Matamaya

Panduan Lengkap Facebook Analytics Pixel untuk Mengoptimalkan Performa Iklan

Panduan Lengkap Facebook Analytics Pixel untuk Mengoptimalkan Performa Iklan
03 March 2023
Panduan Lengkap Facebook Analytics Pixel untuk Mengoptimalkan Performa Iklan - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Salah satu keuntungan beriklan di media sosial adalah dapat menyasar pada target yang spesifik dan performanya dapat dilacak dengan akurat. Hal ini bisa kamu dapatkan melalui Facebook analytics Pixel (sekarang disebut Meta Pixel) yaitu adalah alat pengumpul data yang bisa membantu memaksimalkan iklan di Facebook dan Instagram.

Lebih jelasnya, Meta Pixel adalah sebuah kode yang bisa kamu sematkan pada situsuntuk membantumu mengukur efektivitas dari iklan berdasarkan aktivitas audiens selama mengunjungi situs kamu.

 

Cara Kerja Meta Pixel

Meta Pixel bekerja dengan mendeteksi setiap aktivitas pengunjung suatu situs melalui sebuah cookie. Cookie ini berguna untuk melacak perilaku pengguna yang mengunjungi situs kamu kembali.

Seperti halnya jika kamu menghubungkan Shopify dengan Meta Pixel, maka Meta Pixel akan melacak informasi pencarian barang, penambahan barang ke keranjang, proses check out hingga pembayaran.

Cara Kerja Meta Pixel - Matamaya

Contoh lain yang sering kamu temui adalah ketika kamu baru membaca artikel di sebuah situs. Misalnya, membaca tentang data analyst kemudian, kamu membuka Instagram maka iklan yang berkaitan dengan data analyst dari situs yang baru kamu kunjungi bisa muncul di beranda atau Instastory kamu. 

Iklan tersebut muncul karena kamu sudah meninggalkan cookie di situs tersebut sehingga Meta Pixel mengenalimu sebagai target audiens potensial. Bahkan, iklan ini dapat ditampilkan beberapa kali di setiap akun sehingga audiens akan terdorong melakukan pembelian. Hal inilah yang dikenal sebagai retargeting (penargetan ulang).

 

Kegunaan Meta Pixel

Meta Pixel memungkinkan kamu mengoptimalkan hasil dari Facebook analytics untuk menargetkan audiens yang lebih potensial. Oleh karena itu, Meta Pixel merupakan elemen penting jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal dari iklan atau kampanye di Facebook dan Instagram. Berikut beberapa kegunaan Meta Pixel lainnya:

  1. Penargetan ulang (retargeting)
    Informasi dari Meta Pixel dapat kamu gunakan untuk menargetkan audiens yang pernah mengunjungi situs atau toko online kamu. Audiens tersebut merupakan audiens yang sudah pernah melakukan pembelian atau pun sekadar mengunjungi tanpa tindakan tertentu.

  2. Meningkatkan penjualan
    Setelah memasang API Pixel kamu juga bisa meningkatkan jumlah penjualan. Hal ini karena kamu dapat menargetkan orang-orang yang berpotensi besar membeli produk kamu.

  3. Pelacakan performa iklan akurat
    Manfaat lainnya adalah Meta Pixel dapat melacak dan memahami performa iklan Facebook lebih akurat. Pelacakan ini berguna untuk mengetahui aktivitas audiens ketika mengakses situs dari Facebook Ads. Data yang disajikan yaitu jumlah konversi, biaya per konversi, dan conversion rate dari Facebook Ads yang dijalankan.

 

Cara Menginstall Meta Pixel

  1. Buka Meta Events Manager dan pilih Connect a Data Source

  2. Pilih Web dan klik Connect
    Cara Menginstall Meta Pixel - Matamaya
  3. Masukkan nama Pixel kamu dan klik Create Pixel
    Cara Menginstall Meta Pixel - Matamaya
  4. Masukkan alamat website kamu dan klik Check
    Cara Menginstall Meta Pixel - Matamaya
  5. Pilih metode pemasangan Pixel yaitu dengan menghubungkan secara manual dengan bantuan developer atau menggunakan mitra integrasi Facebook, seperti Wordpress, Shopify, dan lainnya. Selanjutnya, akan muncul panduan untuk menghubungkan Meta Pixel menggunakan Facebook analytics code atau mitra integrasi.
    Cara Menginstall Meta Pixel - Matamaya

 

Pentingnya Mengintegrasikan Meta Pixel dengan Conversion API
Meta Pixel dan Conversion API - Matamaya

Selain mengandalkan cookie dari browser yang ada di desktop dan seluler, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Conversion API. Conversion API merupakan Facebook analytics API yang dapat membantumu apabila terdapat kehilangan data cookie.

Perlu kamu ketahui bahwa Facebook mengirimkan data ke server dengan cara yang berbeda. Pada Pixel, Facebook mendapatkan data dari browser pengunjung. Namun, pada Conversion API, sumber data berasal langsung dari web server kamu. Apabila diintegrasikan maka Facebook analytics akan berasal dari 2 sumber yang berbeda.

Conversion API dapat membantu melengkapi data yang hilang dari Meta Pixel. Misalnya, pada akhir tahun 2020, perusahaan tempat tidur, Lull, menemukan data pembelian mereka hilang sekitar 8%. Setelah menambahkan Conversion API, mereka dapat melacak hampir 100% peristiwa pembelian.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.