Matamaya

Instagram Analytics Tools for Business 2023

Instagram Analytics Tools for Business 2023
09 September 2022
Instagram Analytics Tools for Business 2023 - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Instagram Analytics Tools

Semua orang tahu Instagram adalah bagian sentral dari banyak kampanye pemasaran online dan merupakan social media platform terbesar yang dapat membantu bisnis mendapatkan keuntungan tanpa batas. Instagram sangat bagus untuk mengenal customer-mu lebih baik sebelum terlibat dengan mereka. Namun, semakin banyak industri dan bisnis bergabung setiap hari, itu menjadi tidak mudah untuk menargetkan atau menargetkan ulang audience. Karena Instagram dapat digunakan untuk banyak hal, termasuk memanfaatkan konten yang dibuat user, Instagram dapat dibuat jauh lebih berguna jika kamu dapat menggali datanya. Di sinilah Instagram Analytics tools berperan, yang dapat membantu melacak dan menganalisis insights Instagram bisnismu.

 

Keuntungan Menggunakan Instagram for Business

Instagram Analytics sangat penting untuk menumbuhkan profil Instagram bisnis. Hal ini karena insights yang kamu peroleh dari Instagram Analytics dapat membantu meningkatkan SEO Instagram bisnis. Kamu tidak dapat mengetahui apa reaksi, kebutuhan, keinginan audience-mu jika kamu tidak melacak konten Instagram-mu. Kemudian kau dapat melakukan analisis data pemasaran untuk meningkatkan bisnismu.

Metrik-metrik yang tersedia di Instagram Analytics berguna untuk bisnismu karena memiliki banyak manfaat seperti:

  • Mengetahui kebutuhan dan keinginan audience.
  • Mengetahui waktu terbaik untuk terhubung dengan audience.
  • Mendapatkan data pemasaran yang berguna untuk kemajuan konten.
  • Meningkatkan engagement Instagram.
  • Mendapatkan real follower Instagram.
  • Mengembangkan bisnis secara online dengan mudah.

Keuntungan Menggunakan Instagram for Business - Matamaya

Selain itu, social media platform ini juga memiliki audience yang besar di seluruh dunia. Menurut beberapa sumber data, keunggulan Instagram dibandingkan social media platform lain adalah sebagai berikut:

  • Instagram kini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif.
  • Instagram memiliki engagement 23% lebih besar dari Facebook yang notabene merupakan platform dengan pengguna aktif terbesar.
  • Lebih dari 70% pengguna Instagram berusia di bawah 34 tahun.
  • Sekitar 70% pengguna menonton Instagram story setiap hari.
  • 71% konten Instagram adalah postingan gambar.
  • 75% bisnis memiliki akun Instagram.

Oleh karena itu, Instagram layak untuk investasi bisnismu.

 

Best Instagram Analytics Tool

Best Instagram Analytics Tool - Matamaya

Instagram Analytics tools adalah alat yang dapat membantumu mengukur kinerja halaman, dan postingan Instagram. Saat ini ada lusinan analytics tool populer di luar sana, baik yang gratis ataupun berbayar.

Pada umumnya Instagram Analytics tools dapat membantumu memperoleh berbagai insights yang berharga untuk pengembangan strategi pemasaran bisnis, seperti lokasi follower, usia, konten apa yang mereka sukai, dan apa yang mereka ikuti. Dengan alat ini, kamu dapat mulai memahami apa yang sesuai dengan audience yang kamu targetkan, dan menyelami cara mengoptimalkan konten yang diminati oleh target audience.

Di sini kami menyajikan 3 Instagram Analytics gratis paling berguna yang terbaik untuk algoritma Instagram. Ketiganya merupakan platform profesional yang dapat melakukan analisis dasar atau ikhtisar penemuan cepat dari tokoh-tokoh kunci yang paling penting. Kami akan mulai dengan yang sudah “obvious”, yakni Native Instagram Analytics, Instagram Insights. Namun, alat ini hanya menawarkan rentang fungsi yang terbatas. Oleh karena itu, kami merekomendasikan penggunaan perangkat lunak eksternal untuk mendapatkan lebih banyak insights yang dapat mendukung analisis dalam banyak kasus. Inilah 3 Best Instagram Analytics tools versi kami:

Instagram Insights - Matamaya

Instagram Insights

Instagram Insights adalah native tool yang disediakan oleh Instagram. Dibandingkan analytics tools lain, alat ini lebih mudah dimengerti, dan dapat menunjukkan kepadamu bagaimana kinerja strategi konten yang kamu jalankan selama ini. Kamu dapat mengumpulkan demografi audience, informasi terkait kapan mereka online, apa yang mereka klik, dan apa yang mereka sukai. Instagram Insights menemukan cara bagaimana pengunjung membuka postinganmu dan memberikan informasi tentang mereka. Dengan alat ini, kamu dapat melihat jumlah likes, reach, dan impressions untuk postingan iklan bisnismu. Untuk mengakses fitur Instagram Insights, kamu hanya perlu membuka akun bisnis Instagram.

Beberapa fitur yang diunggulkan dari Instagram Insights adalah pelacakan berbagai pengukuran dan insights untuk postingan atau promosi spesifik. Dari fitur pelacakan untuk berbagai pengukuran, kamu akan dapat melihat jumlah interaksi dan impressions yang telah kamu kumpulkan setiap minggunya. Kamu juga dapat melihat insights terkait audiencemu, termasuk berapa banyak follower yang kamu peroleh dari waktu ke waktu. Selain itu, fitur insights untuk postingan atau promosi tertentu dapat membantumu melihat kinerja setiap postingan secara mendetail dengan mengekliknya untuk mendapatkan data khusus per post.

 

SocialBlade

SocialBlade adalah salah satu platform favorit untuk mendapatkan metrik Instagram harian, melacak peningkatan, dan melihat prediksi masa depan. SocialBlade melacak statistik pengguna dari berbagai social media platform untuk memberikan cara yang lebih baik untuk menumbuhkan follower. Alat ini terkenal dapat menghemat lebih banyak waktu dan biaya pemasaran, karena SocialBlade juga menawarkan metrik Instagram dari profil Instagram competitor dalam satu platform, yang pada akhirnya menawarkan kesempatan untuk mendominasi niche-mu.

Hal terbaik yang ditawarkan oleh Socialblade adalah tool ini memberi lebih banyak data pemasaran dari banyak platform sosial lainnya seperti Facebook, YouTube, dan Twitter. Namun, tidak semua metrik SocialBlade gratis. Dengan menggunakan tol ini, kamu tidak perlu menginvestasikan anggaran dalam jumlah besar, kamu hanya perlu membuat akun untuk mendapatkan keuntungan dari fitur-fiturnya. 

Matamaya - Matamaya

Matamaya

Sama seperti SocialBlade, Matamaya adalah social media management platform dengan beberapa fitur hebat untuk marketers tidak hanya untuk Instagram saja, melainkan berbagai social media platform favorit lainnya. Tool ini menggabungkan fungsi peningkatan engagament, dan analitik ke dalam satu dashboard. Ada banyak fungsi analitik di sini. Dari dashboard, kamu akan memiliki akses ke puluhan metrik yang berbeda. Kamu dapat memilih mana yang ingin kamu lacak, bagaimana kamu ingin data tersebut ditampilkan, dan kemudian membuat informasi tersebut menjadi laporan yang disajikan dalam template yang mudah dibaca.

Keunggulan Matamaya dibandingkan platform lokal sejenis adalah hashtag tracking. Matamaya dapat membantu kamu mengukur dan membuktikan dampak kampanye social media mu dengan melacak sejumlah besar metrik, termasuk hashtag, follower, reach, dan impressions. Selain itu, Matamaya juga dilengkapi dengan otomatisasi analitik, dimana kamu dapat mengotomatiskan pengumpulan dan perekaman data tertentu seperti wordcloud dan melakukan influencer monitoring. Fitur influencer analytics yang disediakan Matamaya dapat digunakan untuk melacak kinerja influencer secara dekat, mengawasi apakah mereka memenuhi tujuan mereka dan apakah follower mereka real.

 

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.