Instagram sebagai platform yang paling banyak diakses kedua setelah Facebook merupakan social media visual pertama yang populer dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan dan 500 juta story Instagram setiap hari. Berkat basis pengguna-nya yang luas, platform ini juga berfungsi untuk tujuan marketing, menawarkan produk bisnis kepada audience yang sangat luas.
Selain basis pengguna yang luas, banyak marketer telah membuktikan memperoleh pendapatan yang tinggi dari Instagram mobile. Instagram menawarkan peningkatan konversi lebih baik dari platform lainnya karena lebih dari 1/3 audience menggunakannya untuk membeli produk. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak kamu beriklan di Instagram, semakin tinggi kemungkinan produk-mu terjual.
Instagram juga menawarkan banyak opsi penargetan karena memberikanmu akses ke berbagai informasi terkait demografi audience, lokasi, preferensi, dan banyak lagi. Kamu juga dapat membangun hubungan brand-follower yang lebih baik, memungkinkan brand-mu untuk terlibat dalam percakapan dengan follower, memahami audience berdasarkan keterlibatan guna membantu dalam pembuatan keputusan berdasarkan data dan terinformasi dengan baik tentang konten bisnismu. Semua hal ini dapat secara signifikan meningkatkan peluang followermu untuk berubah menjadi customer.
(https://analisa.io/blog/How-Instagram-Analytics-Can-Help-Boost-ROI-in-2019)
Untuk mengembangkan akun Instagram-mu lebih lanjut, mengetahui Instagram analytics untuk marketing dan memahami dimana posisi brand-mu saat ini di antara kompetitor di industri sejenis adalah upaya yang tepat untuk memulai. Analytics tidak hanya akan membantu mengetahui siapa audience bisnismu, tetapi juga akan memberi ide tentang waktu terbaik untuk memposting, jenis konten apa yang paling banyak digunakan audience, menemukan cara untuk meningkatkan strategi konten dan menjangkau audience yang lebih luas.
Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan lebih rinci 4 keuntungan menggunakan Instagram analytics untuk melacak kinerja Instagram bisnis:
Ada banyak aplikasi Instagram analytics yang dapat kamu gunakan untuk membantu melacak kemajuan strategi pemasaran dan menemukan area untuk perbaikan. Beberapa tools yang tersedia di market ada yang gratis dan berbayar. Disini, kami akan menjelaskan beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dari analytics tool gratis dan berbayar, sehingga kamu dapat mengatur resource untuk mendapatkan upaya yang sepadan. Berikut keuntungan menggunakan Instagram analytics gratis dan berbayar:
Tentunya perbedaan mendasar antara analytics gratis dan berbayar adalah pembiayaan. Dibandingkan analytics berbayar, menggunakan analytics gratis dapat membantu bisnis untuk menekan anggaran pemasaran. Jika bisnis yang kamu jalankan merupakan bisnis baru atau skala kecil, menggunakan Instagram analytics tool gratis seperti Matamaya adalah pilihan yang bagus. Alat ini memungkinkanmu untuk melihat metrik seperti pertumbuhan, engagement, kinerja hashtag, benchmark dll. Selain membantu menekan anggaran pemasaran bisnis, analytics tool gratis pada umumnya lebih mudah digunakan karena akses terhadap fitur yang tidak terlalu kompleks. Tidak semua orang memiliki pengalaman menggunakan analytics tool, sehingga tools gratis menjadi pilihan terbaik karena tidak terlalu sulit untuk dipahami bagi pemula.
Menggunakan Instagram analytics tools berbayar merupakan pilihan yang tepat dan sepadan bagi perusahaan yang lebih besar. Hal ini karena mereka cenderung memerlukan laporan yang lebih mendetail dan metrik tingkat lanjut yang pada umumnya tidak diperoleh dari analytics tools gratis. Fitur-fitur yang disediakan analytics tool berbayar cukup berbeda dengan analytics tool gratis, dimana kamu tidak hanya akan mendapatkan akses metrik dasar, tetapi juga informasi yang lebih rinci dan data yang lebih variatif untuk dilihat. Selain menyediakan fitur dasar pada skema gratis, Matamaya memiliki fitur berbayar yang memungkinkan bisnis skala besar untuk melakukan analytics dan memperoleh metrik tingkat lanjut seperti sentiment analytics, hashtag ranking, konten berkinerja terbaik, lokasi follower, demografi dll. Kamu juga dapat menggunakan analytics tool berbayar untuk membandingkan kinerja kampanye-mu dengan kompetitor berdasarkan tingkat engagement.