamaya, sehingga kamu dapat dengan mudah mempelajari lebih lanjut tentang kinerja video dengan menampilkan jumlah likes, comments, views, share, demografi audience, kinerja kompetitor, dan banyak lagi.
Seperti kebanyakan aplikasi social media, TikTok juga dilengkapi dengan data dalam aplikasi dan in-app analytics tool untuk membantu melihat postingan mana yang berkinerja baik dan bagaimana audience terlibat dengan akun bisnismu. TikTok analytics tools, baik in-app atau yang disediakan oleh third party seperti Matamaya, harus menjadi bagian penting dari strategi social media bisnismu. Kamu dapat mengandalkan metrik untuk menentukan apa, bagaimana, dan kapan waktu terbaik untuk memposting video advertising-mu.
Namun sebelum dapat melakukan analytics di TikTok, kamu harus melakukan pengalihan akun ke Pro untuk mendapatkan akses ke analytics. Kamu hanya perlu masuk ke pengaturan akun kemudian klik Manage My Account. Di halaman berikutnya, di bagian bawah, klik Switch to Pro Account. Setelah kamu selesai melakukannya, kamu akan diminta untuk memilih kategori.
(https://newsroom.tiktok.com/en-us/product-tutorial-tiktok-analytics)
Untuk mengakses analitik, kamu hanya perlu untuk mengklik gambar profil akunmu, dan klik See Analytics. Secara keseluruhan, terdapat tiga jenis analitik utama di TikTok:
Selanjutnya, mari kita melihat kegunaan dan metrics apa saja yang terdapat di berbagai tab di dalam TikTok analytics dashboard.
Di tab Overview, kamu akan memperoleh akses ke tiga bagian penting data, yakni Video Views, Follower, dan Profile Views. Ketiganya sangat berguna untuk mendapatkan pemahaman tentang kinerja kontenmu secara keseluruhan.
(https://blog.hootsuite.com/tiktok-analytics/)
Tab Follower analytics memungkinkanmu untuk fokus pada audience TikTok-mu, lebih memahami siapa followermu dan cara terbaik untuk melibatkan mereka. Di bawah tab Follower, kamu akan menemukan informasi tentang jumlah follower total dan tingkat follow dan unfollow selama rentang tanggal yang kamu pilih. Selain itu, disini kamu akan melihat informasi tentang dimana followermu mengakses video, usia, jenis kelamin dan kapan sebagian besar followermu online, guna membantu menentukan waktu pengeposan terbaik. Kamu juga akan menemukan data tentang trend dan audio yang diminati follower-mu, hal ini dapat membantu dalam penyusunan ide konten berikutnya.
Berikut breakdown dari metrics yang dapat kamu temukan di tab Follower:
Metrics ini menjelaskan distribusi followermu berdasarkan negara. Ada maksimal 5 negara yang akan ditampilkan selama masing-masing negara memiliki setidaknya 1% dari total jumlah follower-mu.
Tab Content memungkinkanmu untuk fokus secara khusus pada postingan TikTok-mu sebelumnya. Dengan menggunakan content analytics tool, kamu akan dapat melihat berapa banyak video yang telah kamu post, berapa banyak video yang sedang trend, dan bagaimana kinerja setiap video dalam hal jangkauan dan keterlibatan.
Saat kamu mengklik satu video, kamu akan menemukan informasi terkait:
Selain analytics tool yang dapat kamu jumpai di aplikasi TikTok, terdapat berbagai analytics tools yang tersedia di pasar dengan keunggulan di bidang tertentu, namun Matamaya merupakan salah satu tool yang menawarkan fitur komprehensif.
Matamaya adalah social media management tools yang dapat kamu gunakan untuk melakukan TikTok analytics, dimana dari sini kamu akan mendapatkan akses ke insights profil atau video apa pun. Jika kamu mencari cara untuk membangun strategi campaign yang berokus pada audience, mengetahui strategi pesaing atau keberhasilan akun serupa, ini adalah tool yang tepat.
Dengan melakukan analytics di Matamaya, kamu dapat mengukur dan melacak profil berdasarkan kemajuan harian, jumlah follower, tingkat engagement, video views, sentiment analytics, dan banyak lagi. Selain itu, tool ini juga dapat membantumu mencari influencer yang relevan dengan target marketing-mu serta dapat digunakan oleh influencer untuk menemukan cara agar tetap berada di atas strategi kompetitor mereka.