Ingin meningkatkan brand awareness di Instagram? Collaboration Post adalah jawabannya. Fitur inovatif ini memungkinkan dua akun untuk berkolaborasi dalam satu postingan sekaligus, lho. Menarik sekali, bukan?
Collaboration post adalah fitur Instagram yang memungkinkan dua akun untuk membuat dan berbagi postingan secara bersama-sama. Dengan fitur ini, postingan yang sama dari dua akun berbeda akan bergabung menjadi satu. Postingan tersebut akan muncul di feed kedua akun yang terlibat, baik feed post maupun reels.
Fitur ini dapat Anda manfaatkan saat sedang berkolaborasi dengan influencer maupun dengan brand maupun akun lini bisnis Anda lainnya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh brand POCARI SWEAT yang melakukan collaboration post dengan influencer Fadil Jaidi untuk memaksimalkan awareness campaign Ramadan mereka.
Fitur ini dikenal sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan jangkauan, engagement, dan brand awareness. Mengapa demikian? Simak penjelasan di bawah ini!
Cara melakukannya terbilang cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah ini sambil mencoba membuka Instagram di smartphone untuk mempraktikannya.
Apabila nantinya Anda mengalami kendala berupa collaboration post Instagram tidak muncul di akun pengguna yang Anda aja kolaborasi, maka Anda tidak perlu risau. Hal ini disebabkan karena pengguna tersebut belum menerima undangan Anda. Anda hanya perlu menunggunya dalam beberapa waktu.
Nah, setelah collaboration post berhasil dipublikasi, maka saatnya memantau performanya. Tidak ada cara khusus, cara melakukannya sama seperti ketika Anda memantau jenis postingan Instagram lainnya.
Jika Anda memantaunya lewat Matamaya, maka collaboration post akan otomatis muncul di Instagram analytics pada bagian fitur ‘Content’ bersama jenis postingan lain. Pada fitur ini, Anda bisa melihat awareness dari postingan tersebut melalui metrik reach dan impression. Selain itu, ada juga metrik engagement dan engagement rate yang bisa menilai tingkat ketertarikan audiens.
Dengan begitu, Anda bisa mempelajari Instagram collaboration post Anda lebih dalam, seperti: