Matamaya

Collaboration Post: Cara Baru Meningkatkan Awareness di Instagram

Collaboration Post: Cara Baru Meningkatkan Awareness di Instagram
03 March 2024
Collaboration Post: Cara Baru Meningkatkan Awareness di Instagram - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Ingin meningkatkan brand awareness di Instagram? Collaboration Post adalah jawabannya. Fitur inovatif ini memungkinkan dua akun untuk berkolaborasi dalam satu postingan sekaligus, lho. Menarik sekali, bukan?

 

Apa Itu Collaboration Post?

Collaboration post adalah fitur Instagram yang memungkinkan dua akun untuk membuat dan berbagi postingan secara bersama-sama. Dengan fitur ini, postingan yang sama dari dua akun berbeda akan bergabung menjadi satu. Postingan tersebut akan muncul di feed kedua akun yang terlibat, baik feed post maupun reels. 

Fitur ini dapat Anda manfaatkan saat sedang berkolaborasi dengan influencer maupun dengan brand maupun akun lini bisnis Anda lainnya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh brand POCARI SWEAT yang melakukan collaboration post dengan influencer Fadil Jaidi untuk memaksimalkan awareness campaign Ramadan mereka.

Contoh Collaboration Post - Matamaya

4 Manfaat Collaboration Post

Fitur ini dikenal sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan jangkauan, engagement, dan brand awareness. Mengapa demikian? Simak penjelasan di bawah ini!

  1. Jangkauan audiens yang lebih luas
    Saat Anda berkolaborasi dengan akun lain, Anda dapat menjangkau audiens mereka dan memperkenalkan brand Anda kepada followers baru. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan marketing Anda.

  2. Meningkatkan engagement
    Kolaborasi dapat memicu interaksi yang lebih tinggi dari audiens, seperti likes, komentar, dan share. Hal ini dapat membantu meningkatkan engagement akun Anda dan menunjukkan bahwa brand Anda aktif dan menarik.

  3. Membangun kredibilitas dan kepercayaan
    Berkolaborasi dengan influencer atau brand lain yang memiliki reputasi baik dapat membantu membangun kredibilitas dan kepercayaan terhadap brand Anda. Hal ini dapat mendorong audiens untuk mempertimbangkan produk atau layanan Anda.

  4. Konten yang lebih fresh dan kreatif
    Kolaborasi memungkinkan Anda untuk membuat konten yang lebih unik dan menarik dengan menggabungkan ide dan gaya dua akun. Hal ini dapat membantu Anda menonjol dari kompetitor dan menarik perhatian audiens.

 

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Cara Membuat Collaboration Post - Matamaya

Cara melakukannya terbilang cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah ini sambil mencoba membuka Instagram di smartphone untuk mempraktikannya. 

  1. Saat membuat Feed Post atau Reel, pilih opsi tag dan klik “Invite Collaborator”.
  2. Masukkan nama pengguna akun yang ingin Anda ajak berkolaborasi.
  3. Tulis caption dan klik ‘Share’
  4. Pengguna tersebut akan menerima undangan untuk berkolaborasi.
  5. Setelah undangan diterima, postingan akan muncul di feed kedua akun.
  6. Nama pengguna kolaborator akan ditampilkan di bagian atas postingan.
  7. Jumlah likes dan comment akan otomatis ditampilkan di kedua akun.

Apabila nantinya Anda mengalami kendala berupa collaboration post Instagram tidak muncul di akun pengguna yang Anda aja kolaborasi, maka Anda tidak perlu risau. Hal ini disebabkan karena pengguna tersebut belum menerima undangan Anda. Anda hanya perlu menunggunya dalam beberapa waktu.

 

Yuk, Pantau Collaboration Post Anda dengan Matamaya!

Nah, setelah collaboration post berhasil dipublikasi, maka saatnya memantau performanya. Tidak ada cara khusus, cara melakukannya sama seperti ketika Anda memantau jenis postingan Instagram lainnya.

Jika Anda memantaunya lewat Matamaya, maka collaboration post akan otomatis muncul di Instagram analytics pada bagian fitur ‘Content’ bersama jenis postingan lain. Pada fitur ini, Anda bisa melihat awareness dari postingan tersebut melalui metrik reach dan impression. Selain itu, ada juga metrik engagement dan engagement rate yang bisa menilai tingkat ketertarikan audiens. 

Dengan begitu, Anda bisa mempelajari Instagram collaboration post Anda lebih dalam, seperti: 

  • Mengevaluasi efektivitas kolaborasi: Apakah collaboration post berhasil meningkatkan brand awareness dan engagement?
  • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan: Apa yang disukai audiens dari collaboration post? Apa yang bisa diperbaiki?
  • Membuat strategi yang lebih baik: Menggunakan data yang diperoleh untuk menyusun strategi collaboration post yang lebih efektif di masa depan.
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.