Matamaya

Instagram Analytics Bot: Pengertian, Rekomendasi Tools, dan Manfaatnya

Instagram Analytics Bot: Pengertian, Rekomendasi Tools, dan Manfaatnya
14 July 2023
Instagram Analytics Bot: Pengertian, Rekomendasi Tools, dan Manfaatnya - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Apakah kamu sedang mengelola banyak akun Instagram? Mengelola banyak akun Instagram memang melelahkan, kegiatan mengecek Instagram analytics pun bisa jadi sering terlupakan. 

Melakukan otomatisasi pekerjaan mungkin bisa menjadi solusi. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang Instagram analytics bot yang dapat membantumu dalam memantau performa Instagram secara rutin.

Apa Itu Instagram Analytics Bot?

Secara sederhana, Instagram analytics bot adalah tool yang dapat memantau performa berbagai akun Instagram dan membuat rangkuman performa mingguan secara otomatis. Rangkuman ini akan dikirimkan secara otomatis melalui e-mail yang kamu daftarkan.

Apakah Instagram Analytics Bot Aman Digunakan?

Bot legal dan aman kamu gunakan asalkan tidak melanggar ketentuan API Instagram. Selain Instagram analytics bot, terdapat juga tools untuk menjadwalkan konten dan membalas komentar yang aman digunakan. Adapun bot yang dikenal melanggar peraturan Instagram adalah bot yang menghasilkan aktivitas sporadis sperti pengikut, likes, dan views palsu di Instagram. 

4 Rekomendasi Instagram Analytics Bot

Berikut bot yang aman dan bisa kamu gunakan untuk mengotomatisasi pekerjaanmu dalam memantau performa akun Instagram:

  1. Keyhole
    Keyhole dapat membantumu dalam memantau Instagram analytics secara mudah. Kamu akan mendapatkan ringkasan laporan performa mingguan melalui e-mail. 

    Rata-rata engagement, likes, comments, dan top post dalam seminggu bisa kamu lihat tanpa harus membuka dashboard Keyhole. Kamu pun akan diarahkan untuk mengunjungi dashboard, apabila ingin melihat datanya secara lengkap.
    Instagram Analytics Bot - Matamaya

  2. Sprout Social
    Selanjutnya, terdapat Sprout Social yang dapat membandingkan performa Instagram kamu dengan pekan sebelumnya. Selain laporan mingguan, Sprout Social bisa mengirimkan laporan analisa instagram analytics bulanan otomatis ke dalam email-mu.

    Sprout Social juga akan menampilkan perkembangan jumlah pesan maupun pesan terkirim dari waktu ke waktu. Tentunya, metrik ini sangat membantu jika kamu memanfaatkan media sosial sebagai alat customer service.
    Instagram Analytics Bot - Matamaya

  3. Later
    Berbeda dengan Keyhole dan Sprout Social, laporan otomatis dari Later hanya bisa kamu dapatkan ketika berlangganan. Keyhole akan mengirimkan laporan mingguan setiap Senin sore ke e-mail yang kamu daftarkan.

    Tidak hanya e-mail pribadi, tapi e-mail atasan, rekan kerja, maupun klien bisa kamu daftarkan. Selanjutnya, Keyhole akan meneruskan laporan tersebut ke orang-orang tersebut. 
    Instagram Analytics Bot - Matamaya

  4. Flick
    Sama halnya dengan Keyhole, kamu dapat melihat postingan yang paling disukai audiens kamu di Instagram. Perbedaanya, Flick dapat menyajikan performa setiap hashtag yang kamu cantumkan dalam kontenmu. 

    Jika kamu penasaran dengan hari teraktif audiens mengunjungi profilmu, Flick juga mampu menampilkan data tersebut otomatis di e-mail kamu. 
    Instagram Analytics Bot - Matamaya


Apa Manfaat Menggunakan Instagram Analytics Bot?

Setelah mengetahui rekomendasi di atas, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Untuk lebih meyakinkanmu sebelum mencoba, kamu perlu mengetahui berbagai manfaatnya.

  1. Hemat waktu dan tenaga
    Penggunaannya sangat bermanfaat bagi pengguna yang mengelola banyak akun atau mempunyai waktu terbatas di media sosial. Dengan mengotomatiskan laporan media sosial, kamu dapat lebih fokus untuk membuat konten berkualitas dan berinteraksi dengan audiens.

  2. Mempercepat pekerjaan
    Beberapa tools mengizinkan kamu untuk mengirimkan laporan otomatis ke berbagai akun seperti klien dan rekan kerja. Kamu pun tidak perlu repot untuk mengirimkan satu per satu lagi.

    Sementara itu, bagi yang tidak memiliki access instagram analytics secara penuh juga bisa mendapatkan manfaat. Hal ini karena mereka tetap bisa mengetahui perkembangan akun yang mereka punya, walau dikelola oleh orang lain.

  3. Bermanfaat sebagai alat pengingat
    Banyaknya pekerjaan lain yang perlu dikerjakan, terkadang kegiatan mengecek Instagram analytics jadi dikesampingkan. Dengan email otomatis, secara tidak langsung kamu akan ingat bahwa kamu perlu mengecek performa akun Instagram.
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.