Jika kamu ingin memulai mengembangkan akun Instagram, memantau Instagram analytics adalah hal yang penting untuk dilakukan. Instagram analytics dapat membantu bisnis kamu dalam menargetkan audiens yang tepat, meningkatkan strategi konten, dan menjangkau audiens baru.
Namun, mempelajari Instagram analytics dan metriknya terbilang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas mulai dari mengapa Instagram analytics penting hingga cara melakukannya.
Memantau Instagram analytics mungkin terdengar memakan banyak waktu, tetapi memantau pertumbuhannya secara keseluruhan sangat penting di era digital yang kompetitif ini. Kamu perlu mengetahui pertumbuhan pengikut, jangkauan dari setiap postingan jangkauan, dan interaksi yang kamu peroleh dari waktu ke waktu.
Dengan memantaunya secara konsisten, kamu dapat memberikan konten berkualitas tinggi kepada audiens di Instagram. Berikut merupakan alasan mengapa Instagram analytics penting untuk perkembangan akun bisnis:
Memahami tentang Instagram audience analytics merupakan hal yang penting bagi bisnis agar bisa mendalami minat audiens yang menikmati konten. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan strategi konten dan waktu posting yang sesuai.
Kamu bisa mengakses Instagram audience analytics secara langsung melalui aplikasi Instagram. Caranya adalah dengan buka “Professional dashboard” pada halaman profil. Kemudian, pilih “Insight Akun” dan ketuk “Lihat Semua”. Ketuk lagi pada tab “Total pengikut” yang ada di bagian “Gambaran Umum”. Dari sini, kamu akan dapat melihat analitik pengikut Anda hingga 90 hari.
Berikut metrik penting yang bisa kamu perhatikan saat menganalisis audiens:
Terdapat dua cara dalam melakukan Instagram feed post analytics. Cara pertama adalah melalui “Professional dashboard” pada halaman profil. Kemudian, pilih “Insight Akun” dan ketuk “Lihat Semua”. Dari “Gambaran Umum”, gulir ke bawah ke “Konten yang Anda Bagikan”, lalu klik panah kanan di sebelah jumlah postingan. Kamu dapat memilih jangka waktu dari 7 hari hingga 2 tahun terakhir dan memfilter berdasarkan jenis postingan (foto atau video).
Analitik setiap postingan pun bisa didapatkan dengan mengetuk “Lihat Insight” yang terdapat di bawah postinganmu. Sebuah halaman akan menunjukkan interaksi konten, kunjungan profil, dan jangkauan secara detail dari Instagram feed post analytics.
Berikut metrik penting yang bisa kamu perhatikan saat menganalisis postingan feed:
Dari pembahasan di atas, dapat kita lihat bahwa terdapat banyak metrik Instagram yang perlu kamu lacak dan laporkan. Di luar itu pula masih terdapat Instagram live dan story yang sebaiknya kamu perhatikan untuk mengetahui keterlibatan audiens. Tentunya, untuk dapat melakukannya kamu perlu banyak waktu dan konsisten agar mendapatkan hasil terbaik.
Untuk memudahkanmu, kamu bisa menggunakan tools di luar yang disediakan Instagram. Matamaya dapat menyajikan data-data Instagram analytics yang kamu perlukan melalui laporan media sosial yang mudah kamu pahami. Metrik yang dapat kamu temukan dalam Matamaya meliputi pertumbuhan pengikut, demografi pengikut, detail performa konten, hingga monitoring performa kompetitor pun bisa kamu temukan.
Jika kamu sedang melakukan campaign melalui Instagram seperti giveaway ataupun influencer, kamu akan mudah melacak keberhasilannya melalui menu Activity. Tidak perlu repot untuk menyusunnya satu per satu dalam sebuah laporan. Kamu dapat mengunduh laporan Instagram analytics dalam file Ms. Excel dan Ms. Power Point langsung dari dashboard Instagram analytics Matamaya.