Sudah menjadi rahasia umum, tanpa Instagram analitik, brand-mu akan berkeliaran di web tanpa arah. Apalagi dengan adanya lebih dari 200 juta pengguna Instagram yang disinyalir mengunjungi setidaknya satu profil bisnis setiap hari, hal ini sudah cukup membuktikan kemampuan Instagram untuk dapat menarik dan menjangkau audiens yang luas. Jadi, jika kamu menjalankan strategi pemasaran di platform Instagram tanpa merujuk insights, maka itu akan menjadi pemborosan sumber daya yang besar.
Instagram analytics memungkinkanmu memperoleh insights yang akan mendorong hasil signifikan strategi pemasaran di Instagram. Tidak hanya itu, analytics juga memungkinkanmu untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam menargetkan audiens yang tepat, membuat postingan yang lebih baik, mendapatkan lebih banyak engagement, dan views pada story-mu.
Di artikel ini, kita akan membahas mengapa penting menggunakan Instagram analytics data dan bagaimana menggunakan insights tersebut untuk memperbaiki strategi pemasaran Instagrammu. Dengan menggunakan Instagram analytics bisnis, kamu dapat memperoleh manfaat yang luar biasa sebagai berikut:
Sebagian besar metrik yang kamu peroleh di Instagram analytics dashboard can be considered as level one or most basic metrics which include followers, impressions, comments, likes, reach, and clicks. Though this information is helpful, the figures are constantly changing and only describe the situation for a certain time. To focus on continuous improvement, growth, and optimization, you should look at tier two performance metrics.
So what are the second level metrics? You can understand it from the following explanation.
Sebelum mengetahui apa itu metrik tingkat dua, kamu perlu memahami bahwa metrik tanpa konteks tidak akan membantumu mengambil tindakan. Jika kamu membandingkan jumlah follower-mu dengan influencer atau selebritas, tentu besar kemungkinan akun bisnismu akan tampak tidak mengesankan, dan melakukan perbandingan ini tidak akan mengarahkanmu ke perubahan.
Metrik kinerja tingkat dua adalah statistik yang dapat kamu gunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui performance strategi konten bisnismu. Ada tiga jenis metrik kinerja tingkat dua yang perlu kamu perhatikan untuk dapat mengidentifikasi kinerja konten, yakni pertumbuhan (growth), rate, dan rata-rata (average).
Matriks pertumbuhan akan menunjukkan kepadamu perubahan metrik (peningkatan atau penurunan), misalnya pertumbuhan impressions, reach, engagement, replies, clicks, dan pertumbuhan follower yang mencerminkan bagaimana jumlah followersmu berubah dari waktu ke waktu. Untuk mengetahui tingkat pertumbuhan, kamu dapat menghitungnya secara manual, dan perhitungan tersebut cukup mudah. Jika pada akhir bulan ini brandmu memiliki 900 followersmu, dan bulan lalu diketahui total followersmu 700, maka tingkat pertumbuhannya adalah 22,2%. Selain jumlah followers, metrik Instagram lain yang dapat kamu gunakan untuk melacak pertumbuhan adalah impression, reach, engagement, reply, dan klik.
Sementara itu, metrik rate dapat menunjukkan angka persentase yang dapat membantumu memahami metrik tertentu terhadap metrik lain. Misalnya, interaction rate memberikan kamu insight tentang persentase follower yang telah berinteraksi dengan feed post, story, dan IGTV.
Untuk post Instagram dan IGTV, metriks seperti likes, comment, saves, dan share merupakan metrik-metrik yang dapat kamu perhatikan untuk mengetahui interaction rate. Untuk story Instagram, replies dan shares dapat dianggap sebagai suatu bentuk interaction. Artinya, jika kamu memiliki 500 followers dan salah satu postinganmu menerima 200 interaksi, maka tingkat engagement postinganmu adalah 40,0%.
Metrik terakhir dari metrik tingkat dua atau metrik lanjutan adalah average. Average dapat memberi kamu tolok ukur untuk kinerja umum postingan Instagram. Misalnya, metrik rata-rata likes per postingan yang memberi insight tentang jumlah likes yang diterima setiap post Instagram yang telah kamu upload.
Untuk memperoleh metrik tingkat dua atau analisis lanjutan, kamu dapat memanfaatkan peran analytics tool yang ada di pasaran. Ada banyak analytics tool yang dapat menyediakan metrik yang beragam, namun hanya sedikit yang dapat memberikan pemahaman lebih dalam seputar follower dan analisis influencer yang berguna untuk kemajuan strategi pemasaran.
Matamaya Instagram Analytics Tool menyediakan berbagai fitur dan metrik penting yang dapat mendukung peningkatan bisnismu. Tidak hanya memberikan insights untuk feed post dan video, Matamaya juga menyediakan fitur Instagram analytics followers dan Instagram analytics influencer yang dapat memungkinkanmu memahami lebih dalam tentang follower dan influencer yang kamu butuhkan untuk pemasaran brand. Di bawah ini akan kami jelaskan sedikit tentang bagaimana fitur follower dan influencer analytics yang dimiliki oleh Matamaya dapat membantu kampanye pemasaran yang kamu lakukan, berikut penjelasan singkatnya:
Follower Analytics
Untuk menjalankan kampanye pemasaran di Instagram, melakukan analisis followers pada akun bisnis merupakan suatu pekerjaan penting. Hal ini karena tujuan akhir dari pemasaran di media sosial adalah untuk menambah lebih banyak follower guna meningkatkan penjualan produk.
Analisis follower Matamaya akan menunjukkan kepada kamu follower teratas, demografi follower, dan follower engagement untuk akun Instagram apa pun yang ingin kamu analisis, termasuk kompetitor dan influencer. Tidak hanya itu, kamu juga akan memperoleh cara agar mendapat lebih banyak followers, memahami fans dengan lebih baik, mengatur konten postingan, dan sebagainya. Namun untuk memperoleh lebih banyak follower, pertama-tama kamu harus memahami satu hal: siapa target audiens utamamu, dan Matamaya memungkinkan untuk mengidentifikasi apakah followersmu saat ini sudah sesuai dengan target audience awalmu atau tidak.
Memahami followermu dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengukur ROI. Tetapi ada baiknya untuk mengawasi kualitas follower juga. Jika kamu dapat melacak dan menjaga follower media sosialmu tetap aktif, kamu akan memiliki cara yang lebih baik untuk mendapatkan feedback pelanggan. Dengan melakukan hal ini, berarti kamu sedang berinvestasi pada aset pemasaran jangka panjang. Follower yang berkualitas dapat membantu kamu menyebarkan berita tentang produk atau layananmu. Tentunya dengan banyaknya follower yang terlibat, akan menghasilkan lebih banyak penjualan. Untuk membangun follower yang menguntungkan dalam jangka panjang, kamu harus mulai menjaga follower dari sekarang.
Fitur utama yang disediakan oleh Matamaya untuk mendukung follower analytics adalah sebagai berikut:
Ada begitu banyak orang yang menyebut diri mereka influencer sekarang sehingga mengidentifikasi akun palsu menjadi semakin sulit. Pada saat yang sama, pemasaran influencer dengan cepat menjadi prioritas dalam hal strategi pemasaran, dimana menurut sebuah studi, lebih dari 90% marketers mempercayai bahwa pemasaran influencer efektif.
Untuk menjawab trend tersebut, Matamaya memiliki sebuah fitur analytics yang berfokus pada kajian tentang performance influencer. Inilah 3 manfaat utama yang dapat kamu peroleh dengan melakukan analisis Instagram influencer di Matamaya:
Setelah mengetahui manfaat yang dapat diberikan Matamaya Instagram analytics influencer, kamu sekarang dapat fokus untuk menilai siapa follower yang tepat untuk bisnismu. Matamaya dapat memberikanmu berbagai pilihan influencer yang kamu butuhkan dengan menempatkan beberapa kriteria penilaian berikut sebagai dasar pertimbangan: