Mungkin kamu pernah bertanya-tanya tentang bagaimana sebuah postingan bisa masuk ke halaman explore Instagram. Algoritma sendiri sudah mempelajari minat dan aktivitasmu di Instagram sehingga kamu akan mendapati bahwa postingan yang muncul explore merupakan postingan yang serupa dan relevan dengan minatmu.
Namun bila dilihat lebih jauh lagi, postingan tersebut adalah postingan yang mendapat engagement yang relatif tinggi. Hal ini karena, algoritma Instagram akan mengutamakan postingan yang memiliki engagement tinggi untuk lebih ditampilkan ke audiens yang lebih luas.
Oleh karena itu, penting bagimu untuk selalu memperhatikan perkembangan engagement akunmu di Instagram analytics secara reguler. Dalam mengaudit sebuah postingan pun, perlu diketahui engagement rate per postingan agar dapat diketahui performanya.
Engagement rate adalah metrik Instagram analytics yang mampu menunjukkan jumlah audiens yang telah berinteraksi dengan suatu postingan. Metrik ini mengartikan bahwa postingan tersebut relevan dan menarik bagi audiens merasa terhubung dengan postingan tersebut sehingga mereka memilih berhenti sejenak melihat postingan dan berinteraksi.
Engagement rate yang bagus tidak bisa langsung disamaratakan pada semua akun. Hal ini tergantung industri, produk, dan target audiens kamu. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan benchmark atau membandingkan engagement rate yang telah kamu peroleh dengan kompetitor.
Contohnya, dalam laporan benchmark bagian Instagram analytics oleh Rival IQ menunjukkan bahwa institusi pendidikan mendapatkan engagement paling tinggi yaitu 2.58%. Kemudian, disusul dengan akun yang berkaitan dengan olahraga sebesar 1.49%. Industri yang mendapat engagement rate terendah yaitu industri retail sebesar 0.19%.
Perlu diketahui juga bahwa besarnya engagement rate dapat dipengaruhi dengan banyaknya jumlah followers. Semakin banyak followers yang kamu punya maka engagement rate semakin rendah. Mengutip dari Phlanx, berikut tolak ukur suatu engagement rate yang bagus berdasarkan jumlah followers:
Umumnya dalam menghitung engagement rate kamu perlu melibatkan likes, komentar, save, dan share sebagai indikator sebuah engagement dalam Instagram analytics report. Selain itu, terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan dalam menghitung engagement rate tergantung dengan objektif yang ingin kamu capai.
Jika kamu ingin mengetahui engagement rate dari akun Instagram secara keseluruhan, kamu bisa memakai rumus berikut:
Selain mengukur secara keseluruhan, kamu juga bisa menghitung engagement rate masing-masing. postingan. Berikut rumus engagement rate per postingan:
Menghitung engagement rate secara manual memang merupakan hal yang sangat mungkin kamu lakukan. Namun, hal itu dapat menghabiskan waktu dan terdapat risiko kesalahan hitung.
Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan kalkulator engagement rate yang disediakan beberapa website ataupun yang sudah tersedia di aplikasi Instagram analytics. Berikut rekomendasi tools untuk menghitung engagement rate yang bisa kamu gunakan: