Matamaya

Facebook Analytics yang Unik dan Bermanfaat untuk Kemajuan Bisnis

Facebook Analytics yang Unik dan Bermanfaat untuk Kemajuan Bisnis
25 January 2022
Facebook Analytics yang Unik dan Bermanfaat untuk Kemajuan Bisnis | Matamaya - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Facebook Analytics untuk Pemasaran Bisnis

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak diminati untuk pemasaran bisnis. Akan tetapi, Facebook kini telah berkembang menjadi platform pemasaran yang tidak lagi gratis. Meskipun demikian, faktanya Facebook masih menjadi pilihan utama untuk pemasaran bisnis karena menghasilkan ROI yang sangat tinggi. Dengan lebih dari 2,07 miliar pengguna Facebook aktif setiap bulannya, Facebook merupakan jaringan media sosial terbesar yang pernah ada, dimana berdasarkan sebuah penelitian, 1,37 miliar merupakan pengguna harian dan 50% di antaranya menjadikan Facebook sebagai platform yang pertama kali mereka lihat setiap harinya. Tidak hanya itu, platform ini membentuk opini mereka tentang dunia dan memiliki pengaruh besar pada kebiasaan pembelian.

 

facebook net likes

Source: socialmediaexaminer.com

 

Selanjutnya, survey TabSite menunjukkan bahwa 93% pebisnis menggunakan Facebook untuk menjalankan strategi pemasaran karena platform ini memiliki kemampuan untuk dapat menjangkau audience yang paling relevan dengan konten bisnis. Dibandingkan dengan social media platform lain, Facebook menyediakan format iklan yang beragam, sehingga jika preferensi audiencemu banyak yang tidak menyukai iklan dengan format tayangan video, kamu dapat menggunakan fitur Slideshow Facebook untuk mempromosikan brandmu. Selain itu, kamu dapat mengoptimalkan iklan dengan memberikan pengalaman interaktif dengan Canvas, atau menampilkan yang terbaik dari katalog produkmu dengan format Carousel atau Collection.

 

Melakukan strategi pemasaran di Facebook merupakan keputusan terbaik yang dapat kamu lakukan untuk bisnismu. Untuk memastikan apakah kamu telah membuat strategi yang tepat atau tidak, kamu perlu memantau kinerja Facebook dengan bantuan online Facebook analytics yang tepat. Sederhananya, Facebook analytics adalah fitur analisis yang mengumpulkan dan menganalisis metrik terkait postingan dan audience. 

 

Berapa Keuntungan yang Akan Kamu Peroleh dari Iklan Facebook

Menurut laporan Q3 Facebook, pendapatan per kuartal melebihi $10 miliar berkat lebih dari 60 juta bisnis membayar iklan di platform ini. Ini mengakibatkan biaya iklan meningkat hingga sebesar 35%. Namun terlepas dari kondisi tersebut, secara komparatif, Facebook tetap menjadi platform termurah untuk menjalankan strategi pemasaran bisnismu. Hal ini karena CPC atau Cost per Click untuk iklan di Facebook berkisar $1,72, yang artinya kamu akan menghabiskan sedikitnya satu dolar atau sekitar empat belas ribu rupiah sehari untuk biaya iklan. Namun kamu tidak perlu merasa rugi dengan angka investasi tersebut. Facebook merupakan platform dengan jejaring besar, sehingga akan membantu bisnismu mendapatkan visibilitas yang maksimum.

 

Perbedaan Facebook Profiles, Page, dan Groups

Sering terjadi banyak kebingungan di antara pengguna Facebook tentang perbedaan antara profil, halaman, dan grup. Poin terpenting yang perlu diingat adalah bahwa profil dimaksudkan hanya untuk individu, bukan bisnis. Membuat profil untuk bisnis bertentangan dengan persyaratan penggunaan Facebook, dan profil kamu dapat dihapus kapan saja. Untuk memasarkan bisnis, kamu perlu membuat Facebook page untuk memperkenalkan brand dan produk/ layanan yang ditawarkan. Kamu juga dapat membuat Facebook group yang memfasilitasi diskusi di antara anggota dan untuk mempromosikan brandmu, tetapi membuat Facebook page harus selalu menjadi langkah pertamamu untuk memasarkan bisnis di Facebook sebelum melakukan analytics melalui Facebook analytics.

 

Matamaya Online Facebook Analytics

Facebook analytics merupakan tools yang dapat mengubah data yang diperoleh menjadi laporan yang informatif dan dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan strategi pemasaran bisnismu di Facebook. Untuk mengetahui semua itu, kamu membutuhkan online Facebook analytics yang dapat mendukung kemajuan bisnis. 

Matamaya menawarkan analisis halaman Facebook yang dituangkan ke dalam statistik yang meliputi engagement, reach, like, impression, hashtag, sentimen, dan percakapan audience termasuk seberapa banyak orang yang telah membuat 'story' dari postinganmu. Tidak hanya itu, Matamaya Facebook analytics online juga menyediakan analisis tampilan halaman, waktu puncak traffic, demografi pengunjung, dan data-data penting lainnya yang dapat membantumu mencapai tujuan bisnis serta mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dimana dan bagaimana orang berinteraksi dengan bisnismu.

 

Facebook Analytics Demo dan Free Facebook Analytics

Source: https://www.marketing91.com/

 

Kamu dapat request Facebook analytics demo untuk melihat optimalisasi kegunaan fitur-fitur yang disediakan Matamaya sebelum subscribe pada skema berlangganan. Kamu dapat mengakses fitur-fitur analytics berbayar saat menggunakan Facebook analytics demo, akan tetapi waktu yang disediakan untuk mencobanya sangat terbatas. Selain Facebook analytics demo, Matamaya juga menyediakan free Facebook analytics yang dapat kamu manfaatkan. Namun tentunya fitur-fitur analytics yang terdapat dalam free Facebook analytics tidak se-advance yang dimiliki oleh analytics dengan skema berbayar. Fitur Facebook analytics free memiliki fitur-fitur terbatas seperti pendataan 1 akun Facebook, activity analytics, pencarian 1 keyword percakapan dan 2 brand kompetitor, penyimpanan data pada range waktu terbatas dan pengunduhan report dalam format terbatas.

Beberapa kelengkapan dashboard yang membedakannya dengan analytics berbayar adalah kamu tidak hanya dapat memantau metrik utama halaman bisnismu, melainkan juga halaman bisnis kompetitor. Selain itu, terdapat fitur lain yang disediakan pada tool berbayar dan tidak dimiliki oleh free Facebook analytics, yakni competitive benchmarking, dimana kamu dapat membandingkan halaman Facebook bisnismu terhadap Facebook kompetitormu sehingga kamu dapat lebih mengoptimalkan strategi pemasaran. 

 

Facebook Analytics Report

Secara keseluruhan, salah satu key feature dan keunggulan dari Facebook analytics yang disediakan oleh Matamaya adalah kamu akan memperoleh notifikasi manajemen krisis yang dapat secara langsung dikirimkan ke email, dimana kamu akan mendapatkan laporan atas keywords atau postingan yang cukup threatening/ merugikan brandmu. Kamu juga dapat memperoleh laporan performance dengan menyertakan semua metrik (default) yang disediakan. Matamaya Facebook Analytics juga menyediakan report dalam rentang waktu tertentu untuk menghindari pelaporan secara berlebihan. 

 

Kamu juga dapat request laporan terkait pesaing bisnis yang dapat memudahkanmu membandingkan kinerja pemasaran Facebookmu dengan kompetitor serta laporan untuk halaman Facebook public mana pun untuk melihat bagaimana tampilan halaman, post reach, kinerja postingan, engagement rate, dan fan growth mereka dibandingkan dengan milikmu guna mencari cara terbaik untuk kemajuan bisnismu.

 

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.