Matamaya

7 Ide Konten Story Instagram yang Menarik Dicoba Brand

7 Ide Konten Story Instagram yang Menarik Dicoba Brand
02 February 2024
7 Ide Konten Story Instagram yang Menarik Dicoba Brand - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Story Instagram merupakan bagian penting dari strategi digital marketing saat ini. Meskipun fitur story hanya berlangsung selama 24 jam, brand Anda tetap dapat memanfaatkannya untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens.

Untuk mempertahankan interaksi tersebut, Anda bisa menggunakan ide konten story Instagram berikut agar audiens tetap tertarik mengikuti story Anda. Yuk, contek ide-ide berikut!

 

Mengapa Konten Story Instagram Penting untuk Brand Anda

Berikut adalah beberapa alasan mengapa konten story Instagram penting untuk brand Anda:

  1. Menampilkan sisi personal brand
    Story Instagram memungkinkan brand Anda untuk menampilkan sisi yang lebih personal atau manusiawi. Hal ini dapat menciptakan hubungan yang lebih dekat antara brand Anda dan pengikut.

  2. Meningkatkan engagement
    Alasan selanjutnya adalah cerita Instagram dapat digunakan untuk meningkatkan engagement. Melalui fitur-fitur seperti polling, tanya jawab, dan pertanyaan, audiens menjadi lebih aktif terlibat, sehingga meningkatkan tingkat interaksi.

  3. Membuat brand terlihat lebih aktif
    Alasan yang tak kalah penting yaitu story Instagram menawarkan cara yang interaktif dan cepat untuk berbagi konten dengan pengikut. Fitur-fitur seperti polling, tanya jawab, dan pertanyaan membuat pengikut lebih aktif terlibat, meningkatkan keterlibatan mereka dengan brand.

 

7 Ide Konten Story Instagram yang Menarik untuk Brand Anda

Berikut 7 ide story yang bisa Anda optimalkan untuk menciptakan pengalaman bagi audiens Anda:

  1. Behind the Scenes 
    Konten behind the scenes - Matamaya
    Momen-momen di balik layar (behind the scenes) seperti proses pembuatan produk, proses pengemasan, sampai pengiriman bisa digunakan sebagai salah satu ide konten story. Konten ini mampu dimanfaatkan untuk menunjukkan sisi transparansi dari brand Anda.

    Audiens dapat melihat secara langsung tim yang terlibat serta dedikasinya dalam menghasilkan produk atau layanan. Hal ini bisa menciptakan koneksi emosional yang lebih kuat antara brand Anda dan audiens.

  2. Liputan Acara
    Konten liputan acara - Matamaya

    Ide konten ini bisa Anda terapkan saat brand Anda mengadakan acara khusus atau berpartisipasi di acara-acara lainnya. Anda dapat meliput persiapannya maupun kegiatan di hari berlangsungnya acara.

    Konten ini menarik untuk diterapkan karena memberikan pengalaman real-time kepada audiens Anda. Mereka juga dapat merasakan atmosfer dan suasana acara meskipun hanya melalui Instagram.

  3. Testimoni 
    Konten Testimoni - Matamaya

    Konsumen yang puas dengan produk atau layanan brand biasanya tidak ragu untuk berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain. Mereka bisa memanfaatkan story untuk merekomendasikan produk atau layanan tersebut kepada teman-temannya sekaligus menyebutkan (mention atau tag) akun brand terkait.

    Nah, jika ada konsumen yang melakukan demikian, Anda bisa membagikannya kembali (repost) sebagai bentuk terima kasih. Testimoni ini juga bermanfaat sebagai bukti nyata untuk membangun kepercayaan dan menarik minat audiens lain yang melihat.

  4. Polling dan Pertanyaan
    Konten Polling dan Pertanyaan - Matamaya

    Mengadakan polling dan tanya jawab merupakan cara yang efektif untuk membuat brand Anda terlihat interaktif. Hubungan dua arah antara Anda dan audiens pun bisa terbangun.

    Konten story ini tidak hanya mendatangkan keuntungan dari sisi brand. Namun, juga menguntungkan bagi audiens karena mereka memiliki kesempatan untuk bertanya, berpendapat, dan memberikan masukan langsung kepada brand.

  5. Pengumuman atau Info Sementara
    Konten Pengumuman - Matamaya

    Story yang penayangannya terbatas waktu, membuatnya menjadi cara yang efektif untuk memberikan info yang bersifat sementara. Contohnya, story untuk mengingatkan jadwal suatu event dan memberikan pengumuman pemenang giveaway.

    Selain itu, story berpotensi untuk dilihat oleh audiens karena story muncul di bagian atas feed. Hal ini membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk membuat pengumuman sehingga kemungkinan besar akan diperhatikan audiens.

  6. Tautan Link
    Tautan Link - Matamaya

    Apakah brand Anda memiliki website atau toko online? Nah, sekarang Anda dapat menyematkan link dari website atau toko online tersebut melalui Instagram Story.

    Anda dapat menarik perhatian audiens untuk mengunjungi link tersebut dengan membuat story yang mengajak atau mengarahkan mereka. Konten ini efektif untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap digital asset Anda lainnya dan mendapatkan traffic ke landing page yang Anda inginkan.

  7. Instagram Takeover
    Instagram Takeover Story - Matamaya

    Instagram takeover adalah ide konten IG story yang berkonsep layaknya sebuah akun Instagram sedang dikendalikan oleh seseorang selain admin yang bertugas. Umumnya seseorang ini adalah influencer, karyawan, atau orang lain yang memiliki keterkaitan dengan brand Anda.

    Selama takeover, orang yang mengambil alih akun tersebut dapat memposting konten, seperti foto, video, atau cerita, menggunakan akun brand Anda sesuai dengan tujuan dan tema yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah memberikan pengalaman yang segar dan berbeda kepada audiens serta meningkatkan engagement audiens.

 

Yuk, Pantau Performa Instagram Story Anda dengan Matamaya!

Ide-ide di atas sangat menarik untuk dicoba, bukan? Anda bisa mencobanya satu per satu ataupun menerapkannya beberapa saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, demi membantu Anda untuk menentukan ide IG story yang efektif dan dapat diperbanyak ke depannya, Anda dapat mengevaluasinya melalui Instagram analytic yang tersedia Matamaya. Matamaya yang mampu menyajikan perbandingan engagement story dari hari ke hari, detail navigasi setiap story, dan mengetahui performa story berdasarkan content pillar.

Tertarik mencobanya? Coba gratis di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.