Matamaya

Info Terbaru Algoritma Instagram 2024 untuk Maksimalkan Jangkauan

Info Terbaru Algoritma Instagram 2024 untuk Maksimalkan Jangkauan
08 March 2024
Info Terbaru Algoritma Instagram 2024 untuk Maksimalkan Jangkauan - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Salah satu aspek terpenting dari pemahaman algoritma Instagram adalah bagaimana konten diprioritaskan dan ditampilkan di akun audiens. Dengan perubahan algoritma pada tahun 2024, terdapat penyesuaian-penyesuaian yang perlu dipahami oleh bisnis agar konten bisa menjangkau audiens yang tepat.

 

Apa Itu Algoritma Instagram?

Algoritma Instagram adalah seperti sistem penyortiran cerdas yang menentukan konten mana yang akan muncul di timeline audiens.  Singkatnya, algoritma ini yang memutuskan apa yang Anda lihat dan urutannya di halaman depan Instagram, termasuk di halaman Explore, Reels, Story, dan lainnya. 

Banyak yang beranggapan bahwa Instagram hanya memiliki satu algoritma tunggal. Namun kenyataannya, Instagram memiliki berbagai macam algoritma. Berbagai fitur Instagram seperti Feed, Story, Explore, dan Reels menggunakan algoritmanya masing-masing. Yuk, mari kita selami lebih dalam mengenai algoritma Instagram berdasarkan jenis kontennya!

 

Cara Kerja Tiap Algoritma Instagram

Cara Kerja Algoritma Instagram - Matamaya

Algoritma Feed Instagram

Ada empat faktor utama yang dipertimbangkan untuk menentukan postingan mana yang akan terlihat di feed. 

  • Minat audiens
    Seberapa besar kemungkinan audiens akan tertarik dengan postingan Anda, berdasarkan kebiasaan mereka sebelumnya dan interaksi dengan konten serupa.

  • Popularitas postingan
    Seberapa populer postingan tersebut dan seberapa cepat ia mendapatkan likes, komentar, dibagikan, dan disimpan audiens.

  • Riwayat interaksi
    Algoritma juga melihat seberapa sering audiens Anda berinteraksi dengan akun Anda. Semakin sering, maka postingan Anda akan diprioritaskan muncul dalam urutan paling atas.

 

Algoritma Story Instagram

Algoritma Story memprioritaskan interaksi dan engagement. Berikut rinciannya:

  • Keterlibatan audiens
    Hal ini mengacu pada seberapa banyak audiens berinteraksi dengan Story Anda. Menyukai Story, membalasnya dengan pesan (DM), atau membagikannya. Algoritma memprioritaskan stories dari akun yang lebih sering audiens beri interaksi.

  • Riwayat penayangan 
    Jika audiens secara konsisten melihat Story Anda, maka Instagram akan menganggap Story Anda menarik sehingga diprioritaskan untuk ditampilkan di deretan paling depan.

  • Kedekatan dengan audiens
    Hal ini lebih dari sekadar mengikuti sebuah akun saja. Ini mempertimbangkan interaksi audiens secara keseluruhan dengan Anda. Jika audiens sering berinteraksi dengan Anda melalui direct messages atau saling menandai di postingan, maka Instagram akan menilai bahwa Anda dan audiens tersebut sangatlah dekat. 

 

Algoritma Explore Instagram

Algoritma Explore Instagram - Matamaya

Algoritma Explore bertujuan untuk membantu pengguna menemukan konten baru yang menarik. Algoritma ini mempertimbangkan:

  • Informasi postingan
    Di sini, Instagram melihat popularitas keseluruhan dari sebuah postingan, termasuk berapa banyak orang yang berinteraksi dengan postingan Anda dalam waktu singkat. 

  • Aktivitas audiens di Explore
    Selanjutnya, algoritma mempertimbangkan aktivitas audiens Anda sebelumnya pada konten serupa. Ini berarti Instagram melihat bagaimana audiens berinteraksi dengan postingan di halaman Explore sebelumnya.

  • Informasi tentang akun bisnis atau kreator
    Algoritma melihat seberapa populer postingan Anda akhir-akhir ini, termasuk berapa banyak orang yang berinteraksi dengan Anda. Hal ini membantu Instagram menampilkan berbagai konten dari kreator yang berbeda di halaman Explore audiens.

 

Algoritma Reels Instagram

Algoritma Reels membantu dalam menentukan video Reels mana yang akan Anda lihat. Mari kita bahas rinciannya:

  • Aktivitas audiens
    Pertama, algoritma melihat perilaku audiens sebelumnya di Reels, seperti Reels mana yang mereka sukai, simpan, bagikan, komentari, dan interaksi lainnya. Semakin banyak audiens berinteraksi dengan sebuah Reels, semakin tinggi kemungkinan audiens akan melihat Reels serupa atau dari kreator yang sama.

  • Interaksi dengan pembuat
    Jika audiens pernah berinteraksi dengan Reels Anda, sekalipun belum mengikuti maka kemungkinan mereka dapat terpapar dengan Reels Anda kembali.

  • Informasi Reels
    Algoritma kemudian mempertimbangkan faktor-faktor seperti trek audio (musik latar), durasi video, dan teks caption untuk menentukan seberapa menarik Reels tersebut bagi audiens. Misalnya, jika audiens sering menonton Reels dengan musik tertentu, maka mereka mungkin akan melihat lebih banyak Reels dengan musik serupa.

 

Pantau Keberhasilan Anda di Instagram dengan Matamaya!

Instagram Analytics - Matamaya

Memiliki pemahaman yang baik tentang cara kerja algoritma Instagram dapat membantu Anda dalam membuat strategi Instagram yang lebih tepat. Namun, Anda juga perlu dukungan Instagram analytics yang mampu menunjukkan performa konten yang berhasil maupun tidak. 

Cara termudah melakukannya adalah menggunakan Instagram analytics tools seperti Matamaya. Matamaya memungkinkan Anda untuk memantau performa postingan Feed, Story, dan Reels secara komprehensif. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh laporan Instagram  langsung dalam format .PPT dan .XLXS. 

Keunggulan lainnya yang bisa Anda nikmati, yaitu:

  • Performa tiap content pillar untuk mengetahui perbandingan efektivitasnya berdasarkan masing-masing objektif bisnis
  • Perbandingan performa dengan kompetitor yang membantu dalam mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing
  • Word cloud admin dan audiens untuk melihat ketepatan komunikasi admin dengan respon audiens

Yuk, coba Matamaya di sini untuk mengukur keberhasilan Anda!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.