Matamaya

Cara Memanfaatkan Insight Instagram Analytics untuk Membangun Personal Branding

Cara Memanfaatkan Insight Instagram Analytics untuk Membangun Personal Branding
08 September 2023
Cara Memanfaatkan Insight Instagram Analytics untuk Membangun Personal Branding - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Insight Instagram analytics tidak hanya bisa digunakan untuk menilai performa akun bisnis, tapi juga bermanfaat untuk membangun strategi personal branding. Simak artikel berikut untuk mengetahui cara memanfaatkan insight tersebut!

 

Pentingnya Membangun Personal Branding di Instagram

Instagram bukan hanya platform untuk berbagi foto dan video, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membangun personal branding. Personal branding di Instagram sangat penting bagi figur publik karena dapat meningkatkan kredibilitas sebagai profesional, membangun kepercayaan followers, dan membuka peluang sebagai influencers.

  1. Meningkatkan kredibilitas sebagai profesional
    Dengan membangun Instagram personal branding, Anda dapat menunjukkan keahlian dan keunggulan sesuai bidang yang Anda kuasai. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas sebagai profesional dan membuat followers lebih percaya dengan keahlian Anda.

  2. Membangun kepercayaan followers
    Melalui konten-konten yang berkualitas dan konsisten, Anda dapat menunjukkan keseriusan dalam memberikan manfaat ataupun nilai tambah bagi audiens. Lambat laun mereka akan percaya sehingga lebih mudah didorong atau diajak untuk melakukan suatu tindakan.

  3. Membuka peluang kerjasama
    Personal branding di Instagram juga dapat membuka peluang berbagai kerjasama. Dengan memiliki personal branding yang kuat, brand akan tertarik mengajak Anda bekerja sama seperti menjadi narasumber talkshow, mentor bootcamp, hingga mempromosikan produk layaknya influencers.

 

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Personal Branding di Instagram

Untuk membangun personal branding yang kuat di Instagram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Menentukan tema/ niche
    Menentukan tema atau niche yang spesifik dapat membantu Anda untuk menarik perhatian audiens yang tepat. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk membuat konten yang lebih relevan dan berkualitas.

  2. Membuat konten yang berkualitas
    Apakah Anda bingung harus membuat konten seperti apa? Mulailah dengan menceritakan pengalaman Anda di suatu bidang. Selanjutnya, Anda dapat membagikan tips, hack, ataupun lainnya yang sesuai dengan niche dan keahlian Anda.

  3. Aktif berinteraksi dengan audiens
    Berinteraksi dengan audiens dapat membantu influencer untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan followers. Hal ini juga dapat membantu influencer untuk memahami kebutuhan dan keinginan audiens.

  4. Berjejaring dengan para profesional lainnya
    Berjejaring dengan para profesional dapat membantu Anda untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kredibilitas. Hal ini juga dapat membuka peluang untuk kolaborasi dengan mereka.

  5. Memanfaatkan insight dari analytics tool
    Instagram analytics dapat memberikan insight yang sangat berguna untuk membangun personal branding di Instagram. Selain itu, terdapat tools khusus yaitu Personal Branding Analytics yang dapat membantu Anda mendapatkan insight mengenai personal brand Anda dan kompetitor. Dengan memanfaatkan insight, Anda dapat mengetahui respon audiens, performa akun kompetitor, dan jenis komunikasi yang disukai audiens.
    personal branding strategy - Matamaya


3 Manfaat Insight untuk Personal Branding

Berikut adalah beberapa manfaat insight untuk membangun personal branding di Instagram:

  1. Mengetahui Respon Audiens
    Dengan memanfaatkan Instagram analytics personal branding, Anda dapat mengetahui respon audiens terhadap konten yang diunggah. Hal ini dapat membantu influencer untuk membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi audiens.

  2. Mengetahui performa akun kompetitor
    Insight juga dapat membantu Anda untuk mengetahui performa akun kompetitor. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari akun kompetitor dan membuat strategi yang lebih baik untuk membangun personal branding.

  3. Mengetahui jenis komunikasi yang disukai audiens
    Manfaat selanjutnya adalah untuk mengetahui jenis komunikasi yang disukai audiens. Hal ini dapat membantu Anda dalam membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi audiens.

 

Rekomendasi Tools Personal Branding Analytics

Matamaya adalah salah satu tools yang memiliki personal branding analytics di dalamnya. Matamaya dapat memberikan insight yang berguna seperti tingkat popularitas tiap personal brand, tingkat interaksi, dan perbandingan kelemahan serta kekuatan tiap personal brand.

Personal branding analytics akan memudahkan Anda menggali insight dari berbagai media sosial (Instagram, Facebook, X/Twitter, TikTok, dan YouTube) dan media berita online sekaligus. Oleh karena itu, insight yang disajikan akan lebih komprehensif sehingga bisa Anda gunakan untuk merancang strategi personal branding yang tepat.

personal

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.