Matamaya

Alasan Mengapa Akun Instagram Bisnis Di-Unfollow

Alasan Mengapa Akun Instagram Bisnis Di-Unfollow
03 January 2024
Alasan Mengapa Akun Instagram Bisnis Di-Unfollow - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Pastinya, menyedihkan apabila akun bisnis Anda di Instagram mengalami penurunan jumlah followers akibat banyak yang melakukan unfollow. Risiko seperti berkurangnya eksposur dan jangkauan konten pun bisa terjadi.

Alasan orang meng-unfollow sebuah akun bisnis ini bisa dipicu oleh berbagai alasan yang berbeda. Namun, secara umum mereka melakukannya karena beberapa alasan berikut:

  1. Konten yang tidak relevan
    Jika konten yang diposting tidak lagi relevan dengan topik atau minat awal followers, mereka mungkin akan kehilangan minat untuk terus mengikuti akun Anda. Begitu pun ketika suatu bisnis tidak mengikuti perkembangan topik media sosial terkini, maka followers akan mudah berpaling ke akun yang kontennya lebih up-to-date.

    Oleh karena itu, menjaga relevansi konten dengan minat dan kebutuhan followers merupakan hal yang diperlukan. Dengan memahami apa yang diinginkan dan diharapkan oleh followers, akun brand atau bisnis dapat mempertahankan dan menarik minat followers lain.

  2. Frekuensi posting yang tinggi
    Akun bisnis yang terlalu sering melakukan posting dalam waktu yang berdekatan bisa membuat followersnya berhenti mengikuti akun tersebut. Konten yang diposting secara berlebihan dapat dianggap sebagai spam dan mengganggu para followers.

    Penting bagi akun bisnis untuk memperhatikan frekuensi posting agar tidak terlalu sering dan mengganggu followers. Lebih baik memiliki jadwal posting yang teratur dengan konten yang berkualitas daripada melakukan posting secara berlebihan dalam waktu yang singkat. Dengan begitu, Anda dapat menjaga minat dan interaksi followers tanpa membuat mereka kelebihan informasi.

  3. Kualitas konten menurun
    Alasan orang unfollow Instagram selanjutnya adalah ketika kualitas konten menurun atau tidak memberikan nilai tambah yang diharapkan oleh followers. Hal ini dapat membuat followers merasa kecewa dan memilih untuk unfollow.

    Sebab itu, Anda perlu untuk selalu menjaga kualitas konten yang disajikan. Konten yang menarik, bermanfaat, dan sesuai dengan minat followers dapat mencegah meningkatnya jumlah unfollow di Instagram analytic.

  4. Pengalaman negatif
    Alasan diunfollow - Matamaya
    Saat ini, orang lebih sering menghubungi lewat media sosial ketika ingin bertanya sesuatu. Ketika admin akun Anda tidak responsif atau dirasa kurang membantu, maka orang yang sudah mengikuti akun Anda bisa saja kecewa.

    Interaksi yang tidak menyenangkan seperti ini membuat followers merasa diabaikan, sehingga mereka memilih untuk berhenti mengikuti akun tersebut. Cobalah untuk merespons pertanyaan atau keluhan dengan cepat dan senantiasa menjaga interaksi positif dengan mereka agar mereka merasa dihargai.

  5. Terlalu banyak promosi atau iklan
    Saat akun bisnis Anda terlalu fokus pada promosi produk atau layanan tanpa memberikan konten yang bermanfaat, followers bisa saja beranggapan bahwa Anda hanya berorientasi pada penjualan. Tentu, hal ini bukanlah hal yang baik karena bisa menghilangkan ketertarikan followers terhadap akun Anda.

    Jadi, lebih baik menjaga keseimbangan antara promosi dengan konten yang memberikan manfaat, informasi yang berguna, atau hiburan kepada followers. Konten yang bervariasi akan membuat mereka tidak mudah bosan dan setia mengikuti akun Anda.

  6. Tidak konsisten posting
    Konsistensi sebuah akun dalam menyajikan konten jika bisa berpengaruh terhadap minat followers mengikuti sebuah akun. Apabila akun Anda tidak konsisten, mungkin saja followers menganggap bahwa Anda sudah aktif.

    Maka dari itu, buatlah jadwal postingan yang teratur agar bisa terus konsisten. Buatlah rencana atau content calendar yang memuat jenis konten apa yang akan diposting beserta waktunya.

Kesimpulan

Instagram Analytic - Matamaya

Nah, itulah alasan orang unfollow Instagram sebuah bisnis. Tentunya, Anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada akun Anda juga bukan?

Untuk menghindari kejadian yang demikian, diperlukan upaya untuk menjaga kualitas konten, senantiasa memberikan nilai tambah, konsisten dalam menyajikan informasi yang relevan, serta berinteraksi dengan followers secara aktif. 

Tidak lupa juga untuk memantau statistik follower secara aktif di Instagram analytic milik Matamaya untuk mengetahui perkembangannya. Matamaya bisa digunakan untuk cek unfollowers maupun penambahan followers secara harian

Anda juga bisa membandingkan growth followers setiap bulan selama 12 bulan terakhir untuk mengidentifikasi penyebab naik atau turunnya followers secara detail.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.