Salah satu keuntungan beriklan di media sosial adalah dapat menyasar pada target yang spesifik dan performanya dapat dilacak dengan akurat. Hal ini bisa kamu dapatkan melalui Facebook analytics Pixel (sekarang disebut Meta Pixel) yaitu adalah alat pengumpul data yang bisa membantu memaksimalkan iklan di Facebook dan Instagram.
Lebih jelasnya, Meta Pixel adalah sebuah kode yang bisa kamu sematkan pada situsuntuk membantumu mengukur efektivitas dari iklan berdasarkan aktivitas audiens selama mengunjungi situs kamu.
Meta Pixel bekerja dengan mendeteksi setiap aktivitas pengunjung suatu situs melalui sebuah cookie. Cookie ini berguna untuk melacak perilaku pengguna yang mengunjungi situs kamu kembali.
Seperti halnya jika kamu menghubungkan Shopify dengan Meta Pixel, maka Meta Pixel akan melacak informasi pencarian barang, penambahan barang ke keranjang, proses check out hingga pembayaran.
Contoh lain yang sering kamu temui adalah ketika kamu baru membaca artikel di sebuah situs. Misalnya, membaca tentang data analyst kemudian, kamu membuka Instagram maka iklan yang berkaitan dengan data analyst dari situs yang baru kamu kunjungi bisa muncul di beranda atau Instastory kamu.
Iklan tersebut muncul karena kamu sudah meninggalkan cookie di situs tersebut sehingga Meta Pixel mengenalimu sebagai target audiens potensial. Bahkan, iklan ini dapat ditampilkan beberapa kali di setiap akun sehingga audiens akan terdorong melakukan pembelian. Hal inilah yang dikenal sebagai retargeting (penargetan ulang).
Meta Pixel memungkinkan kamu mengoptimalkan hasil dari Facebook analytics untuk menargetkan audiens yang lebih potensial. Oleh karena itu, Meta Pixel merupakan elemen penting jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal dari iklan atau kampanye di Facebook dan Instagram. Berikut beberapa kegunaan Meta Pixel lainnya:
Selain mengandalkan cookie dari browser yang ada di desktop dan seluler, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Conversion API. Conversion API merupakan Facebook analytics API yang dapat membantumu apabila terdapat kehilangan data cookie.
Perlu kamu ketahui bahwa Facebook mengirimkan data ke server dengan cara yang berbeda. Pada Pixel, Facebook mendapatkan data dari browser pengunjung. Namun, pada Conversion API, sumber data berasal langsung dari web server kamu. Apabila diintegrasikan maka Facebook analytics akan berasal dari 2 sumber yang berbeda.
Conversion API dapat membantu melengkapi data yang hilang dari Meta Pixel. Misalnya, pada akhir tahun 2020, perusahaan tempat tidur, Lull, menemukan data pembelian mereka hilang sekitar 8%. Setelah menambahkan Conversion API, mereka dapat melacak hampir 100% peristiwa pembelian.