Matamaya

Langkah Membuat Instagram Analytics Report yang Tepat

Langkah Membuat Instagram Analytics Report yang Tepat
22 January 2023
Langkah Membuat Instagram Analytics Report yang Tepat - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Dalam menjalankan komunikasi pemasaran yang efektif di Instagram, diperlukan sejumlah data untuk menghasilkan langkah yang strategis. Maka dari itu, melakukan analisis dan membuat report secara reguler merupakan cara yang tepat demi mendapatkan data tersebut. Bagi kamu yang ingin membuat report yang lebih baik atau pun ingin mengevaluasi yang sudah dibuat selama ini, mari pelajari artikel ini. 

 

Cara Membuat Instagram Analytics Report

Instagram analytics report bukan hanya sekadar untuk melaporkan pencapaian yang sudah didapatkan, tetapi juga untuk untuk memetakan langkah yang perlu diambil selanjutnya. Oleh karena itu, dalam menyusunnya tidak bisa sembarangan karena nantinya hanya akan membuat report tersebut sebatas formalitas saja.

Sejumlah metrik penting dianalisis dan kamu juga membutuhkan tools untuk membantu analisis. Berikut langkah membuat Instagram analytics report yang bisa digunakan sebagai panduan untuk mendukung kemajuan performa media sosial kamu ke depannya:

  1. Tentukan KPI media sosial
    KPI media sosial dapat membantu kamu untuk mengevaluasi kinerja kampanye atau postingan media sosial. Kamu dapat mengukur seberapa efektif bisnis dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan di awal. Terdapat berbagai KPI yang bisa kamu terapkan seperti brand awareness, engagement, lead generation, dan sales generation.

    Untuk menetapkan KPI, kamu bisa menggunakan metode SMART. SMART merupakan singkatan dari spesific, measurable, achievable, relevant, dan time based. Dengan kata lain, SMART adalah panduan yang digunakan untuk menetapkan goals secara detail dan dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu. 

    Contohnya, meningkatkan followers Instagram dari 10.000 menjadi 12.000 pada selama 2 bulan dengan cara mengadakan kerjasama dengan KOL karena semakin tinggi followers semakin tinggi brand awareness. Tujuan tersebut paling lambat harus tercapai paling lambat April 2023.

  2. Analisis performa Instagram
    Instagram Analytics Metrics - Matamaya
    Dalam menganalisis performa Instagram sebaiknya sesuaikan dengan KPI yang sudah kamu tentukan. Hal ini karena tidak semua metrik perlu diukur, cukup ukur metrik penting yang sesuai dengan tujuan atau KPI.

    Contohnya, gunakan Instagram analytics metrics berupa reach dan impressions untuk mengukur brand awareness. Sementara itu, gunakan metrik berupa engagement rate dari setiap konten maupun performa akun secara umum apabila tujuanmu adalah meningkatkan interaksi audiens (engagement).

  3. Lakukan audit kompetitor
    Audit kompetitor merupakan cara untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi kompetitor. Setelah berhasil mengidentifikasinya, kamu perlu membandingkan antara strategi yang kamu jalankan dengan yang kompetitor gunakan untuk  mengetahui kekuatan dan kelemahannya.

    Berikut empat langkah cara melakukan audit kompetitor di media sosial:
    a. Analisis profil kompetitor
    Profil kompetitor ini meliputi jumlah postingan, jumlah pengikut, visual halaman media sosial, informasi yang tercantum di bio, dan CTA yang digunakan. Dengan menganalisis profil, kamu akan mengetahui strategi pemasaran mereka gunakan secara singkat.

    b. Analisis strategi konten kompetitor
    Hal penting yang perlu kamu perhatikan saat menganalisis strategi konten kompetitor meliputi topik, format, dan engagement konten. Contohnya, menganalisis persentase format video seperti lebih banyak video atau gambar. Apabila konten tersebut memiliki engagement yang tinggi, dapat dikatakan strategi tersebut berhasil diterapkan.

    c. Identifikasi influencer yang bekerja sama dengan kompetitor
    Saat ini, peranan influencer penting guna meningkatkan brand awareness di media sosial. Oleh karena itu, banyak brand berlomba-lomba bekerja sama dengan influencer.

    Seorang influencer dapat bekerja sama dengan banyak brand sehingga kamu perlu mengidentifikasi terlebih dahulu influencer yang sudah bekerja sama dengan pesaingmu. Untuk mengidentifikasinya, kamu bisa memantau melalui hashtag dan mention yang sering mereka cantumkan pada postingan.

    Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan tools Matamaya untuk memantau hashtag dan mention serta Instagram analytics metrics lainnya di akun influencer. Hasilnya, kamu tidak perlu mengidentifikasi secara manual dan bisa menghemat banyak waktu.

  4. Berikan rekomendasi strategi berikutnya
    Setelah mendapatkan insight dari performa media sosial yang kamu miliki dan juga kompetitor, kamu dapat mulai rekomendasi untuk periode berikutnya. Rekomendasi berfungsi sebagai panduan tentang hal yang perlu dilakukan dan cara melakukannya.

    Apabila performa bulan lalu sudah mencapai KPI maka kamu bisa menerapkan strategi yang serupa dengan bulan berikutnya. Namun, apabila masih perlu peningkatan maka berikan cara untuk mencapai KPI secara detail.

    Contohnya untuk meningkatkan engagement rate maka cara yang digunakan adalah membuat story yang interaktif atau mencantumkan CTA berupa like dan comment lebih sering pada postingan.

 

Cara Mendapatkan Instagram Analytics Report Otomatis

Instagram Analytics Report - Matamaya

Perlu diketahui bahwa saat ini Instagram belum mendukung ekspor data sepenuhnya sebagai lembar Excel atau PDF. Hanya beberapa Instagram analytics metrics yang bisa diunduh file-nya yaitu reach, page atau profile visits, dan pertambahan followers sehingga jika kamu membutuhkan metrik lainnya, kamu perlu menggunakan tangkapan layar dan mengkompilasi data bersama. Kamu dapat melihat data tersebut melalui Meta Business Suite di desktop. 

Meskipun begitu, masih terdapat cara lain untuk mendapatkan report yang komprehensif yaitu dengan menggunakan Instagram analytics tools 2023 yaitu Matamaya. Alasan pertama untuk menggunakan Matamaya adalah semua metrik yang ada pada Instagram Insight dapat ditampilkan juga di dashboard Matamaya. Bahkan, kamu juga mendapatkan performa kompetitor secara rinci. 

Kedua, report dapat diunduh dalam format PowerPoint dan Excel. Cukup mengatur periode analisis dan memilih tombol unduh sesuai format yang diinginkan. Ketiga, report yang sudah diunduh dapat dikustomisasi sesuai dengan branding perusahaan atau pun kebutuhan klien. Dengan begitu, kamu akan lebih menghemat banyak waktu dan tenaga untuk menyusun report.

Copyright © Matamaya 2023. Allright reserved.