Matamaya

Flipside Instagram: Fitur Baru yang Mirip Second Account?

Flipside Instagram: Fitur Baru yang Mirip Second Account?
26 January 2024
Flipside Instagram: Fitur Baru yang Mirip Second Account - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur yang disebut ‘Flipside’. Fitur ini kabarnya terinspirasi dari kebiasaan Gen Z yang sering membuat akun alternatif yang lebih privat atau biasa disebut ‘Second account’. Jika dibandingkan dengan second account, Flipside memiliki beberapa perbedaan yang membuatnya unik dan menarik untuk dieksplorasi.

 

Apa Itu Flipside Instagram?

Flipside Instagram adalah fitur terbaru dari Instagram yang memiliki konsep layaknya second account. Fitur ini memfasilitasi para pengguna Instagram yang lebih suka berbagi postingan ke sekelompok orang atau pengguna tertentu.

Flipside bisa juga dijadikan solusi praktis bagi Anda yang memiliki kebutuhan untuk memisahkan kehidupan pribadi dan bisnis di platform Instagram. Misalnya, akun utama untuk memposting karya, sedangkan Flipside untuk berbagi hal yang lebih personal ataupun random ke orang-orang terdekat secara bebas. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menjaga relevansi konten di tiap akun.

 

Apa Bedanya Flipside Instagram dengan Second Account dan Close Friend?

Sebelum fitur Flipside hadir, pengguna perlu mendaftarkan akun baru untuk membuat second account. Namun, sekarang tidak perlu lagi karena Flipside sudah terhubung otomatis dengan akun utama Anda.

Bahkan, Anda bisa langsung memilih teman yang sudah saling follow di akun utama untuk melihat postingan Anda di Flipside. Tidak seperti second account yang harus mencari followers dari awal.

Perbedaan Flipside dengan Second Account dan Close Friend - Matamaya

Sebelumnya, Instagram juga pernah memperkenalkan fitur 'Close friend' untuk story dan feed. Fitur yang ketika diaktifkan akan muncul icon bintang hijau di postingan ini memfasilitasi penggunanya untuk bisa membagikan postingannya ke beberapa orang terpilih saja.

Namun, jika Anda melihat arsip story ataupun feed Instagram, postingan yang dibagikan ke sekelompok orang tersebut akan bergabung dengan postingan yang telah Anda publikasikan ke semua followers. Sebaliknya jika menggunakan Flipside, Anda bisa langsung berbagi hal privat tanpa tercampur dengan postingan publik.

 

Cara Mengaktifkan Flipside Instagram

Selagi ramai diperbincangkan, Anda mungkin jadi penasaran dengan cara mengaktifkan atau menggunakan Flipside. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mengaktifkan Flipside Instagram - Matamaya

  1. Kunjungi profil Instagram Anda
  2. Tekan ikon kunci pada bagian kanan bawah halaman profil Instagram
  3. Pilih 'Add your friends' untuk menambahkan akun orang terdekat yang bisa melihat akun Flipside Anda.
  4. Lengkapi informasi personal Anda seperti foto profil, username, dan bio.
  5. Pilih 'Create' untuk mulai berbagi foto, story, ataupun reel yang Anda inginkan.

Jika ingin kembali ke akun utama, Anda hanya perlu menekan ikon kunci kembali. Sangat mudah, 'kan, caranya? Bagi Anda yang mengalami kendala Flipside Instagram tidak muncul, Anda perlu menunggunya beberapa waktu karena fitur ini memang belum dirilis ke semua pengguna secara menyeluruh.

 

Fitur Baru yang Bakal Dirilis Instagram Selanjutnya

Berdasarkan informasi dari broadcast CEO Instagram, Mosseri, Instagram sedang menguji coba fitur ‘Notes prompts’. Fitur ini berpotensi meningkatkan partisipasi para pengguna Instagram dalam berbagi notes dengan menggunakan prompt yang sudah dibuat oleh sesama pengguna. Terdengar menarik, ya?

Nah, sembari mencoba Flipside ataupun menunggu fitur-fitur baru Instagram lainnya yang dapat dimanfaatkan supaya terus relevan dengan audiens, jangan lupa juga untuk tetap aktif memantau performa Instagram analytics Anda saat ini. 

Meskipun fitur-fitur baru sangat mengasyikkan untuk dieksplorasi, tetapi tanpa pemantauan performa secara keseluruhan, sulit untuk menilai bagaimana setiap fitur berkontribusi terhadap tujuan Anda.

Sebab itu, yuk tetap pantau performa akun Instagram Anda dengan Instagram analytics dari Matamaya. Mulai dari perkembangan followers, pertumbuhan engagement, performa tiap content pillar, ranking 10 postingan teratas, dan analisis menarik serta penting lainnya.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.