LinkedIn tidak lagi hanya menjadi platform untuk mencari pekerjaan atau membangun jaringan profesional. Saat ini, LinkedIn juga menjadi salah satu platform terkemuka untuk pemasaran bisnis. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu LinkedIn marketing, manfaatnya, dan strategi kunci untuk berhasil dalam memanfaatkan platform ini.
Apa Itu LinkedIn Marketing?
LinkedIn marketing adalah upaya untuk mempromosikan brand, produk, atau layanan Anda kepada audiens profesional yang aktif di platform tersebut. Dalam praktiknya, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur LinkedIn untuk membangun brand awareness, menghasilkan prospek, dan meningkatkan keterlibatan audiens.
Manfaat LinkedIn Marketing Bagi Bisnis
Terdapat banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dengan melakukan marketing di LinkedIn, di antaranya:
- Mencapai audiens profesional
LinkedIn memiliki lebih dari 740 juta anggota, sebagian besar dari mereka adalah kalangan professional yang aktif di masing-masing bidang. Melihat potensi ini, LinkedIn memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang relevan dengan bisnis Anda.
- Membangun kredibilitas
Dengan berbagi konten yang relevan dan berharga, Anda dapat membangun kredibilitas dan reputasi sebagai bisnis yang terpercaya di industri Anda.
- Meningkatkan jaringan dan hubungan bisnis
LinkedIn memungkinkan Anda untuk terhubung dengan profesional dan pemimpin industri lainnya, yang dapat membantu Anda memperluas jaringan Anda dan membangun hubungan bisnis yang berharga.
- Meningkatkan pemahaman target market
Hasil performa konten LinkedIn marketing juga dapat membantu Anda dalam menilai keefektifan komunikasi dan memahami target pasar lebih baik.
- Menghasilkan prospek dan penjualan
Dengan memanfaatkan fitur seperti mengatur audiens yang dapat melihat konten Anda, Anda dapat menghasilkan prospek yang berkualitas dan meningkatkan penjualan.
Langkah-Langkah Melakukan LinkedIn Marketing
LinkedIn marketing bisa menjadi strategi yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda, terutama untuk B2B (business-to-business). Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulainya:
- Tentukan tujuan
Sama seperti strategi marketing lainnya, tentukan dulu tujuan Anda dalam menggunakan LinkedIn marketing. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, menghasilkan lead (calon pelanggan), atau mengarahkan traffic ke website Anda? Dengan tujuan yang jelas, Anda bisa mengembangkan strategi konten yang lebih terarah.
- Optimalkan profil bisnis Anda
Profil LinkedIn Anda adalah etalase brand Anda secara online. Jadi, pastikan profil Anda lengkap, menarik, dan profesional. Lengkapi profil, gunakan headline yang informatif, dan manfaatkan halaman produk untuk mengenal variasi produk/ layanan yang Anda miliki. Sertakan juga link website Anda dan gunakan kata kunci yang relevan dengan bidang usaha Anda.
- Jalin koneksi
LinkedIn adalah platform untuk membangun jaringan profesional. Jika Anda adalah admin, Anda bisa mengirimkan undangan ke halaman LinkedIn yang Anda kelola ke orang-orang yang relevan dengan bisnis Anda, seperti target audiens, rekan bisnis potensial, dan influencer di bidang Anda.
- Konten berkualitas
Umumnya, orang menggunakan LinkedIn untuk mencari informasi dan terhubung dengan para profesional. Oleh karena itu, penting untuk memposting konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi target audies Anda. Konten bisa berupa artikel, infografis, atau dokumen file yang berkaitan dengan bidang usaha Anda. Pastikan konten Anda informatif, menarik, dan konsisten dengan brand Anda.
- Aktif berinteraksi
Jangan hanya memposting konten, tapi juga aktiflah berinteraksi dengan audiens LinkedIn Anda. Tanggapi komentar dan pertanyaan yang muncul pada postingan Anda. Anda juga bisa aktif memberikan likes dan berkomentar pada postingan target potensial untuk menarik perhatiannya. Dengan cara ini, Anda bisa membangun hubungan dan meningkatkan jangkauan bisnis Anda.
- Analisis dan evaluasi
Lihat konten mana yang paling efektif menjangkau audiens dan mengandung interaksi mereka. Perhatikan pula sejauh mana perkembangannya dibandingkan kompetitor. Kemudian, sesuaikan strategi Anda berdasarkan hasil analisis untuk meningkatkan performa marketing Anda di LinkedIn.
Evaluasi LinkedIn Marketing Anda Lewat Matamaya!
Matamaya merupakan social media monitoring tool yang menyediakan LinkedIn analytics yang sangat berguna untuk mengevaluasi LinkedIn marketing Anda. Lewat datanya yang lengkap dan kemudahan mendapatkan report dalam format Excel dan PowerPoint secara otomatis Matamaya juga dapat membantu Anda memantau hal-hal berikut:
- Performa tiap content pillar untuk mengetahui perbandingan efektivitas konten berdasarkan tiap objektif bisnis
- Perbandingan performa dengan kompetitor guna menemukan kelemahan dan kekuatan masing-masing
- Word cloud admin dan audiens untuk memahami ketepatan komunikasi admin dengan respon audiens Anda, dan masih banyak lagi