Matamaya

Strategi Pemasaran Sukses: 6 Fitur Instagram yang Perlu Dikuasai Bisnis

Strategi Pemasaran Sukses: 6 Fitur Instagram yang Perlu Dikuasai Bisnis
26 February 2024
Strategi Pemasaran Sukses: 6 Fitur Instagram yang Perlu Dikuasai Bisnis  - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Seperti halnya platform media sosial lain, Instagram juga menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis membangun kehadiran online yang kuat serta mengembangkan strategi social media marketing yang efektif. Oleh karena itu, penting untuk terus-menerus update dengan fitur Instagram terkini.

 

Apa Saja Fitur Instagram yang Mendukung Kesuksesan Bisnis?

1. Fitur Story

Fitur story merupakan fitur yang memungkinkan bisnis untuk berbagi konten sementara selama 24 jam. Story dikenal bisa meningkatkan engagement akun sebuah bisnis karena umumnya konten story lebih interaktif dibandingkan konten lainnya.

Selain itu, story juga bisa digunakan untuk meningkatkan halaman website melalui sticker link. Pada sticker link, Anda bisa menambahkan link langsung dalam story, sehingga audiens dapat langsung mengakses situs web atau halaman yang terkait dengan konten yang Anda bagikan dalam story.

2. Fitur Post

Fitur Post - Instagram

Fitur post merupakan fitur Instagram yang penting untuk membangun brand awareness di Instagram. Anda bisa membagikan konten-konten yang relevan ke audiens dengan visual menarik melalui fitur ini. 

Teks atau caption juga bisa ditambahkan untuk memperjelas konteks konten maupun mengundang audiens untuk berinteraksi. Jika ingin memperluas jangkauan konten, maka Anda dapat menambahkan hashtag-hashtag yang relevan.

3. Fitur Reels

Saat ini, Instagram sangat mendorong penggunanya untuk memaksimalkan fitur reels. Itulah alasannya konten-konten berupa video pendek cenderung mendapatkan reach yang lebih tinggi dibandingkan konten berupa foto.

Oleh karena itu, reels merupakan pilihan yang tepat apabila Anda ingin meningkatkan jangkauan dan visibilitas bisnis. Tambahan musik dan suara juga menjadikan konten reels lebih menyenangkan untuk dinikmati sehingga bisa menarik lebih banyak perhatian audiens.

4. Fitur Broadcast Channel

Fitur Broadcast Channel - Matamaya

Fitur Instagram yang satu ini memang masih jarang digunakan bisnis, tapi bukan berarti tidak layak untuk Anda coba. Penggunaan broadcast channel cocok digunakan untuk membangun komunitas karena Anda bisa mengirim pesan ke sejumlah follower secara bersamaan dan follower dapat memberikan respon terhadap pesan tersebut

Contohnya seperti yang dilakukan oleh lembaga kursus Bahasa Inggris ini, Aarons English. Tidak hanya berbagai info seputar kursusnya,  Aarons English kerap memanfaatkan broadcast channel untuk memberikan latihan soal Bahasa Inggris. Dengan begitu, komunitas belajar bahasa Inggris bisa terbangun secara organik.

5. Fitur Live

Fitur Instagram bisnis selanjutnya adalah fitur live. Melalui live, Anda dapat berinteraksi dengan audiens melalui siaran langsung secara real-time.

Umumnya, fitur ini digunakan untuk mengadakan sesi tanya jawab atau diskusi langsung dengan audiens. Live juga bisa menjadi sarana berkolaborasi dengan influencer atau KOL. Dengan mengundang influencer atau KOL dalam live Anda, maka mengundang jangkauan dan kredibilitas acara siaran langsung yang Anda lakukan akan meningkat.

6. Fitur Collab Post

Selain bisa berkolaborasi dengan influencer lewat live, Anda dapat berkolaborasi dengan mereka dengan memaksimalkan fitur collab post. Fitur ini bisa menguntungkan bisnis Anda dan influencer satu sama lain, karena konten bisa menjangkau audiens akun bisnis dan influencer secara bersamaan.

Cara memaksimalkan fitur Instagram untuk bisnis yang satu ini cukup mudah. Anda dapat meminta influencer untuk membuat konten yang melibatkan produk atau layanan Anda. Kemudian, influencer menautkan Anda untuk berkolaborasi. Setelah itu, konten akan muncul di feed Instagram masing-masing.

 

Pantau Performa Instagram dengan Matamaya

Berdasarkan 6 fitur di atas, fitur Instagram mana yang sudah bisnis Anda manfaatkan? Tenang, Anda tidak dituntut untuk memanfaatkan semua fitur tersebut. Anda bisa memanfaatkan beberapa saja yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan bisnis Anda saat ini.

Nah, sembari mempelajari fitur-fitur ini jangan lupa untuk tetap aktif memantau performa serta efektifitas strategi konten yang sudah Anda terapkan dengan Instagram analytic dari Matamaya. Melalui Matamaya, Anda dapat dengan mudah mengetahui perkembangan engagement, performa tiap content pillar, ranking 10 postingan teratas, hingga melakukan analisis kompetitor.

Yuk, coba gratis Matamaya sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.